Comscore Tracker

Dihindari, padahal Kaya Nutrisi! 5 Manfaat Hati Ayam bagi Kesehatan

Termasuk superfood, lho

Tak sedikit orang yang menolak hidangan dari hati ayam karena dianggap tidak menyehatkan. Padahal, selama pengolahannya benar, hati ayam mengandung nutrisi tinggi dan rendah kalori, lho.

Dari laman Healthline, hati ayam dikenal sebagai superfood yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, tembaga, kolina, folat, niasin, riboflavin, protein, kalori, dan karbohidrat.

Setelah mengetahui nutrisi yang dimiliki oleh hati ayam, yuk, kita lihat manfaat hati ayam bagi kesehatan yang dilansir dari WebMD dan Healthline.

1. Sumber protein yang baik untuk tubuh 

Dihindari, padahal Kaya Nutrisi! 5 Manfaat Hati Ayam bagi Kesehatanlicious.in

Protein diperlukan untuk membuat dan memperbaiki sel tubuh manusia. Selain itu, protein juga bisa mengubah makanan menjadi energi. Tau, gak, jika seperempat hati ayam atau sapi itu terdiri dari protein, lho.

Selain mempunyai kandungan protein berkualitas tinggi, hati juga mampu menyediakan asam amino esensial. Nah, asam amino inilah yang menyusun protein. Beberapa asam amino memang diproduksi dalam tubuh, tapi ada juga asam amino esensial yang hanya ada di makanan seperti hati ini.

2. Menurunkan berat badan 

Dihindari, padahal Kaya Nutrisi! 5 Manfaat Hati Ayam bagi Kesehatankomonews.com

Kandungan protein pada hati ayam juga bisa mendukung tubuh menurunkan berat badan karena bisa mengurangi nafsu makan dan lapar. Sesuai jurnal ilmiah Clinical Trial tahun 1996, protein terbukti bisa menahan rasa lapar lebih baik jika dibandingkan karbohidrat atau lemak.

Namun, ingat, hati ayamnya jangan digoreng, ya. Itu karena hati ayam goreng memiliki kandungan 180 kalori, lemak tinggi, dan natrium tinggi yang tidak baik untuk berat badan serta jantungmu jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga: Tak Melulu Buruk, Ini 5 Manfaat Makan Makanan Manis bagi Kesehatan

3. Memperbanyak sel darah merah

Dihindari, padahal Kaya Nutrisi! 5 Manfaat Hati Ayam bagi Kesehatanmydr.com.au

Sel darah merah diproduksi oleh tubuh dengan mengandalkan zat besi dan vitamin yang bermanfaat untuk mengangkut oksigen dan mencegah anemia. Dengan kandungan zat besi dan vitamin B12 yang tinggi, hati ayam dapat mendukung tubuh memproduksi sel darah merah berkualitas.

4. Menjaga kesehatan mata 

Dihindari, padahal Kaya Nutrisi! 5 Manfaat Hati Ayam bagi Kesehataneconomictimes.com

Kandungan vitamin A yang tinggi pada hati ayam bisa menjaga kesehatan mata. Dilansir National Eye Institute, antioksidan tinggi, seperti vitamin A dan zink, bisa memperlambat degenerasi mata hingga 25 persen, lho. Karena itu, jika kamu sering menatap layar komputer atau televisi, tidak ada salahnya rutin mengonsumsi hati ayam, ya.

5. Merawat kesehatan organ dalam 

Dihindari, padahal Kaya Nutrisi! 5 Manfaat Hati Ayam bagi Kesehatansouthtampapsychiatry.com

Julukan superfood memang sangat pantas diberikan pada hati ayam. Kandungan nutrisi seperti riboflavin atau vitamin B2 yang tinggi dapat mendukung tubuh merawat kesehatan organ dalam. Selain itu, vitamin B12 pada hati ayam juga membuat otak bekerja lebih baik.

Oh, ya, meskipun hati ayam itu baik untuk tubuh, kandungan vitamin A yang tinggi ternyata berbahaya untuk ibu hamil. Di samping itu, kita juga perlu memperhatikan cara penyimpanannya, lho. Kalau salah atau kurang tepat, bisa-bisa bakteri seperti campylobacters tumbuh subur dalam hati ayam sehingga menyebabkan keracunan makanan atau infeksi.

Baca Juga: 7 Resep Masakan Hati Ayam yang Simpel dan Gak Pahit, Rasanya Legit!

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya