Comscore Tracker

5 Jajanan Manis Khas Purwokerto yang Rasanya Bikin Kangen

Manis legitnya pasti bikin ketagihan #LokalIDN

Setiap daerah di Indonesia tentu mempunyai jajanan manis yang rasanya melekat di lidah. Salah satunya adalah Purwokerto. Camilan ini biasanya menjadi teman minum teh atau kopi untuk mencairkan suasana. 

Tak hanya manis, teksturnya pun mulai dari lembut, kenyal, hingga agak keras yang bisa disesuaikan dengan selera. Berikut ini adalah beberapa jajanan manis khas Purwokerto yang rasanya bikin kalap.

1. Cenil

5 Jajanan Manis Khas Purwokerto yang Rasanya Bikin Kangencenil (instagram.com/ichalaven)

Cenil menjadi salah satu sajian tradisional khas Banyumas dan Purwokerto yang identik dengan tekstur kenyalnya. Biasanya jajanan ini mempunyai warna yang mencolok dan bervariasi seperti merah, kuning, oranye, dan hijau.

Dalam proses pembuatannya, memerlukan bahan-bahan seperti singkong, tepung kanji, daun pandan, dan taburan kelapa parut. Secara tradisonal, dihidangkan dengan menggunakan alas daun pisang dan di atasnya disiram gula aren cair. 

Rasanya yang manis tentu bikin ketagihan.

2. Gethuk goreng

5 Jajanan Manis Khas Purwokerto yang Rasanya Bikin Kangengethuk goreng (instagram.com/hesti_hayahakim)

Gethuk goreng mempunyai rasa manis dan legit. Seperti namanya, jajanan ini dibuat dengan gethuk, yang merupakan olahan singkong yang dilengkapi dengan gula kelapa, dan selanjutnya digoreng.

Sajian ini hadir dengan beberapa varian rasa seperti original atau dengan gula aren, cokelat, dan durian. Tak hanya menjadi camilan nikmat, sajian ini bisa pula menjadi oleh-oleh khas Purwokerto.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner Enak di Alun-Alun Purwokerto, Suasananya Bikin Rindu!

3. Lupis

5 Jajanan Manis Khas Purwokerto yang Rasanya Bikin Kangenlupis (instagram.com/chiauling09)

Lupis atau bisa pula disebut lopis merupakan jajanan manis yang dibuat dari beras ketan yang dikombinasikan dengan garam. Selanjutnya, lupis dimasak dengan dikukus dalam bungkus daun pisang.

Untuk rasa yang makin nikmat, sajian ini biasanya ditaburi dengan kelapa parut dan disiram dengan gula aren cair. Lupis mempunyai campuran rasa antara manis dan sedikit asin. Biasanya orang-orang menggunakan lidi untuk memakannya.

4. Nopia

5 Jajanan Manis Khas Purwokerto yang Rasanya Bikin Kangennopia (instagram.com/rumahummigrosir)

Nopia seringkali menjadi makanan ringan untuk menemani waktu bersantai. Jajanan khas Banyumas dan Purwokerto ini dibuat dengan tepung terigu yang berisi adonan gula jawa.

Sajian ini diolah dengan cara dipanggang dalam oven selama 15 menit. Bentuk dan ukurannya menyerupai telur ayam dan berwarna putih. Rasanya manis di dalam dengan tekstur luarnya yang agak keras.

Banyak yang menjadikannya camilan yang didampingkan dengan teh atau kopi hangat.

5. Jenang jaket

5 Jajanan Manis Khas Purwokerto yang Rasanya Bikin Kangenjenang jaket (instagram.com/abahuusstore)

Jenang jaket adalah jajanan khas daerah Mersi, Purwokerto. Jajanan ini dibuat dengan tepung ketan, gula merah, dan santan kelapa yang kemudian diolah melalui proses yang cukup panjang.

Untuk membuat rasanya makin spesial, maka ditambahkan dengan vanili dan wijen. Teksturnya yang empuk membuatnya makin digemari, serta aromanya yang wangi pun makin menggugah selera.

Jajanan manis di atas bisa kamu cicipi kala berkunjung ke Purwokerto. Rasanya mantap dan pastinya bikin kangen!

Baca Juga: 9 Potret Taman Apung Mas Kemambang, Wisata Rekreasi Baru di Purwokerto

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya