Comscore Tracker

5 Sup Khas Latvia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!

Rasanya bikin nagih 

Latvia adalah salah satu negara yang tak hanya terkenal akan destinasi wisatanya yang populer, namun juga wisata kulinernya yang beraneka ragam. Makanan asal negara ini terkenal sukses menggoyang lidah para penikmatnya.

Salah satu hidangan yang menjadi buruan wisatawan adalah sup khas Latvia. Negara ini memiliki beragam sup yang bisa dipilih dan sebagian besar dari sup tersebut dapat menyehatkan tubuh.

Berikut 5 sup khas Latvia yang rasanya nagih dan bikin kalap ketika sudah mencobanya. Patut dicoba, nih!

1. Skābeņu zupa

5 Sup Khas Latvia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!skābeņu zupa (instagram.com/alynka_malynka)

Skābeņu zupa merupakan sup yang menjadikan daging dan sayuran sebagai bahan utamanya. Bahan-bahan tersebut tentu membuat sup ini kaya akan vitamin dan mineral.

Di negara ini, ada banyak resep skābeņu zupa yang populer. Namun, beberapa bahan tidak pernah berubah. Sebagai contoh, pengunjung akan selalu menemukan coklat kemerah-merahan dan telur rebus dalam sup Latvia ini.

Umumnya, sup ini terbuat dari coklat kemerah-merahan, jelai mutiara, iga babi asap, wortel, bawang merah, bawang putih, daun salam, telur rebus, dan juga krim asam.

2. Biešu zupa

5 Sup Khas Latvia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!biešu zupa  (instagram.com/katecuisine)

Bit merah menjadi sayuran nasional di Latvia yang mudan ditemukan sepanjang musim dan dijual di toko-toko makanan. Biešu zupa merupakan sup lezat dengan warna merahnya yang cerah dan kuat, namun memiliki aroma yang kaya dan rasa yang segar.

Sup khas satu ini makin nikmat saat dihidangkan dengan sesendok krim asam, bawang cincang, sayuran segar, dan sepotong roti gandum hitam.

Baca Juga: 5 Sup Lezat Khas Republik Ceko, Cita Rasa Autentik untuk Cuaca Dingin

3. Aukstā zupa

5 Sup Khas Latvia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!aukstā zupa (receptes.tvnet.lv)

Aukstā zupa merupakan sup dingin ringan yang menyegarkan dan juga bisa disajikan sedikit lebih pedas. Sup ini memerlukan bahan yang terdiri dari kefir atau susu asam, bit rebus, lobak cincang, mentimun segar, dan telur rebus.

Sup ini diberi taburan beragam sayuran sebelum dihidangkan. Rahasia rasa yang unik dan menyegarkan terdapat pada rasa asam, manis, dan asin yang seimbang.

Sebelum penyajiannya, sup ini harus disimpan di lemari es selama kurang lebih dua jam. Hal ini perlu dilakukan agar dapat membantu meningkatkan rasanya.

4. Rupjmaizes zupa

5 Sup Khas Latvia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!rupjmaizes zupa (instagram.com/henry_the_travelling_frog)

Rupjmaizes zupa merupakan sup asli yang harus pengunjung cicipi ketika berada di Latvia. Makanan ini bisa menjadi makanan penutup yang sehat.

Sup ini dibuat dengan memanggang potongan roti gandum hitam terlebih dahulu, kemudian merebus potongan tersebut dalam air.

Saat sup dihidangkan, dapat dihias dengan berbagai buah dan beri kering, seperti apel, kismis, dan plum.

5. Frikadelle soup

5 Sup Khas Latvia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!frikadelle soup (instagram.com/studio.food_family)

Frikadelle soup merupakan sup yang cara pembuatannya dengan cara menumis sayuran dengan mentega beberapa menit sampai daun bawang mulai empuk.

Kemudian, ditambahkan kaldu hingga mendidih. Setelahnya kecilkan api dan biarkan mendidih kembali selama 20 sampai 30 menit.

Setelah kaldu mendidih, masukkan frikadella ke dalam campuran sup dan terus didihkan sampai matang. Penyajiannya hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah siap dihidangkan, tambahkanlah topping peterseli cincang.

Latvia mempunyai beragam sup yang siap memanjakan lidah. Selain enak, sebagian besar sup ini juga dapat menyehatkan tubuh. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 9 Sup Khas Rumania yang Cocok Disantap Saat Hujan, Menggugah Selera!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya