Comscore Tracker

8 Kudapan Lokal dari Pisang yang Bikin Liburanmu Jadi Menyenangkan 

Mau yang basah atau kering, semuanya ada! #LokalIDN

Punya waktu luang banyak saat liburan menyapa, asyik banget pasti jika bisa memanfaatkannya dengan melakukan bermacam kegiatan menarik. Salah satunya yakni membuat kudapan sendiri di rumah.

Digadang-gadang sebagai buah multifungsi, pisang dapat dipilih sebagai bahan dasar untuk membuat kudapan. Gak tanggung-tanggung, rekomendasi kudapan lokal berbahan pisang cukup banyak, lho!

Yuk, luangkan waktu libur panjang kalian untuk membuat delapan kudapan berikut ini. Mau kudapan basah atau kering, semuanya ada!

1. Pisang coe

8 Kudapan Lokal dari Pisang yang Bikin Liburanmu Jadi Menyenangkan instagram.com/titien_smandu_93

Pisang coe populer di Maluku Utara sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Kudapan ini mempertemukan pisang yang telah dilembutkan dengan telur, tepung terigu, dan susu. Bagian atas pisang coe memiliki topping terbuat dari santan. Kudapan legit ini dimasak dengan cara dikukus.

2. Pisang luan

8 Kudapan Lokal dari Pisang yang Bikin Liburanmu Jadi Menyenangkan instagram.com/masakyuuuuuk

Pisang luan berasal dari Malaka, Nusa Tenggara Timur. Kudapan berbahan pisang ini terbilang berbeda. Pasalnya, bukan gula merah atau susu sebagai pelengkapnya, melainkan sambal tomat yang mempunyai rasa asam.

Keunikan pisang luan tak berhenti di situ saja! Pisang yang hendak disajikan untuk membuat kudapan ini direbus setengah matang. Tertarik mencoba?

3. Pisang rai

8 Kudapan Lokal dari Pisang yang Bikin Liburanmu Jadi Menyenangkan instagram.com/pisangrai.topsun

Pisang rai dibuat dengan cara mencelupkan pisang ke adonan yang terbuat dari tepung beras dan pasta pandan. Kudapan asal Bali ini disajikan di atas piring dengan topping dari kelapa parut yang telah dikukus serta gula merah cair.

4. Pisang gapit

8 Kudapan Lokal dari Pisang yang Bikin Liburanmu Jadi Menyenangkan instagram.com/gk_dapur

Kudapan pilihan masyarakat Balikpapan ini mempertemukan pisang dengan saus yang terbuat dari gula merah, santan, dan tepung maizena. Sebelum disajikan bersama, pisang digeprek atau dipipihkan, kemudian dipanggang.

Pisang gapit dapat diberi tambahan topping juga, lho! Bisa meses atau keju, sesuaikan dengan selera kalian!

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Wijen, Krispinya Spesial Banget

5. Pisang kapik

8 Kudapan Lokal dari Pisang yang Bikin Liburanmu Jadi Menyenangkan instagram.com/dapua.kito

Pisang kapik juga dibuat dengan cara dipipihkan. Hanya saja, pisang dipipihkan dengan alat penjepit sekaligus pemanggang di atas api. Usai pisang matang dan berubah kecokelatan, pisang kapik disajikan dengan topping berupa kelapa parut yang telah dimasak bersama gula merah.

6. Pempek pisang

8 Kudapan Lokal dari Pisang yang Bikin Liburanmu Jadi Menyenangkan instagram.com/khedirafoods

Selain pempek terbuat dari ikan, Palembang juga punya pempek berbahan dasar pisang lho! Pempek pisang tak lain adalah cekodok. Kuliner terbuat dari pisang dan tepung terigu yang cukup populer di Sumatera.

7. Pisang goreng mulut bebek

8 Kudapan Lokal dari Pisang yang Bikin Liburanmu Jadi Menyenangkan instagram.com/mama_eyi

Sambal colo-colo tak hanya nikmat disandingkan dengan ikan bakar. Di Ternate, sambal colo-colo dijodohkan dengan pisang goreng. Pisang goreng di sini, menyerupai keripik pisang berukuran panjang dan tipis.

Karena nampak seperti moncong bebek, kudapan ini mendapatkan namanya. Tidak hanya sambal colo-colo, pisang goreng mulut bebek terkadang disajikan pula bersama ikan teri dan kacang goreng.

8. Pisang goroho

8 Kudapan Lokal dari Pisang yang Bikin Liburanmu Jadi Menyenangkan instagram.com/dapurmamidei

Hampir sama dengan sebelumnya, pisang goroho juga dicolekkan ke sambal. Bedanya, pisang goroho digoreng dengan tepung dan sedikit bertekstur, meski diiris tipis. Pendamping pisang goroho tak lain adalah sambal roa.

Wah, semuanya bikin ngiler ya! Liburan nanti, kalian mau memanjakan lidah dengan kudapan berbahan pisang yang mana?  Tentukan pilihan kalian sekarang dan jangan lupa untuk mempraktikkannya.

Baca Juga: Resep Lumpia Pisang Nutella ala Yummy yang Renyah dan Lembut Banget

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya