Comscore Tracker

5 Camilan Serba Tahu Jawa Timur Ini Bikin Kamu Betah Ngemil, Enak Sih!

Apalagi jika dipertemukan dengan cabai rawit! #LokalIDN

Selain Jawa Tengah, tahu petis cukup populer juga di Jawa Timur lho! Tahu dengan olesan bumbu petis pada bagian tengahnya ini punya rasa spesial di lidah sehingga bikin penikmatnya betah untuk mengunyah.

Tak cuma tahu petis saja lho. Berikut ini ada lima camilan serba tahu khas Jawa Timur lainnya yang kenikmatannya bisa bikin kamu betah ngemil. Sudah pernah mencobanya?

1. Tahu walik

5 Camilan Serba Tahu Jawa Timur Ini Bikin Kamu Betah Ngemil, Enak Sih!instagram.com/ tahu.walik.banyuwangi

Diterjemahkan ke bahasa Indonesia, walik berarti terbalik. Sinkron dengan namanya, tahu ini diolah dengan membalikkan tahu usai dibelah menjadi dua bagian. Yang mana permukaan dalam tahu menjadi di luar kemudian diisi dengan adonan daging ayam cincang, lalu digoreng.

Tahu walik biasanya dicolekkan ke saus sesuai selera, bisa saus sambal atau manisnya saus kacang. Dijamin ketagihan setelah kunyahan pertama habis!

2. Tahu tuna

5 Camilan Serba Tahu Jawa Timur Ini Bikin Kamu Betah Ngemil, Enak Sih!instagram.com/tahutunapacitan

Kesamaan tahu tuna dan walik, sama-sama diisi dengan adonan kenyal berbahan dasar daging. Bedanya, tahu tuna menonjolkan kenikmatan dari daging ikan tuna cincang. 

Usai diisi dengan adonan tuna, tahu dikukus terlebih dahulu hingga matang. Saat matang, kamu dapat menikmatinya langsung atau mau disimpan terlebih dahulu ke lemari pendingin kemudian digoreng. 

Baca Juga: 6 Cara Membuat Tempe dan Tahu Bacem, Bumbu Meresap, Rasanya Enak!

3. Tahu pong

5 Camilan Serba Tahu Jawa Timur Ini Bikin Kamu Betah Ngemil, Enak Sih!instagram.com/tahuahpong

Renyah di luar, tahu pong punya tekstur lembut serta hampa alias kopong saat digigit. Meski sederhana, gurihnya tahu pong sempurna menghibur lidah ketika dioleskan ke saus kecap dengan irisan cabai rawit di dalamnya.

4. Tahu takwa

5 Camilan Serba Tahu Jawa Timur Ini Bikin Kamu Betah Ngemil, Enak Sih!instagram.com/tahutakwa.bu_nur

Camilan tahu satu ini masih dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. Tahu takwa sering disebut juga sebagai tahu kuning karena penampilannya yang identik bewarna kuning berasal dari kunyit.

Tekstur tahu ini padat namun cukup kenyal saat dikunyah. Menikmati tahu takwa dengan mengunyah cabai rawit, opsi terbaik saat menyantap tahu takwa. Karena padat, tahu ini cepat bikin perut jadi kenyang.

5. Mendol tahu

5 Camilan Serba Tahu Jawa Timur Ini Bikin Kamu Betah Ngemil, Enak Sih!instagram.com/ritanursehai

Mendol sebenarnya kuliner Jawa Timur yang umumnya berbahan utama tempe. Namun, kini mendol berinovasi juga dengan menggunakan tahu di mana tahu dilembutkan kemudian dicampur bersama bumbu lalu dibentuk. Adonan mendol tahu yang telah dibentuk lonjong kemudian digoreng hingga matang.

Itu tadi lima camilan serba tahu khas Jawa Timur yang mesti banget kamu coba! Lengkapi kenikmatannya dengan menambahkan saus atau cabai rawit supaya makin bergairah saat mengunyah.

Tahu punya segudang manfaat baik untuk tubuh salah satunya adalah meregenerasi kulit. Itulah sebabnya sering-sering mengonsumsi tahu bikin kulit kamu nampak memesona setiap harinya.

Baca Juga: 5 Beda Tahu Kuning Khas Kediri dengan Tahu Putih, Kamu Tahu?

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya