Comscore Tracker

5 Hidangan Berbahan Daging Khas Pakistan, Kelezatannya Bikin Lupa Diri

Dagingnya empuk dan bumbunya meresap sempurna

Olahan daging menjadi salah satu hidangan yang paling banyak penggemarnya di dunia. Hal ini membuat banyak negara mempunyai olahan daging khasnya. Salah satunya adalah Pakistan.

Hidangan asal negara ini bakalan membuat penikmatnya tak cukup sekali gigitan. Berikut olahan daging khas Pakistan yang kelezatannya sukses bikin banyak orang sulit mengabaikannya.

1. Seekh kabab

5 Hidangan Berbahan Daging Khas Pakistan, Kelezatannya Bikin Lupa Diriseekh kabab (instagram.com/thechatterboxlady)

Kebab bisa menjadi olahan daging yang super lezat. Salah satu kebab yang akan memanjakan lidah adalah seekh kabab. Ini merupakan varian kebab Pakistan yang nikmat dan juicy.

Hidangan ini terbuat dari kombinasi daging cincang yang biasanya menggunakan daging domba, bawang, bawang putih, jahe, ketumbar, jus lemon, yogurt, dan garam masala.

Kombinasi bahan tersebut lalu ditempatkan di tusuk sate dan selanjutnya dipanggang di atas bara panas. Proses ini menghasilkan rasa asap yang enak. H

Seekh kabab disajikan dalam keadaan panas dengan salad, bawang, kentang goreng, chutney mint, atau roti pipih.

2. Chapli kabab

5 Hidangan Berbahan Daging Khas Pakistan, Kelezatannya Bikin Lupa Dirichapli kabab (instagram.com/foodatives)

Pencinta makanan pedas bisa merasakan kelezatan dari chapli kabab. Hidangan ini dibuat dengan kombinasi daging sapi cincang atau daging kambing yang dilengkapi dengan rempah-rempah seperti ketumbar kering dan biji delima, cabai hijau, dan mint.

Chapli kabab biasanya dinikmati dengan saus yogurt, salad, dan roti naan. Kebab ini tak hanya populer di Pakistan, namun juga di seluruh Afghanistan dan India.

Baca Juga: 5 Ragam Roti Khas Pakistan yang Kelezatannya Bikin Gagal Diet

3. Shab daig

5 Hidangan Berbahan Daging Khas Pakistan, Kelezatannya Bikin Lupa Dirishab daig (instagram.com/sanoberbansal)

Shab daig adalah hidangan yang berasal dari kata "shab", yang mempunyai arti malam. Sedangkan "daig" adalah panci masak atau kuali besar. Hidangan ini menjadi makanan khas musim dingin tradisional yang berasal dari daerah Kashmir.

Nama makanan ini berasal dari teknik tradisional memasaknya yang menggunakan metode persiapan yang rumit namun dapat menghasilkan kelezatan aromatik dan rasa yang unik. Hidangan ini umumnya dinikmati dengan nasi pada hari berikutnya.

Shab daig biasanya terbuat dari potongan ayam besar dan lobak yang ditumis lalu selanjutnya dimasak bersama dalam kaldu yang telah diberi beragam rempah-rempah yang mencakup bawang putih, jahe, biji adas, kunyit, kapulaga, garam masala Kashmir, dan kayu manis.

4. Chicken karahi

5 Hidangan Berbahan Daging Khas Pakistan, Kelezatannya Bikin Lupa Dirichicken karahi (instagram.com/desi_pakwan_pk)

Chicken karahi merupakan hidangan yang menjadikan daging ayam sebagai bahan utamanya. Bahan tambahan lain yang membuatnya makin lezat adalah bubuk cabai merah, jinten, garam masala, jahe, allspice, kapulaga, tomat, dan bawang putih.

Hidangan ini biasanya menggunakan irisan lemon dan daun peterseli sebagai hiasan. Chicken karahi juga biasanya didampingkan dengan nasi atau roti khas Pakistan.

5. Aloo gosht

5 Hidangan Berbahan Daging Khas Pakistan, Kelezatannya Bikin Lupa Dirialoo gosht (instagram.com/mahas.eateries)

Aloo gosht menjadikan daging sebagai bahan utamanya. Daging yang digunakan adalah daging domba, kambing, atau sapi. Namun bisa pula menggunakan ayam. Bumbu lainnya adalah campuran bawang putih, jahe, tomat, bawang merah, dan berbagai bumbu seperti ketumbar, kayu manis, bubuk cabai merah, kunyit, dan lada hitam. 

Hidangan ini dapat dinikmati dengan nasi atau roti. Banyak orang yang juga menjadikan daun peterseli dan irisan telur rebus sebagai hiasan.

Olahan daging khas Pakistan di atas memiliki daging yang lembut dan kaya rasa. Bumbunya meresap di daging sehingga menghasilkan cita rasa yang menggoda.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Ayam Khas Pakistan Paling Populer dan Nikmat 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya