Comscore Tracker

5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Ada olahan nasi yang berbentuk puding lho!

Nasi menjadi makanan pokok di beberapa negara. Nasi juga menjadi salah satu bahan makanan yang kerap diolah menjadi beragam jenis hidangan.

Salah satu negara yang mempunyai beragam olahan nasi adalah Peru. Negara ini terkenal dengan olahan nasi yang memiliki rasa yang lezat dan kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

Berikut olahan nasi dari Peru yang bisa kamu santap untuk merasakan betapa nikmatnya olahan nasi tersebut.

1. Arroz chaufa

5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang Lapararroz chaufa (instagram.com/lorettacocina)

Arroz chaufa merupakan makanan yang dibuat dengan campuran nasi goreng, daging, sayuran, dan buah-buahan. Cara membuatnya yaitu nasi digoreng dengan ayam suwir, salami, bawang putih, jahe, irisan almond, telur, kaldu ayam, kecap, potongan nanas, dan jus nanas.

Terdapat beberapa versi di mana olahan nasi ini menggunakan bahan-bahan yang mencakup ikan, daging sapi, babi, dendeng, dan yang paling ekstrim adalah daging buaya.

Setelah siap disajikan, makanan ini umumnya menjadikan daun bawang cincang dan ketumbar sebagai hiasan.

2. Arroz con camarones

5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang Lapararroz con camarones (instagram.com/cocinasinetiquetas)

Arroz con camarones merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang dimasak dalam kaldu udang beraroma. Kemudian dicampur dengan udang, paprika, tomat, dan bawang.

Untuk membuat rasa makin lezat, maka olahan nasi ini diberi bumbu seperti jinten, bawang putih, dan achiote. Tambahkan peterseli cincang halus sebagai hiasan agar hidangan terlihat lebih menarik.

Hidangan ini dapat dihidangkan dengan berbagai bahan seperti irisan jeruk nipis, saus pedas, irisan alpukat, atau pisang raja goreng.

Baca Juga: 5 Street Food Lezat Asal Peru, Cocok Banget Jadi Camilan! 

3. Arroz zambito

5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang Lapararroz zambito (instagram.com/mantra.productora)

Arroz zambito merupakan olahan nasi yang berupa puding. Hidangan ini sering menjadi makanan penutup. Makanan ini secara tradisional dimaniskan dengan gula murni. Kemudian dibumbui dengan menggunakan kismis, adas manis, dan kelapa.

Pada zaman modern ini, penikmatnya sering menambahkan susu untuk memberikan tekstur yang lebih lembut pada olahan nasi. Biasanya makanan ini diberi hiasan pecan panggang dan dihidangkan pada suhu kamar.

4. Arroz con pato a la chiclayana

5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang Lapararroz con pato a la chiclayana (instagram.com/enriquesaldivarb)

Arroz con pato a la chiclayana merupakan makanan yang terbuat dari campuran daging bebek, minyak, bawang putih, bawang merah, nasi, kacang polong, labu, paprika merah, daun bawang, paprika aji limo, air jeruk nipis, dan garam.

Cara membuatnya yaitu pertama-tama bawang putih, bawang bombay, dan labu siam dimasak dalam minyak yang panas. Kemudian dikombinasikan dengan daging bebek kecoklatan dan air. Setelah bebek menjadi empuk, bebek kemudian dikeluarkan. Lalu nasi, kacang polong, merica, dan ketumbar direbus dalam cairan yang telah dimasak.

Setelah matang, campuran nasi diberi bumbu air jeruk nipis dan dihidangkan bersamaan dengan daging bebek.

5. Arroz arvejado

5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang Lapararroz arvejado (instagram.com/eduardomontra)

Arroz arvejado merupakan olahan nasi yang menjadi makanan tradisional negara ini. Makanan ini terbuat dari campuran nasi bulir panjang, kacang polong, minyak zaitun, bawang putih, bawang merah, dan bumbu.

Cara membuatnya yaitu kacang polong dimasak terlebih dahulu, lalu ditiriskan dan kemudian dicampur sebentar menjadi pasta kasar. Selanjutnya tumis bawang merah dan bawang putih dengan menggunakan minyak zaitun sampai lembut. Kemudian bumbui dengan menggunakan garam dan merica.

Lalu bahan tersebut dikombinasikan dengan kacang polong dan nasi yang sudah dimasak sampai menemukan konsistensi yang lembut. Makanan ini bisa disajikan dengan ayam atau daging yang bisanya diletakkan di atas nasi.

Selain lezat, kelima olahan nasi tersebut dapat dikombinasikan dengan berbagai makanan lain, seperti sosis dan daging. Kalau kamu, paling suka olahan nasi yang mana?

Baca Juga: 5 Olahan Nasi Khas Uzbekistan yang Terkenal Lezat, Rasanya Unik!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya