Comscore Tracker

Renyah Hingga Legit, 7 Ragam Jaja Ini Mesti Kamu Coba saat di Bali 

Apakah salah satunya adalah favoritmu?

Apakah kamu pernah pelesiran ke Bali? Jika iya, pasti sudah tidak asing lagi dengan masyarakat setempat yang menyebut kata kue dengan istilah jaja.

Ragam jaja di Bali amatlah banyak, mulai dari yang teksturnya renyah hingga legit, semuanya ada! Kira-kira, apakah kamu pernah menjajal 7 ragam jaja berikut ini?

1. Jaja begina 

Renyah Hingga Legit, 7 Ragam Jaja Ini Mesti Kamu Coba saat di Bali jaja begina (instagram.com/omaersya.jajeuli.jajebegina)

Sama-sama berbahan beras ketan dan bercita rasa manis, jaja begina sepintas mirip dengan rengginang. Namun, jaja begina memiliki ciri khas pada bagian tengahnya yang terdapat corak.

2. Jaja sirat 

Renyah Hingga Legit, 7 Ragam Jaja Ini Mesti Kamu Coba saat di Bali jaja sirat (instagram.com/tasteofheritage)

Selain jaja begina, jaja sirat juga tak pernah absen meriahkan acara Galungan di Bali. Jaja sirat terbuat dari tepung beras. Kue nan renyah ini serupa dengan keukarah khas Aceh.

3. Jaja satuh 

Renyah Hingga Legit, 7 Ragam Jaja Ini Mesti Kamu Coba saat di Bali jaja satuh (instagram.com/dodyseptico)

Identik berwarna putih, jaja satuh terbuat dari tepung beras ketan. Selain renyah, tekstur jaja satuh juga terasa meleleh di mulut saat pertama kali mengunyahnya. Kamu pernah coba?

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Bali Favorit Para Bule, Nikmatnya Bikin Candu

4. Jaja laklak 

Renyah Hingga Legit, 7 Ragam Jaja Ini Mesti Kamu Coba saat di Bali jaja laklak (instagram.com/westri)

Warnanya identik hijau, jaja laklak merupakan kue yang sepintas mirip dengan serabi. Namun, bedanya jaja laklak mendapat guyuran gula merah cair dan kelapa parut di atasnya.

5. Jaja sumping 

Renyah Hingga Legit, 7 Ragam Jaja Ini Mesti Kamu Coba saat di Bali Jaja sumping (instagram.com/warungpojoknangka)

Banyak yang bilang jaja sumping mirip dengan kue nagasari karena sama-sama berbahan tepung beras dan dibalut dengan daun pisang.

Memang tampilan terlihat mirip, tapi kue nagasari identik dengan isi pisang. Sedangkan jaja sumping bisa dibuat dengan bahan dasar apapun termasuk labu. Masyarakat setempat juga biasa menyebutnya dengan sumping wuluh.

6. Jaja batun duren 

Renyah Hingga Legit, 7 Ragam Jaja Ini Mesti Kamu Coba saat di Bali jaja batu duren (instagram.com/i_am_linawati)

Saat melipir ke Bali dan menjumpai pedagang yang menjajakan kue getas, kamu bisa membelinya dengan menguncapkan batun duren. Sebab kue berbahan ketan yang dilapisan gula ini dikenal dengan sebutan jaja batun duren. Sekilas, mungkin kue satu ini mirip gemblong di Jawa.

7. Jaja lempog 

Renyah Hingga Legit, 7 Ragam Jaja Ini Mesti Kamu Coba saat di Bali Jaja lempog (instagram.com/ maiajangling)

Jaja lempog terbuat dari singkong yang dilembutkan bersama gula merah, kemudian diberi taburan kelapa parut. Tak cuma singkong, jaja lempog dapat juga dibuat dengan ubi. Kue ini bisa dibilang mirip dengan getuk khas Jawa. 

Jika kamu pelesiran ke Bali, sempatkan untuk mencicipi 7 ragam jaja yang telah disebutkan tadi. Namun, jika kalian sudah pernah mencoba jaja khas Bali, apakah salah satu jenis di atas adalah favoritmu?

Baca Juga: 12 Jajanan Pasar Khas Bali yang Murah dan Nikmat, Patut Dicoba Nih!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya