Comscore Tracker

5 Bakso Khas Turki yang Paling Populer, Lezatnya Menggoda Iman! 

Bola daging ini memang favorit banyak orang

Turki merupakan negara yang tak hanya terkenal dengan pesona wisatanya yang mengagumkan. Namun negara ini juga mempunyai beragam kuliner yang kaya akan cita rasa. Beberapa makanan khasnya juga sukses mendunia, sebut saja kebab atau turkish delight.

Salah satu makanan yang lezat dan diburu oleh wisatawan saat berkunjung adalah bakso khasnya. Negara ini mempunyai beberapa bakso yang sukses menggoyang lidah. Berikut lima bakso khas Turki yang paling populer, lezatnya menggoda iman! 

1. Kadınbudu Köfte

5 Bakso Khas Turki yang Paling Populer, Lezatnya Menggoda Iman! kadınbudu köfte (Instagram.com/fadimemsii)

Kadınbudu köfte merupakan bakso goreng khas Turki yang memerlukan bahan-bahan seperti daging giling atau domba, nasi, bawang, telur, tepung, minyak, dan berbagai rempah-rempah dalam pembuatannya.

Tepung dan telur kocok digunakan untuk melapisi bakso ini. Selanjutnya digoreng dengan minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan. Umumnya makanan ini dihidangkan dengan kentang goreng, bawang bombay, dan tomat.

2. İzmir Köfte

5 Bakso Khas Turki yang Paling Populer, Lezatnya Menggoda Iman! İzmir köfte (Instagram.com/safsemlezzetler)

İzmir köfte merupakan hidangan yang memerlukan bahan-bahan seperti köfte, paprika, dan kentang dengan saus tomat. Makanan ini biasanya disiapkan di atas kompor atau dipanggang di oven.

Köfte sendiri umumnya terbuat dari daging giling atau domba, bawang, tepung, roti basi, dan telur, dibumbui dengan berbagai bumbu seperti serpihan cabai merah, jintan, lada hitam, dan mint.

Untuk mempercantik penampilannya, makanan ini akan dihiasi dengan peterseli cincang di atasnya. Biasanya makanan ini berdampingan dengan nasi putih atau sepotong roti kering sebagai pelengkap.

Baca Juga: 9 Fakta Pide, Piza Khas Turki yang Lezat dan Diburu Wisatawan

3. Sulu Köfte

5 Bakso Khas Turki yang Paling Populer, Lezatnya Menggoda Iman! sulu köfte (Instagram.com/ardanin_annesi_mutfakta)

Sulu köfte merupakan makanan Turki yang berupa sup yang terbuat dari bakso köfte, bawang, dan nasi. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak dengan saus yang terdiri dari mentega, pasta tomat, dan air. Bahan-bahan seperti kentang dan wortel yang dibentuk seperti kubus kecil juga bisa ditambahkan ke dalam rebusan untuk meningkatkan cita rasanya.

Setelah semua proses pembuatan selesai, maka bakso ini bisa dihiasi dengan peterseli cincang. Bakso ini idealnya dipasangkan dengan roti Turki di sampingnya.

4. İnegöl Köfte

5 Bakso Khas Turki yang Paling Populer, Lezatnya Menggoda Iman! İnegöl köfte (Instagram.com/melikeomerhomee)

İnegöl köfte merupakan makanan bakso khas Turki paling terkenal yang ditemukan oleh Mustafa Efendi. Beliau merupakan seorang imigran Turki dari Bulgaria yang datang ke İnegöl pada akhir abad ke-19. 

Hidangan ini terbuat dari remah roti dan campuran daging sapi atau domba yang kemudian dibumbui hanya dengan bawang. Makanan yang mengalami proses pemanggangan ini umumnya dihidangkan sebagai hidangan utama. 

5. Köfte

5 Bakso Khas Turki yang Paling Populer, Lezatnya Menggoda Iman! köfte (Instagram.com/ayselinevyemekleri)

Köfte merupakan bakso goreng yang terbuat dari daging giling atau domba. Makanan populer ini umumnya disiapkan untuk acara-acara khusus dan pesta koktail. Bakso lezat ini hadir dalam berbagai tingkat kepedasan dan dalam berbagai bentuk mulai dari yang dilapisi telur dan digoreng hingga Adana kofte dari tenggara Turki.

Di Turki sebelah timur, bakso yang paling populer disebut içli köfte yang kaya akan rasa karena isian mentega dalam jumlah besar.

Turki mempunyai beragam bakso dengan cita rasa yang lezat. Makanan ini tentu saja menjadi favorit penduduk Turki dan juga banyak wisatawan. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Belanja untuk Membeli Oleh-oleh Murah di Turki

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya