Comscore Tracker

5 Fakta Rujak Bulung, Kuliner Pedas Gurih Khas Pulau Bali

Rasanya unik dan autentik!

Rujak yang biasa kita lihat biasanya terbuat dari buah-buahan. Namun di Bali, ada rujak unik yang terbuat dari rumput laut.

Rujak unik ini bernama rujak bulung. Rujak ini juga ckup populer di kalangan wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke Bali, lho.

Rujak bulung menawarkan sensasi kenyal dari tekstur rumput laut yang berpadu dengan pedas gurih bumbu pindang.

Sebelum mencicipinya, yuk simak 5 fakta rujak bulung di bawah ini.

1. Rumput laut jadi bahan dasar pembuatannya

5 Fakta Rujak Bulung, Kuliner Pedas Gurih Khas Pulau Balirujak bulung (instagram.com/warung_men_gege)

Tak seperti rujak pada umumnya yang terbuat dari sayur atau buah-buahan, rujak bulung menggunakan rumput laut sebagai bahan dasarnya.

Rumput laut merupakan hasil laut Bali yang banyak dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk dijadikan olahan makanan yang lezat.

Salah satunya adalah rujak bulung. Rumput laut yang digunakan untuk membuat kudapan Bali ini adalah bulung boni. Bentuknya menyerupai ranting dengan warna hijau menyala. Saat dimasak bulung boni akan terasa kenyal.

2. Disajikan bersama kuah pindang

5 Fakta Rujak Bulung, Kuliner Pedas Gurih Khas Pulau Balirujak bulung (instagram.com/balinese.localfood)

Bukan sambal biasa, bumbu dari rujak bulung terbuat dari kuah pindang. Selain kuah pindang, ada cabai rawit, parutan kelapa bakar, dan lengkuas yang membuat rujak khas Bali ini semakin nikmat.

Di Bali, rujak bulung juga sering disajikan bersama ketupat dan sering disebut tipat bulung. Rujak bulung sangat pas dimakan saat siang hari.

Baca Juga: 5 Tempat Rujak Kuah Pindang Lezat di Bali, Gurihnya Nagih!

3. Hanya ada di Bali

5 Fakta Rujak Bulung, Kuliner Pedas Gurih Khas Pulau Balirujak bulung (instagram.com/yuliaipe)

Rujak bulung dapat ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional Bali. Sebenarnya, kuliner pedas gurih ini berasal dari Jembrana, Bali, tepatnya di sekitar Pantai Serangan. Cukup murah, seporsi rujak bulung biasa dijual dengan harga Rp6 ribu hingga Rp8 ribu.

4. Selain lezat, rujak bulung memiliki manfaat yang menyehatkan tubuh

5 Fakta Rujak Bulung, Kuliner Pedas Gurih Khas Pulau Balirujak bulung (instagram.com/kitchennyds)

Terkenal akan rasanya yang lezat, ternyata rujak bulung juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena rujak terbuat dari rumput laut.

Rujak bulung dipercaya memiliki manfaat mencegah osteoporosis, penuaan dini, darah tinggi, dan kanker. Meski memiliki manfaat yang banyak, sebaiknya juga tak berlebihan dalam mengonsumsi kuliner khas Bali ini.

5. Selalu jadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Bali

5 Fakta Rujak Bulung, Kuliner Pedas Gurih Khas Pulau Balirujak bulung (instagram.com/novie_koento)

Bagi wisatawan yang pernah mencoba rujak bulung, pasti ketagihan dan ingin menikmati lagi kuliner pedas ini. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun menyukainya.

Beberapa wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali tak lupa untuk mampir hanya untuk mencoba rujak khas satu ini. Hal yang membuat wisatawan asing menyukai rujak satu ini adalah karena keunikan rasa dan manfaat rumput laut yang tidak ingin mereka lewatkan.

Rasa unik dan autentik rujak bulung mampu memikat hati wisatawan lokal maupun asing. Jadi penasaran ingin mencobanya, kan?

Baca Juga: Resep Andalan Mudah Bikin Rujak Cingur Khas Surabaya, Enak Gak Ribet!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya