Comscore Tracker

6 Kudapan Tabur Daerah Ini Bisa Jadi Inspirasi Camilan Keluarga

Kudapan tabur mana yang cocok di lidah anggota keluargamu?

Icing atau gula bubuk adalah salah satu jenis taburan yang biasanya dipilih saat membuat donat atau kue kacang. Keberadaanya tidak hanya memaniskan rasa serta penampilan, tapi juga bikin makanan tersebut enaknya jadi double!

Sedang butuh inspirasi kudapan tabur lainnya untuk camilan keluarga? Enam kudapan dari berbagai daerah ini dapat dijadikan pilihan. Coba bikin yuk!

1. Kue pancong

6 Kudapan Tabur Daerah Ini Bisa Jadi Inspirasi Camilan Keluargainstagram.com/rinaa_les

Jangan lupa menyiapkan cetakan sebelum membuat kue pancong! Sebenarnya, kue pancong sendiri dapat diberi bermacam taburan. Gula pasir, salah satunya. Rasa gurih dan manisnya kue ini cukup menghibur lidah sampai kunyahan terakhir.

Menyajikan kudapan yang berbahan dasar tepung terigu serta kelapa parut ini tepat sekali terutama bagi kamu yang memiliki banyak anggota keluarga.

2. Kue gandus

6 Kudapan Tabur Daerah Ini Bisa Jadi Inspirasi Camilan Keluargainstagram.com/diahnimpuno

Kue gandus memiliki taburan dengan rasa gurih, bisa dari ebi sangrai maupun ayam cincang serta irisan cabai merah dan daun seledri sebagai pelengkapnya.

Dibuat dari tepung beras, santan, dan daun pandan, kudapan yang umumnya berbentuk persegi ini pas disajikan bersama secangkir teh hangat. Jika rata-rata anggota keluargamu cenderung menyukai makanan gurih, pilih kue gandus saja!

3. Kue cubit

6 Kudapan Tabur Daerah Ini Bisa Jadi Inspirasi Camilan Keluargainstagram.com/cubittensmg

Mengikuti zaman, kini kue cubit dapat dinikmati dengan beragam rasa. Yang masih autentik sekali, yaitu kue cubit dengan taburan meses cokelat. Kudapan identik berbentuk mungil ini berbahan dasar tepung terigu, telur, dan backing powder.

Agar meningkatkan gairah ngemil, saat proses pencampuran bahan baku, kamu dapat memberi pasta pandan atau pewarna makanan alami.

Baca Juga: 5 Jajanan Tradisional Khas Indonesia Berbahan Aci, Penasaran?

4. Kue manco

6 Kudapan Tabur Daerah Ini Bisa Jadi Inspirasi Camilan Keluargainstagram.com/_snackmedan_

Kudapan bertabur wijen di Indonesia, gak cuma onde-onde atau kue deppa tori. Sesekali hidangkan nikmatnya kue manco yang masih hangat di tengah-tengah keluarga. Dijamin bikin momen kebersamaan bareng keluarga jadi makin menyenangkan!

Kue manco terbuat dari tepung beras ketan. Sebelum ditabur dengan wijen, kue manco yang tiris usai digoreng, dilumuri dengan gula merah cair.

5. Roti kenari

6 Kudapan Tabur Daerah Ini Bisa Jadi Inspirasi Camilan Keluargainstagram.com/unafajar

Di antara kudapan yang telah disebutkan sebelumnya, roti kenari paling mudah untuk dibuat. Meski sederhana, kenikmatan roti kenari mampu mencairkan suasana saat kumpul keluarga.

Roti kenari sendiri terbuat dari roti tawar yang diolesi dengan mentega dan susu kental manis. Setelahnya, taburi kacang kenari cincang di atas roti kemudian dipanggang.

6. Jaje laklak

6 Kudapan Tabur Daerah Ini Bisa Jadi Inspirasi Camilan Keluargainstagram.com/winapratiwiia

Kudapan identik berwarna hijau ini juga dapat dijadikan sebagai inspirasi camilan untuk keluarga. Jaje laklak memiliki taburan berupa kelapa parut. Untuk melengkapi kesempurnaan rasanya, serabinya Bali ini disiram juga dengan manisnya saus gula merah.

Jaje laklak berbahan dasar tepung beras, tepung sagu dan santan. Kue ini juga dipanggang menggunakan cetakan khusus.

Nah, itu tadi enam ragam kudapan tabur khas dari berbagai daerah di Nusantara yang dapat jadi inspirasi camilan untuk keluarga. Dari kudapan tabur yang telah disebutkan tadi, kira-kira kamu kepengin membuat yang mana untuk keluarga?

Baca Juga: 9 Kue Jajanan Pasar Berbahan Labu Kuning yang Punya Tekstur Lembut

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya