Comscore Tracker

5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!

Bahannya bukan dari kacang, lho

Chui kao so adalah salah satu camilan khas Medan yang kian populer di Indonesia. Ternyata, kue kecil bulat ini aslinya berasal dari Tiongkok. Berbahan tepung telur dan gula, chui kao so ternyata memiliki rasa kacang gurih dan renyah di dalam.

Sebelum mencicipi kue yang satu ini, yuk cari tahu terlebih dahulu 5 fakta chui kao so di bawah ini.

1. Chui kao so salah satu seserahan dalam proses sangjit

5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!Ilustrasi chui kao so (instagram.com/lina_dharmaputra)

Pada awalnya chui kao so merupakan kue khas Tiongkok yang sering dipakai dalam acara sangjit. Sangjit adalah acara pertunangan khas Tiongkok, dimana calon pengantin pria membawakan seserahan aneka rupa kepada pengantin wanita. Salah satu yang ada dalam seserahan atau hantaran itu adalah kue chui kao so ini.

2. Tak ada kacang dalam bahannya

5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!Ilustrasi chui kao so (instagram.com/debby_ariesthea)

Chui kao so sering disebut kue kacang, karena rasa kacangnya yang gurih dan renyah. Namun pada kenyataannya, membuat chui kao so sama sekali tidak menggunakan kacang.

Bahannya sangat mudah, yaitu telur, tepung, gula, minyak sayur, gula, dan garam. Menggunakan minyak sayur dalam adonan chui kao so ternyata mempengaruhi rasa gurih kue ini, lho.

Baca Juga: 5 Ragam Kue Kacang untuk Teman Tea Time yang Legit

3. Bentuknya bulat dengan taburan wijen

5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!Ilustrasi chui kao so (instagram.com/fei_cooking)

Kue chui kao so memiliki bentuk bulat. Tidak menggunakan cetakan, kue ini dibuat dengan menekan adonan memakai tangan atau bagian bawah gelas hingga pipih.

Bentuk chui kao so tidak bisa membulat sempurna, sekilas seperti bunga yang mekar. Taburan wijen senantiasa menghiasi bagian atas kue ini. Taburan wijen hitam putih itulah yang menjadi salah satu ciri khas kue asal Tiongkok ini.

4. Rasanya renyah dan mudah dibuat siapa saja

5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!Ilustrasi chui kao so (instagram.com/mus_cook)

Kue kering selalu identik dengan tekturnya yang renyah, begitu juga chui kao so. Pembuatan dan bahannya cukup mudah, sehingga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Membuat chui kao so dimulai dari mencampur semua bahannya hingga kalis, lalu mulai mencetaknya dengan tangan atau gelas. Setelah itu ditaburi wijen, tak lupa olesan telur yang membuatnya berkilau. Lalu dipanggang hingga matang.

5. Kini chui kao so jadi camilan khas di Medan

5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!Ilustrasi chui kao so (instagram.com/eviwanq)

Berasal dari Tiongkok, kini chui kao so menjadi salah satu camilan khas Medan yang populer. Chui kao so sering menjadi suguhan diatas meja masyarakat Medan.

Lebaran, Natal, Imlek atau acara spesial lainnya, kue kering bertabur wijen ini selalu ada dan jadi favorit masyarakat Medan. Kini popularitas chui kao so semakin meningkat. Banyak orang dari seluruh Indonesia yang mulai mengenal dan jatuh cinta dengan kue kering ini.

Buat kamu yang ingin belajar membuat kue, chui kao so bisa kamu coba karena bahan dan cara membuatnya mudah. Daripada penasaran, yuk bikin sendiri di rumah!

Baca Juga: 5 Kreasi Kue Lembut Berlapis Selai Kacang untuk Ide Camilan Sore

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya