Comscore Tracker

5 Jajanan Khas Kebumen yang Rasanya Bikin Melayang-layang! 

Rasa enaknya bisa bikin kangen #LokalIDN

Tak hanya hidangan utama, Kebumen juga memiliki banyak jajanan yang manis hingga gurih. Makanan ini tak hanya menjadi camilan, namun juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang terkasih.

Selain itu, sajian ini biasanya menjadi teman minum teh atau kopi untuk mencairkan suasana. Berikut lima jajanan lezat khas Kebumen yang layak untuk dicoba. Siap-siap dibuat ketagihan, ya! 

1. Kue satu kacang ijo

5 Jajanan Khas Kebumen yang Rasanya Bikin Melayang-layang! kue satu kacang ijo (instagram.com/lapis_oi)

Kue satu kacang ijo merupakan kue kering tradisional yang berwarna putih yang renyah ketika digigit. Warna putih terjadi setelah kacang hijau dijemur atau dipanggang dengan oven.

Makanan ini terbuat dari tepung kacang hijau yang telah dikombinasikan dengan gula putih dan selanjutnya mengalami proses pemanggangan.

Kue satu kacang ijo mempunyai cita rasa yang manis. Selain menjadi camilan yang lezat, makanan ini sering dijadikan oleh-oleh khas dari Kebumen.

2. Mendoan

5 Jajanan Khas Kebumen yang Rasanya Bikin Melayang-layang! mendoan (instagram.com/bentinaelsa)

Mendoan memang jajanan yang mudah ditemukan di daerah lainnya, namun Kebumen juga mempunyai mendoan khas dengan rasa yang tak kalah nikmat.

Mendoan merupakan makanan yang terbuat dari tempe tipis yang diberi lapisan bumbu ketumbar, bawang, garam, dan daun bawang yang selanjutnya digoreng.

Yang menarik, ukuran tempe mendoan khas Kebumen ini tergolong sangat besar, yang bila diukur bisa sampai memenuhi satu piring. Dengan begitu, maka penikmatnya bisa lebih puas.

Jika ingin terasa makin lezat, maka bisa dinikmati bersamaan dengan cocolan sambal.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Kebumen yang Paling Enak, Rasanya Bikin Nagih!

3. Jipang kacang

5 Jajanan Khas Kebumen yang Rasanya Bikin Melayang-layang! jipang kacang (instagram.com/sigadih_minang)

Jipang kacang dibuat dari kacang tanah yang dikombinasikan dengan minyak sayur dan gula jawa. Campuran ini menghasilkan rasa yang manis, gurih, dan legit yang autentik.

Sajian ini mempunyai sensasi lengket saat digigit yang tentu membuat kamu tergoda untuk mencobanyan. Camilan ini juga cocok menjadi buah tangan untuk keluarga di rumah.

Rasa crunchy dan manis yang pas, bakal bikin kamu menjadi kangen berwisata ke Kebumen lagi.

4. Sagon kelapa

5 Jajanan Khas Kebumen yang Rasanya Bikin Melayang-layang! sagon kelapa (instagram.com/reny_lien)

Sagon kelapa menjadi sajian khas Kebumen yang juga tak kalah populer. Makanan ini dibuat dengan parutan kelapa dan tepung ketan yang diolah lalu kemudian dipanggang tipis-tipis.

Sagon cocok dijadikan camilan ketika bersantai dan dilengkapi dengan secangkir teh hangat. Rasanya yang nikmat dan ditambah dengan kombinasi yang gurih dan manis tentu bikin kamu pengin cobain terus.

5. Lanting khas Kebumen

5 Jajanan Khas Kebumen yang Rasanya Bikin Melayang-layang! lanting khas Kebumen (instagram.com/jaelantink.official)

Seperti halnya mendoan, lanting juga mudah ditemukan di daerah lainnya. Namun lanting khas Kebumen ini tetap menjadi buruan para wisatawan.

Lanting merupakan jajanan berbentuk angka delapan dan menjadikan singkong sebagai bahan utamanya.

Dulu lanting hanya mempunyai dua varian rasa, yaitu bawang goreng dan original. Namun kini telah berkembang menjadi rasa keju, jagung bakar, pedas manis, sampai balado.

Kelima jajanan khas Kebumen di atas mempunyai cita rasa yang lezat. Jadi, tertarik untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah?

Baca Juga: 10 Potret Pantai Pecaron Kebumen, Keindahannya bak Secuil Surga

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya