Comscore Tracker

5 Varian Saus Khas Prancis yang Bikin Makanan Makin Mantap

Rasa sausnya benar-benar nikmat!

Saus menjadi salah satu komponen penting dalam hidangan Prancis. Hal ini membuat negara ini menciptakan beragam saus yang membuat hidangan makin juara dalam segi rasa dan juga aroma. Saus bahkan terkadang menjadi bumbu bagi pelengkap suatu hidangan.

Apa saja lima saus yang dapat membuat masakan Prancis kian lezat? Scroll ke bawah untuk mendapatkan jawabannya!

1. Rouille

5 Varian Saus Khas Prancis yang Bikin Makanan Makin Mantaprouille (instagram.com/delphineetgourmandises)

Rouille adalah saus kentang yang umumnya dijadikan hiasan untuk hidangan sup ikan, terutama pada sup ikan yang dikenal sebagai bouillabaisse. Saus ini dibuat dengan bawang putih, kunyit, cabai, minyak zaitun, remah roti, dan terkadang juga ditambahkan dengan kuning telur karena beberapa resep menggunakan mayones sebagai dasarnya.

Saus juga dapat menjadi pelengkap dari makanan berbasis sayuran atau juga tambahan bahan dari saus yang digunakan untuk makanan laut.

2. Sauce tartare

5 Varian Saus Khas Prancis yang Bikin Makanan Makin Mantapsauce tartare (instagram.com/majestic_a_)

Mayones adalah salah satu saus yang paling banyak digemari di dunia ini. Bagi pecinta mayones, maka dapat mencoba sauce tartare. Saus ini terbuat dari mayones, namun beberapa variasi terkadang dapat memilih crème fraiche. Bahan pendukung lainnya adalah rempah-rempah dan paling sering menggunakan peterseli cincang, chervil, tarragon, caper, dan acar.

Beberapa orang juga menambahkankuning telur rebus. Saus ini bisa menjadi pendamping dari olahan ayam, sosis, kentang goreng, hingga burger.

3. Béarnaise

5 Varian Saus Khas Prancis yang Bikin Makanan Makin Mantapbéarnaise (instagram.com/louisb51)

Béarnaise identik dengan warna kuning mudanya dengan tekstur yang halus dan lembut. Saus ini terbuat dari kuning telur, bawang merah, cuka, dan mentega. Untuk memperkaya rasa maka sering diberi bumbu yang berupa tarragon dan chervil.

Saus ini dapat menjadi pendamping dari olahan kentang dan daging, burger, jamur, hingga salad. Bahkan beberapa orang juga menjadikannya saus pada hot dog.

Baca Juga: 5 Cooking Show bagi Pemula yang Ingin Belajar Masakan Western

4. Pistou

5 Varian Saus Khas Prancis yang Bikin Makanan Makin Mantappistou (instagram.com/ayngelina)

Pistou merupakan saus yang dibuat dengan minyak zaitun, kemangi segar, dan bawang putih yang dihancurkan. Nama saus berasal dari kata "provençal" yang berarti “dihancurkan”. Hal ini mengacu pada fakta bahwa saus idealnya disiapkan dengan menghancurkan bahan-bahan pembuatannya dalam lesung dan alu hingga saus mencapai tekstur yang halus.

Saus ini paling populer digunakan dalam hidangan yang bernama soupe au pistou, yang merupakan sup provençal yang penuh dengan beragam sayuran. Makanan ini juga dapat digunakan sebagai saus untuk makanan yang berupa pasta atau sebagai penyedap untuk ayam dan ikan bakar.

5. Rémoulade

5 Varian Saus Khas Prancis yang Bikin Makanan Makin Mantaprémoulade (instagram.com/bbqhelden)

Rémoulade adalah mayones yang dikombinasikan dengan bumbu, caper, acar, dan juga bisa ditambahkan dengan beberapa tetes minyak ikan teri. Makanan ini umumnya menjadi saus untuk makanan yang bernama céleri rémoulade.

Ini adalah salad sederhana yang dibuat dengan akar seledri yang telah dipotong-potong. Pada awalnya, saus sering dihidangkan sebagai saus dengan olahan daging, namun hari ini lebih sering dinikmati bersama ikan.

Saus khas Prancis di atas dapat menjadi inspirasi menu baru bagi pecinta saus. Banyak varian saus yang bisa dibuat di rumah lho!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya