Comscore Tracker

Sering Jadi Teman Lalapan, Inilah 5 Manfaat Daun Kemangi!

Bisa mencegah kanker juga lho

Buat kamu yang suka makan lalapan, mungkin tidak akan asing dengan yang namanya daun kemangi. Selain untuk dimakan, daun kemangi juga sering digunakan untuk mempercantik makanan.

Namun, apakah kamu tahu manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi daun kemangi? Dilansir dari Wellness Mama dan Dr Axe, inilah lima manfaat dari daun kemangi, yang tentunya baik untuk tubuhmu!

1. Mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan penyakit

Sering Jadi Teman Lalapan, Inilah 5 Manfaat Daun Kemangi!Pixabay/rottonara

Daun kemangi mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan beberapa penyakit. Kandungan dua antioksidan larut air, yang dikenal dengan sebutan orientin dan viceninare, berfungsi sebagai pelindung sel darah putih dan menjaga kekebalan tubuh.

Antioksidan yang terkandung dalam daun kemangi juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas serta menjaga sel DNA.

2. Mencegah Kanker 

Sering Jadi Teman Lalapan, Inilah 5 Manfaat Daun Kemangi!Pixabay/truthseeker08

Penelitian klinis di bidang nutrisi dan kanker menjelaskan bahwa daun kemangi mengandung phytochemical. Kandungan phytochemical mampu membantu tubuh untuk mencegah kanker.

Beberapa kanker yang bisa dicegah antara lain, kanker mulut, kanker hati, kanker kulit dan kanker paru, yang disebabkan oleh pengaruh bahan kimia.

Baca Juga: Biasa Dijadikan Hiasan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledri

3. Membantu mencegah depresi 

Sering Jadi Teman Lalapan, Inilah 5 Manfaat Daun Kemangi!Pixabay/geralt

Cocok buat kamu yang suka galau, gelisah, depresi dan sebagainya. Manfaat dari daun kemangi yang ketiga adalah membantu melawan depresi yang disebabkan oleh rasa gelisah atau kecemasan di dalam hati.

Daun kemangi dapat menjadi antidepressant, yang baik dalam fungsi kerja otak. Kandungan daun kemangi mampu merangsang neurotransmitters yang dapat merangsang hormon yang membuat kita merasa senang dan bahagia.

4. Membantu melancarkan pencernaan 

Sering Jadi Teman Lalapan, Inilah 5 Manfaat Daun Kemangi!Pixabay/derneuemann

Menurut buku Healing foods yang di terbitkan oleh DK publishing, daun kemangi dapat mengoptimalkan proses pencernaan dalam tubuh manusia. Daun kemangi mampu mengurangi rasa kembung dan bahkan bisa membunuh parasit dan cacing perut.

Kandungan dalam daun kemangi juga bisa membantu menyeimbangkan zat asam di dalam tubuh manusia serta dapat menjaga tingkat pH tubuh.

5. Mampu Mencegah virus dan infeksi 

Sering Jadi Teman Lalapan, Inilah 5 Manfaat Daun Kemangi!Pixabay/Tumisu

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan, Pahit Tapi Berkhasiat

Manfaat dari daun kemangi yang kelima adalah mencegah virus dan infeksi. Telah ditemukan bahwa dalam minyak astiri kemangi, terdapat sifat antimikroba yang berguna untuk melawan berbagai virus, bakteri dan jamur.

Setelah kamu tahu beberapa manfaat dari daun kemangi yang baik untuk tubuh, tidak ada salahnya untuk mewajibkan adanya daun kemangi pada lalapan yang kamu makan!

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Risco Ferdian Photo Writer Risco Ferdian

Pemuda yang suka menulis dan nonton bola

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya