Comscore Tracker

5 Sup Khas Spanyol yang Paling Populer Dijamin Delicioso!

Rasa autentiknya tak pernah kamu dapatkan di mana pun

Spanyol merupakan salah satu negara maju yang terkenal dengan wisata kulinernya yang khas dan juga sekaligus menggugah selera. Banyak kuliner khas negara ini yang sudah mendunia, sebut saja churros con chocolate, paella, patatas bravas, hingga empenadas.

Namun, negara ini juga mempunyai beragam sup yang tak kalah menggoyang lidah. Sup-sup ini bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin dan ada di sepanjang musim. Berikut lima sup khas Spanyol yang paling populer yang dijamin delicioso!

1. Gazpacho

5 Sup Khas Spanyol yang Paling Populer Dijamin Delicioso!gazpacho (Instagram.com/alexandra.sarigianni)

Tak seperti kebanyakan sup yang dihidangkan pada musim dingin, gazpacho merupakan sup yang umumnya dihidangkan pada musim panas. Oleh karena itu, sup ini juga disajikan dalam keadaan dingin.

Sup tomat ini memiliki tampilan bewarna orange kemerahan yang cukup menggugah selera. Dalam pembuatannya, sup memerlukan bahan-bahan seperti tomat, air, roti, bawang putih, cabai, mentimun, minyak zaitun, vinegar atau cuka anggur, dan garam. 

2. Potaje

5 Sup Khas Spanyol yang Paling Populer Dijamin Delicioso!potaje (Instagram.com/estoyhechouncocinillas)

Potaje merupakan sup sehat yang terdiri dari sayuran dan kacang-kacangan. Sup yang berbahan dasar kacang-kacangan ini biasanya terdiri dari buncis dan terkadang miju-miju atau kacang putih yang selanjutnya ditumis dan diberi tambahkan dengan kaldu sayuran.

Sup ini bisa juga ditambahkan dengan daging atau beberapa tulang untuk menambah cita rasa. Sup ini harus pekat, namun tidak cair seperti sup pada umumnya.

Baca Juga: 9 Fakta Pinchitos Morunos, Makanan Khas Spanyol yang Mirip dengan Sate

3. Lentejas con chorizo

5 Sup Khas Spanyol yang Paling Populer Dijamin Delicioso!lentejas con chorizo (Instagram.com/chorizoriojano)

Lentejas con chorizo merupakan sup miju-miju yang ditambahkan dengan chorizo. Selain lezat, sup ini juga merupakan sup yang bergizi. Sup yang berasal dari Avila ini juga merupakan sup yang cukup populer di Spanyol. 

Sup ini terbuat dari tumis lentil yang ditambahkan dengan produk dari musim pemotongan babi yang kebanyakan berupa chorizo rebus, tetapi juga terkadang sosis darah, daging dan tulang. Kemudian ditambahkan dengan beberapa sayuran, seperti tomat, wortel, bawang merah dan bawang putih.

Tambahan daun salam untuk menambahkan cuta rasa dan juga paprika manis untuk membuat warna sup menjadi merah menggoda.

4. Escudella

5 Sup Khas Spanyol yang Paling Populer Dijamin Delicioso!escudella (Instagram.com/cilantro_and_citronella)

Escudella merupakan sup yang sangat populer di negara ini. Umumnya sup ini dihidangkan sebagai menu makan siang pada saat Natal berlangsung.

Cara pembuatan sup ini yaitu dengan cara mencampurkan kaldu lezat dengan rasa sayuran, kemudian menambahkannya dengan kacang-kacangan dan berbagai jenis daging dan tulang.

Selanjutnya direbus perlahan selama beberapa jam dan disajikan dengan galet, pasta khas Catalan, dan pilota atau bakso besar yang terbuat dari daging cincang, telur, remah roti, bawang putih, dan peterseli yang dimasak di dalam kaldu.

5. Sopa de Ajo

5 Sup Khas Spanyol yang Paling Populer Dijamin Delicioso!sopa de ajo (Instagram.com/marktodorovich)

Sopa de ajo atau juga disebut sup bawang putih, merupakan sup khas yang berasal dari wilayah Castilla y León yang berada di tengah Spanyol, Utara Madrid. Umumnya sup ini dihidangkan pada saat Paskah karena mungkin tidak termasuk sup daging. 

Sup ini dibuat dengan bahan-bahan seperti air, roti, paprika, daun salam, bawang putih dan minyak, dan sering kali telur rebus ditambahkan.

Spanyol mempunyai beragam sup yang sukses bikin lidah bergoyang. Sebagian sup ini juga merupakan makanan sehat yang bisa membuat tubuh makin bugar. Tertarik mencoba atau membuatnya di rumah?

Baca Juga: 7 Taman Nasional di Spanyol yang Memukau dan Wajib Dikunjungi

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya