Comscore Tracker

6 Kuliner Underatted di Pulau Jawa, Sederhana namun Memikat Lidah!

Harus coba minimal sekali seumur hidup! #LokalIDN

Pulau Jawa punya bermacam-macam kuliner yang hampir semuanya dapat dikualifikasikan berdasarkan kebutuhan. Kepengin makan kuliner berbahan daging dan berkuah santan, ada soto betawi yang siap menghibur lidah. Kepengin sate? Ada sate buntel, sate landak, atau sate maranggi yang dapat dipilih.

Karena beragam, terdapat enam kuliner di Pulau Jawa yang masuk dalam kategori underrated, padahal enak walaupun dikemas dengan bahan sederhana serta harga yang terjangkau.

Apakah kamu pernah mencicipi kenikmatannya?

1. Nasi sumsum

6 Kuliner Underatted di Pulau Jawa, Sederhana namun Memikat Lidah!instagram.com/nasisumsumibunia

Berbungkus daun pisang, nasi sumsum sekilas mirip nasi bakar namun tak kalah enak. Menjadi makanan khas Banten, kuliner nan gurih dan sedikit pedas ini menggabungkan antara nasi serta sumsum yang dimasak bersama bumbu.

Setelah nasi sumsum dibungkus daun, kemudian dibakar di atas bara api hingga daun pisang nampak layu, dan biarkan aroma sedap berlari-larian. Kisaran harga nasi sumsum juga cukup terjangkau, antara Rp10-15 ribu per bungkus.

2. Bubur ase

6 Kuliner Underatted di Pulau Jawa, Sederhana namun Memikat Lidah!instagram.com/dapoeroecoe

Tak hanya underrated, keberadaan bubur ase terbilang langka lho! Kuliner khas Betawi ini berupa bubur nasi.

Bukan suwiran daging ayam, kacang kedelai goreng, dan irisan cahkwe yang jadi pelengkapnya! Sesuai dengan nama, bubur ase mempertemukan asinan (tauge, sawi dan timun) dan semur. Semur yang ditawarkan pun beragam seperti telur, kentang, dan daging. Semuanya dapat ditentukan oleh selera penikmatnya.

Memiliki rasa manis dan gurih, bubur ase dilengkapi juga oleh renyahnya emping serta kerupuk merah muda. Seporsi bubur ase dihargai sekitar Rp15 ribu.

3. Sate cungkring

6 Kuliner Underatted di Pulau Jawa, Sederhana namun Memikat Lidah!instagram.com/nana.dis

Memang bukan daging, tapi kenikmatan sate cungkring bikin lidah kecanduan! Sate cungkring merupakan makanan underrated yang ada di wilayah Bogor. Kuliner ini berbahan utama potongan kikil sapi.

Bertekstur kenyal, sate kikil makin nikmat mana kala dipertemukan dengan bumbunya yang terbuat dari kacang dan rempah-rempah.

Untuk menikmati lezatnya sate cungkring, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp10-15 ribu, sudah termasuk dengan lontong.

Baca Juga: 10 Makanan Indonesia Ini Ternyata Mirip Kuliner Jepang, Suka Mana?

4. Nasi penggel

6 Kuliner Underatted di Pulau Jawa, Sederhana namun Memikat Lidah!instagram.com/nellyrokhim

Bola-bola nasi dengan guyuran sayur berkuah, identik sekali dengan nasi penggel yang merupakan kuliner underrated berasal dari Kebumen. Komposisi dari nasi penggel terdiri dari sayur nangka, daun singkong, tempe, tahu, dan lauk tambahan.

Cukup sedehana memang, namun gurihnya nasi penggel cukup bikin perut kenyang. Apalagi bila kamu menambahkan lauk berupa babat, kikil, atau jeroan ke dalam nasi penggel. Kenikmatannya bertambah dan bikin kamu betah mengunyah. 

Nasi penggel dihargai sekitar Rp15 ribu. Harga dapat berubah jika kamu menambahkan lauk yang berbeda.

5. Sego koyor

6 Kuliner Underatted di Pulau Jawa, Sederhana namun Memikat Lidah!instagram.com/makangenic

Pelesiran ke Yogyakarta pada malam hari, jangan hanya memburu nasi kucing dan kopi jos saja! Jajal kenikmatan dari sego koyor yang rasa pedas serta gurihnya mengepung ke seluruh ruang mulut.

Sego koyor tak lain adalah kuliner berupa nasi yang dijodohkan dengan koyor atau urat sapi berkuah santan. Sepiring sego koyor yang lezatnya sering diremehkan orang, dihargai sekitar Rp15-25 ribu.

6. Wader goreng

6 Kuliner Underatted di Pulau Jawa, Sederhana namun Memikat Lidah!instagram.com/yanidwi_l

Ikan wader memang berukuran mungil dan merupakan ikan air tawar yang sering dijumpai di sungai-sungai. Walaupun begitu, kenikmatannya tidak boleh diragukan! Kuliner ikan wader mudah dijumpai di berbagai daerah di Jawa Timur, seperti Mojokerto dan Blitar.

Disajikan bersama nasi putih hangat, lalapan, dan sambal, renyahnya ikan wader saat gigitan pertama bikin kamu ketagihan mengunyah dan ingin menikmatinya lagi dan lagi. Di daerah asalnya, sego wader dihargai sekitar Rp10-15 ribu.

Itulah tadi enam kuliner underrated yang ada di Pulau Jawa. Di balik kesederhanaan kuliner underrated yang telah disebutkan tadi, menyuguhkan kenikmatan yang berbeda dan memberi pengalaman kulineran tak terlupakan.

Mana saja nih, kuliner underrated di atas yang pernah berlabuh di lidahmu?

Baca Juga: 7 Makanan Olahan Tahu yang Populer di Indonesia, Mana Favoritmu?

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya