Comscore Tracker

7 Ragam Appetizer Khas Italia yang Rasanya Mantap Jiwa!

Kamu wajib coba saat main ke Italia

Appetizer atau hidangan pembuka terkadang menjadi budaya yang wajib dilakukan oleh sebagian orang sebelum menyantap makanan utama. Banyak negara di dunia ini yang mempunyai beragam hidangan pembuka yang terkenal lezat. Tak terkecuali Italia.

Negara ini mempunyai lebih dari lima puluh appetizer yang rasanya sudah tak diragukan lagi. Selain nikmat, sebagian dari mereka juga menyehatkan. Berikut tujuh ragam appetizer khas Italia yang rasanya mantap jiwa!

1. Pizzetta

7 Ragam Appetizer Khas Italia yang Rasanya Mantap Jiwa!pizzette (Instagram.com/cosatipreparopercena)

Pizzetta merupakan pizza versi kecil yang bervariasi dalam ukuran dan bentuk. Bahkan beberapa memiliki bentuk hati. Makanan ini terdiri dari adonan dasar yang di atasnya diberi dengan saus, keju, dan berbagai bahan tambahan.

Selain hidangan pembuka, makanan ini bisa dijadikan camilan lezat atau makanan ringan untuk menemani waktu bersantai.

2. Polpette

7 Ragam Appetizer Khas Italia yang Rasanya Mantap Jiwa!polpette (Instagram.com/lennesimoblog)

Polpette merupakan sejenis bakso khas Italia. Bahan-bahan pembuatannya terdiri dari daging sapi giling atau daging sapi muda dan terkadang bisa menggunakan babi. Daging tersebut kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil.

Untuk menambah cita rasa, maka akan ditambahkan dengan peterseli, telur, bawang putih, dan terkadang bahkan mortadella atau Parmigiano Reggiano.

3. Carpaccio

7 Ragam Appetizer Khas Italia yang Rasanya Mantap Jiwa!carpaccio (Instagram.com/fooddeco)

Carpaccio merupakan makanan khas Italia yang terkenal tak hanya di negara ini, namun juga di seluruh dunia. Hidangan ini umumnya disajikan sebagai hidangan pembuka yang terdiri dari irisan tipis ikan mentah atau daging yang disajikan di atas piring dengan minyak zaitun, serutan keju, dan lemon.

Baca Juga: 5 Ragam Hidangan Berbahan Daging dari Italia, Bikin Nambah!

4. Bruschetta Al Pomodoro

7 Ragam Appetizer Khas Italia yang Rasanya Mantap Jiwa!Bruschetta al pomodoro (Instagram.com/ildelfinorosa)

Bruschetta al pomodoro merupakan hidangan pembuka Italia yang cukup populer. Makanan ini terdiri dari irisan roti panggang yang diolesi dengan bawang putih diatasnya dan ditambahkan dengan tomat cincang halus. Makanan ini juga bisa diberi minyak zaitun berkualitas tinggi, taburan garam laut, dan daun kemangi segar.

Makanan ini sangat populer untuk dihidangkan pada saat perayaan, pesta, atau acara-acara penting lainnya.

5. Crostini

7 Ragam Appetizer Khas Italia yang Rasanya Mantap Jiwa!crostini (Instagram.com/charmingfigcatering)

Crostini merupakan makanan pembuka Italia yang terdiri dari potongan-potongan kecil roti panggang dengan berbagai topping beraroma. Dijaman modern ini, beragam topping bisa ditambahkan pada makanan ini, mulai dari minyak zaitun, bawang putih hingga keju, zaitun, bayam, dan tomat.

Tak hanya sebagai makanan pembuka, hidangan ini dapat disajikan sebagai makanan ringan di bar dan dapat disajikan sebagai lauk dengan steak tartare.

6. Tramezzino

7 Ragam Appetizer Khas Italia yang Rasanya Mantap Jiwa!tramezzino (Instagram.com/isardus)

Tramezzino merupakan hidangan sejenis sandwich yang umumnya berbentuk segitiga yang populer. Bahan-bahan pembuatannya cukup simpel, yaitu roti putih kenyal tanpa kulit dan berbagai isian seperti mayones, tuna, prosciutto, dan keju.

Karena kepopulerannya, makanan ini mudah ditemukan di kafe-kafe atau rumah makan di seluruh Italia.

7. Caprese Salad

7 Ragam Appetizer Khas Italia yang Rasanya Mantap Jiwa!caprese salad (Instagram.com/buttersuss)

Caprese salad merupakan salad yang terdiri dari tomat matang, krim mozzarella dan kemangi segar. Salad ini awalnya dibuat dengan tomat Re Umberto atau Fiascone, yang ditanam secara tradisional di sepanjang pantai Amalfi yang indah. Selain menyegarkan mulut, hidangan ini juga menyehatkan.

Appetizer khas Italia ini beraneka ragam dan mempunyai rasa yang nikmat. Selain itu, tampilan luarnya juga sudah menggugah selera. Kamu wajib coba!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya