Comscore Tracker

6 Jenis Mooncake yang Populer di Dunia, Ada Snow Skin Mooncake!

Berbeda bentuk dan isiannya

Mooncake atau kue bulan merupakan kudapan tradisional dari China yang sudah mendunia. Dikenal lewat tradisi musim gugur, kue bulan mampu membuat jatuh cinta setiap orang dengan rasa dan juga bentuknya yang cantik.

Tak hanya satu macam, setiap daerah di China ternyata memiliki mooncake dengan beragam bentuk dan isian sendiri yang khas. Berikut 6 jenis mooncake atau kue bulan yang populer di dunia.

1. Snow skin mooncake

6 Jenis Mooncake yang Populer di Dunia, Ada Snow Skin Mooncake!snow skin mooncake (instagram.com/secret.jems)

Snow skin mooncake berasal dari Hongkong. Mooncake ini berbeda dari yang lainnya karena berwarna putih. Hal ini dikarenakan cara membuat snow skin mooncake yang tidak dipanggang. Mooncake khas Hongkong ini biasanya disimpan dalam kulkas dan disajikan dalam keadaan dingin. 

2. Yunnan mooncake

6 Jenis Mooncake yang Populer di Dunia, Ada Snow Skin Mooncake!yunnan mooncake (instagram.com/wangkitchen_83)

Seperti namanya, mooncake satu ini berasal dari daerah Yunnan, China. Hal yang menarik dari jenis kue bulan satu ini adalah isian yang berupa daging ataupun aneka bunga. Tak seperti kue bulan lainnya, yunnan mooncake ini memiliki bentuk bulat tanpa motif apapun. 

3. Chaoshan mooncake

6 Jenis Mooncake yang Populer di Dunia, Ada Snow Skin Mooncake!chaoshan mooncake (instagram.com/missgeok)

Chaoshan mooncake memiliki bentuk bulat dengan tekstur garis melingkar diatasnya. Isiannya juga sangat khas, yaitu kacang hijau, kacang hitam, atau pasta kentang. Ukuran dari chaoshan mooncake juga lebih besar bila dibandingkan kue bulan lainnya. Saat ini banyak yang mengkreasikan kue bulan ini dengan beragam warna yang cantik. 

Baca Juga: Bikin Nagih, 5 Kuliner khas Hongkong yang Pas Dijadikan Menu Sarapan

4. Suzhou mooncake

6 Jenis Mooncake yang Populer di Dunia, Ada Snow Skin Mooncake!suzhou mooncake (instagram.com/itmiss.t

Suzhou mooncake disebut sebagai kue bulan yang tertua karena diperkirakan sudah berusia lebih dari seribu tahun, ljo. Kue bulan ini disebut sebagai cikal bakal bakpia di Indonesia. Teksturnya renyah diluar dan rasanya manis gurih karena diisi dengan gula. 

5. Beijing mooncake

6 Jenis Mooncake yang Populer di Dunia, Ada Snow Skin Mooncake!beijing mooncake (instagram.com/llongstagram)

Beijing mooncake punya ciri khas tersendiri yaitu terdapat garis merah atau pola gambar geometri di atas kuenya. Bentuknya bulat dan teksturnya cukup lembut. Kue bulan ini memiliki isian yang segar, seperti buah jeruk dan persik. 

6. Cantonese mooncake

6 Jenis Mooncake yang Populer di Dunia, Ada Snow Skin Mooncake!Mooncake (instagram.com/_foodies101_)

Cantonese mooncake salah satu yang populer di dunia. Bentuknya ada yang bulat atau persegi dengan motif tulisan mandarin di atasnya. Kue bulan ini memiliki isian gurih dengan kuning telur utuh didalamnya. 

Meski berbeda bentuk dan isian, keenam emua jenis mooncake atau kue bulan di atas sangat lezat dan cocok dijadikan kudapan dirumah, lho. Dari keenamnya, mana yang jadi favoritmu, nih?

Baca Juga: 10 Varian Kue Bulan Paling Laris untuk Menyambut Mid-Autumn Festival

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya