Comscore Tracker

5 Semur Khas Malaysia yang Bikin Ketagihan Sekali Coba, Nikmat!

Kuah sedapnya mantap banget

Semur tak hanya populer di Indonesia karena ternyata hidangan lezat ini juga terkenal di negara tetangganya, yaitu Malaysia. Sama halnya dengan Indonesia, negara ini juga biasanya menyantap semur dengan ditemani oleh nasi yang hangat.

Semur juga terbuat dari daging pilihan dan berbagai bumbu yang membuatnya semakin menggoyang lidah. Apa saja semur khas negara Malaysia? Yuk, simak artikel berikut!

1. Kari ikan

5 Semur Khas Malaysia yang Bikin Ketagihan Sekali Coba, Nikmat!kari ikan (instagram.com/che_nom)

Ikan bisa menjadi bahan utama pembuatan semur yang lezat. Salah satu hidangan yang mengkombinasikan ikan dan kari adalah kari ikan. Hidangan ini terbuat dari kombinasi ikan yang dipotong-potong, santan, dan berbagai bumbu seperti fenugreek, jintan, daun kari, cabai, biji sawi, asam jawa, jahe, kunyit, ketumbar, dan serai.

Rempah-rempah yang digunakan dalam proses pembuatannya sering bervariasi. Hal tersebut dikarenakan makanan ini sangat populer dan mudah dijumpai di seluruh negeri.

Secara tradisional, makanan ini dinikmati dengan nasi pulen di sampingnya.

2. Masak lemak

5 Semur Khas Malaysia yang Bikin Ketagihan Sekali Coba, Nikmat!masak lemak (instagram.com/chefnaem)

Masak lemak adalah makanan yang terbuat dari ayam, ikan, daging sapi, atau makanan laut. Namun dasar bahan yang digunakan selalu sama, yaitu campuran kunyit, santan yang lembut, dan beragam bumbu dan rempah lainnya.

Makanan ini juga mempunyai nama lain, yaitu masak lemak cili api.  Hidangan lezat ini dinikmati di seluruh Malaysia dan umumnya dinikmati bersama dengan sambal, nasi, dan sayuran mentah.

Baca Juga: Jangan Lewatkan 6 Makanan Khas Selangor, Malaysia! Lekker Banget!  

3. Curry debal

5 Semur Khas Malaysia yang Bikin Ketagihan Sekali Coba, Nikmat!curry debal (instagram.com/raisingappetites)

Pencinta makanan pedas wajib merasakan curry debal yang terkenal akan kepedasannya. Semur yang berasa dari Malaka ini umumnya terbuat dari kombinasi ayam, kentang, cuka putih, garam, gula, biji sawi, dan minyak.

Cara pembuatannya, pertama-tama biji sawi dihaluskan dengan minyak. Selanjutnya dikombinasikan dengan bumbu pasta yang dibuat dengan bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, serai, bawang merah, minyak, dan cabai merah. Lalu ayam ditambahkan ke panci dan dilapisi dengan pasta rempah-rempah. Bumbui dengan gula, garam, dan penyedap.

4. Ayam masak merah

5 Semur Khas Malaysia yang Bikin Ketagihan Sekali Coba, Nikmat!ayam masak merah (instagram.com/xiilaaa)

Ayam masak merah merupakan hidangan yang terbuat dari potongan ayam yang disiram dengan saus tomat yang kental, pedas, dan creamy.

Untuk proses pembuatannya, pertama-tama potongan ayam terlebih dahulu digoreng, selanjutnya direbus dalam kuah yang dibuat dengan kombinasi tomat, cabai, bawang merah, dan bawang putih.

Untuk memperkaya rasa, juga perlu ditambahkan berbagai bumbu seperti lengkuas, cengkih, kayu manis, dan kapulaga.

Terkadang penambahan santan diperlukan untuk memberi saus krim. Hidangan ini umumnya disajikan untuk berbagai perayaan dan acara-acara khusus. Makanan ini makin lengkap ketika dinikmati dengan nasi dan salad segar.

5. Kari kambing

5 Semur Khas Malaysia yang Bikin Ketagihan Sekali Coba, Nikmat!kari kambing (instagram.com/indulge_dee)

Kari kambing tak hanya terkenal di Malaysia, namun juga populer di Indonesia. Semur ini dibuat dengan kombinasi daging kambing yang dipotong dadu, kentang, tomat, daun kari, jahe, bawang bombay, santan, dan cabai. Untuk memperkaya rasa, maka diberi beragam bumbu yang mencakup lengkuas, kunyit, dan serai.

Kari direbus hingga kentang dan daging menjadi empuk. Semur ini bisa langsung dinikmati. Namun beberapa orang merasa bahwa semur lebih enak lagi ketika dikonsumsi keesokan harinya. Semur dapat disantap bersamaan dengan nasi atau roti tawar.

Beberapa semur khas Malaysia di atas bisa kamu coba sebagai referensi menu rumahan. Rasanya dijamin cocok dengan lidah Indonesia.

Baca Juga: 5 Semur Khas Jepang yang Paling Populer, Sedapnya Menggila!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya