Comscore Tracker

5 Fakta Kue Lapis Maksuba, Kudapan Legit Istimewa dari Palembang

Rasanya legitnya bikin kangen! #LokalIDN

Saat di Palembang, bukan hanya pempek yang harus dicoba, melainkan ada kue lapis maksuba. Kudapan tradisional Palembang ini punya rasa legit dan istimewa. Tak hanya rasanya yang istimewa, ternyata kue maksuba memiliki makna mendalam bagi masyarakat Palembang. 

Selain itu pembuatannya pun memerlukan ketelitian serta kesabaran karena untuk membuat kue lapis ini butuh waktu yang cukup lama. Ingin tahu lebih banyak tentang kue maksuba khas Palembang? Yuk simak beberapa faktanya di bawah ini. 

1. Kue maksuba kebanggaan masyarakat Palembang

5 Fakta Kue Lapis Maksuba, Kudapan Legit Istimewa dari PalembangKue maksuba (twitter.com/Febrian39979329)

Kue maksuba atau lapis maksuba merupakan camilan manis yang terbuat dari susu, mentega, telur, gula, dan vanili. Sekilas kue maksuba mirip lapis legit tapi tekstur kudapan khas Palembang ini lebih basah. 

Kue maksuba juga sering disebut lapis susu karena rasa susu yang kuat di dalamnya. Banyak pula yang menyebutnya kue lapis puan. 

2. Dulu hanya bisa dibuat oleh beberapa orang

5 Fakta Kue Lapis Maksuba, Kudapan Legit Istimewa dari PalembangKue maksuba (instagram.com/pempekmama)

Dikutip dari indonesia.go.id, dulunya maksuba hanya bisa dibuat oleh seorang panggong. Panggong merupakan koki atau juru masak tradisional Palembang. Seorang panggong biasanya memiliki keahlian dalam membuat kue maksuba yang diwariskan oleh keluarganya.

Dulu maksuba juga masih dimasak dengan cara tradisional yaitu menggunakan tungku kayu bakar. Kini kue maksuba bisa dibuat siapa saja bahkan di rumah sekalipun. 

Baca Juga: 6 Jenis Kue Lapis Khas Nusantara yang Nikmat, Cocok buat Oleh-oleh!

3. Kue maksuba sangat spesial

5 Fakta Kue Lapis Maksuba, Kudapan Legit Istimewa dari PalembangKue maksuba (twitter.com/FOODFESS2)

Kue maksuba sangat istimewa bagi masyarakat Palembang karena kue lapis ini banyak dihidangkan saat perayaan keagamaan maupun acara sakral seperti pernikahan. Umumnya kue maksuba menjadi hantaran dari calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita. 

Bagi masyarakat Palembang, tradisi memberikan kue maksuba saat lebaran kepada orangtua merupakan salah satu simbol penghormatan anak kepada orangtuanya.

4. Harganya cukup mahal

5 Fakta Kue Lapis Maksuba, Kudapan Legit Istimewa dari PalembangKue maksuba (twitter.com/itikkecil)

Berbeda dari lainnya, maksuba dibuat dari telur bebek. Telur bebek dipilih karena membuat rasa kue maksuba menjadi lebih legit dan lezat. Namun kini banyak pula yang menggunakan telur ayam dalam membuat kue lapis ini.

Dalam membuat satu loyang kue, membutuhkan sekitar 30 butir telur bebek. Tak heran harga kue maksuba ini cukup mahal. Biasanya kue ini dibanderol  dengan harga Rp200.000 - 350.000,. 

5. Proses memasaknya cukup lama

5 Fakta Kue Lapis Maksuba, Kudapan Legit Istimewa dari PalembangKue maksuba (instagram.com/ummi_cake_cookies)

Sama seperti lapis legit yang memiliki proses masak yang lama, kue maksuba juga membutuhkan waktu 3-8 jam untuk matang, tergantung banyaknya lapidsn yang ada di dalam kue.

Pembuatan kue maksuba mirip dengan kue lapis pada umumnya yaitu dengan menuang adonan satu per satu ke dalam loyang hingga membentuk beberapa layer di dalam loyang. 

Sering dijadikan kudapan teman minum teh dan kopi, kue lapis maksuba juga banyak jadi buah tangan para pelancong yang berkunjung ke Bumi Sriwijaya tersebut. Rasanya bisa bikin kangen, jadi jangan sampai kalap saat mencicipi kue lapis maksuba yang legit ini, ya.

Baca Juga: 5 Trivia Lapis Legit, Kue dengan Sejuta Kelezatan yang Diakui Dunia

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya