Comscore Tracker

7 Manfaat Konsumsi Ikan Herring yang Masih Satu Keluarga dengan Sarden

Si ikan bule yang populer di Amerika dan Eropa

Ikan laut yang sering dikonsumsi oleh orang barat ini ternyata masih satu keluarga lho dengan sarden. Ya, ikan herring dan sarden termasuk dalam keluarga Clupeidae. Sering dijadikan pula sebagai bahan utama ikan kaleng, ikan herring memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh lho!

Yang paling menonjol ialah dapat membantu menurunkan risiko kardiovaskular yang menyebabkan munculnya penyakit jahat seperti jantung hingga stroke.

Gak cuma itu saja, berikut ini tujuh manfaat mengonsumsi ikan herring yang dikutip melalui laman Nutrition Advance.

1. Dapat membantu menurunkan demam dan rasa nyeri

7 Manfaat Konsumsi Ikan Herring yang Masih Satu Keluarga dengan Sardenwonderside.net

Ikan herring memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi sehingga tidak hanya membantu menurunkan risiko kardiovaskular saja, tapi juga dapat membantu menurunkan demam dan meredakan rasa nyeri.

Buat kamu yang mudah banget sakit kepala atau bagi wanita yang sering mengalami nyeri pada saat datang bulan, mengonsumsi ikan herring bisa jadi solusi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7 Manfaat Konsumsi Ikan Herring yang Masih Satu Keluarga dengan Sardenamsterdamwonderland.com

Vitamin E dan selenium, dua antioksidan penting yang terkandung pada ikan herring dan memiliki peran dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika kamu mulai merasa tidak enak badan dan tidak mau terlanjur jadi sakit, mengonsumsi ikan herring sebagai lauk pauk bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga kesehatan tulang dan meminimalisir keropos tulang

7 Manfaat Konsumsi Ikan Herring yang Masih Satu Keluarga dengan Sardenthefishsociety.co.uk

Dikutip melalui laman Healthline, kekurangan vitamin D akan mempengaruhi kesehatan tubuh yang salah satunya adalah kesehatan tulang dan keropos tulang.

Nah, buat kamu yang mulai beraktivitas sebelum matahari terbit dan jarang terpapar sinar matahari pagi, ada baiknya mengonsumsi ikan herring karena ikan ini memiliki kandungan vitamin D3 yang tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh tapi juga menjaga kesehatan tulang dan meminimalisir terjadinya keropos tulang.

Baca Juga: Resep Mengolah Ikan Sarden, Dijamin Bikin Kalap Dibanding di Kalengan!

4. Melindungi tubuh dari virus dan bakteri

7 Manfaat Konsumsi Ikan Herring yang Masih Satu Keluarga dengan Sardenthejewishkitchen.com

Membantu memperbaiki sel dan membuat sel baru adalah salah satu peran penting protein. Ikan herring kaya akan kandungan protein. Pada ikan herring fillet dengan berat sekitar 184 gram terdapat 33 gram protein berkualitas tinggi.

Itulah sebabnya kenapa kandungan protein pada ikan herring dapat melindungi tubuh dari virus dan bakteri sehingga meminimalisir tubuh kamu terserang penyakit.

5. Menurunkan tekanan darah

7 Manfaat Konsumsi Ikan Herring yang Masih Satu Keluarga dengan Sardenblinker.de

Penyakit jantung dan ginjal adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Penyakit tersebut muncul akibat darah yang mendorong dinding arteri secara konsisten terlalu tinggi. 

Selain mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, ikan herring juga dapat menurunkan tekanan darah karena ikan yang dapat diolah menjadi hidangan apa saja ini punya efek meningkatkan nitrit oksida.

6. Menjaga kesehatan sistem saraf

7 Manfaat Konsumsi Ikan Herring yang Masih Satu Keluarga dengan Sardenid.pinterest.com

Kamu sering mengalami kesemutan atau kram otot? Bisa jadi karena disebabkan kekurangan vitamin B12. Ikan herring mengandung vitamin B12 yang tinggi, yang mana per 184 gram fillet ikan herring memberikan sekitar 419% dari RDI untuk vitamin.

Vitamin B12 sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh yang salah satunya adalah menjaga kesehatan sistem saraf. Ketika kita kekurangan pasokan vitamin B12, sensasi seperti mati rasa atau kesemutan mudah menyerang anggota tubuh karena sel-sel saraf tidak dapat berfungsi dengan baik.

7. Meningkatkan memori

7 Manfaat Konsumsi Ikan Herring yang Masih Satu Keluarga dengan Sardenthefishsociety.co.uk

Kandungan omega-3 pada ikan herring juga dapat mencegah demensia, sehingga dapat mengoptimalkan otak dan meningkatkan daya ingat. Dianjurkan sekali anak-anak mengonsumsi ikan herring karena dapat meningkatkan memori yang membantu mereka mudah menangkap materi selama belajar di sekolah.

Nah, itulah tadi tujuh manfaat mengonsumsi ikan herring. Di Belanda, ikan herring terkenal sebagai street food yang disajikan secara mentah dengan taburan bawang dan acar. Sedangkan di Swedia, ikan ini menjadi bahan utama makanan kaleng yaitu surströmming yang memiliki aroma luar biasa tajam menusuk hidung.

Nah, itu dia manfaat konsumsi ikan herring yang masih satu keluarga dengan sarden. Mau diolah apapun, ikan herring tetap banyak manfaat bagi tubuh. Di Indonesia, ikan ini banyak dijual di supermarket atau e-commerce. Yuk, mulai rajin mengonsumsi ikan herring!

Baca Juga: Pencinta Sashimi Waspada, Ini 7 Risiko Kesehatan Memakan Ikan Mentah

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya