Comscore Tracker

5 Kudapan Lebar yang Cocok Dinikmati Rame-rame, Lupakan Pizza! 

Mau yang rasa gurih atau manis, semuanya ada! #LokalIDN

Saat kumpul bareng keluarga maupun teman, pizza menjadi alternatif makanan ringan yang dipilih sebagai kudapan. Kenapa harus pizza? Alasannya pun beragam. Dikenal praktis, bentuk pizza yang lebar menjadikan makanan ringan ini dapat dibagi-bagi (dipotong) untuk banyak orang.

Padahal, banyak sekali kudapan lokal berbentuk lebar layaknya pizza yang dapat juga dinikmati rame-rame seperti berikut ini. 

1. Martabak manis

5 Kudapan Lebar yang Cocok Dinikmati Rame-rame, Lupakan Pizza! instagram.com/martabakpecenongan78

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan dari martabak manis? Apalagi, kini martabak manis dikemas dengan bermacam topping yang menggiurkan lidah serta bikin ketagihan. Mudah dijumpa, mulai sekarang stop merindukan pizza!

Kudapan lebar dengan cita rasa lokal ini cocok banget disajikan saat kumpul-kumpul. Tak hanya dapat dibagi untuk banyak orang, martabak manis mampu mengganjal perut dari rasa lapar.

2. Bangkerok 

5 Kudapan Lebar yang Cocok Dinikmati Rame-rame, Lupakan Pizza! instagram.com/bdgsociety

Bangkerok merupakan pizza dari tanah Sunda yang terbuat dari ketan. Dikenal pula dengan nama onger ketan, bangkerok memiliki bermacam isi, mulai dari daging ayam, sambal oncom atau kacang, semuanya menyempurnakan kenikmatan bangkerok.

Apakah kamu baru pertama kali mengetahui keberadaan bangkerok? Ya, kuliner ini terbilang langka dan mungkin hanya bisa kamu jumpai di beberapa daerah saja di Jawa Barat. Meski begitu, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah kok!

Baca Juga: 10 Camilan Jadul yang Masih Eksis hingga Saat Ini, Mana Favoritmu?

3. Kue lontar

5 Kudapan Lebar yang Cocok Dinikmati Rame-rame, Lupakan Pizza! instagram.com/kue.lontar

Kue lontar juga masuk ke dalam daftar kue lebar yang dapat dinikmati rame-rame. Kudapan ini menjadi alternatif lain, selain martabak manis. Merupakan kuliner berasal dari Papua, kue lontar yang manisnya mampu mengalihkan perhatian ini terbuat dari tepung terigu.

Isi kue lontar sendiri berbahan dasar dari kuning telur dan susu kental manis. Layaknya martabak manis, kue lontar diperindah pula dengan kehadiran topping yang menggiurkan lidah seperti meses, keju, buah ceri, hingga buah kering.

4. Kue sengkulun 

5 Kudapan Lebar yang Cocok Dinikmati Rame-rame, Lupakan Pizza! instagram.com/dapoerisyah

Tak hanya menggunakan cetakan kue berukuran mini, kue sengkulun terkadang dibuat juga dengan menggunakan loyang berbentuk persegi atau bulat. Kudapan lebar ini cukup populer di Jawa Tengah.

Kue sengkulun berbahan dasar dari tepung beras ketan dan kelapa parut. Agar menarik perhatian, adonan kue sengkulun diberi pewarna makanan alami. Si manis nan legit ini cocok juga dihidangkan untuk kudapan rame-rame. 

5. Kue ipau

5 Kudapan Lebar yang Cocok Dinikmati Rame-rame, Lupakan Pizza! instagram.com/bundalove_rifqiraihan

Selain bangkerok, apakah kamu juga baru mendengar nama kue ipau? Kudapan lebar dengan cita rasa gurih ini merupakan kue alkuturasi dari budaya Arab dan populer di Banjarmasin.

Lapisan kue ipau berbahan dasar dari tepung dan telur. Sedangkan untuk isi, kue ipau mengandalkan lezatnya tumis daging cincang dan sayuran seperti wortel dan kentang. Bila dideskripsikan secara singkat, kue ipau ini seperti lassagna.

Itulah tadi lima kudapan lebar yang bisa dinikmati rame-rame bareng keluarga maupun teman. Gak melulu pizza, kan? Dari yang memiliki rasa gurih hingga manis, semuanya ada dan cukup memanjakan lidah. Kira-kira, tertarik menghidangkan kudapan lebar yang mana nih?

Baca Juga: 7 Camilan Khas Indonesia yang Mengadaptasi Kudapan asal Belanda

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya