Comscore Tracker

5 Keunikan Sego Berkat, Nasi Komplit Bungkus Daun Jati Khas Wonogiri

Porsinya bikin auto kenyang dan rasanya pun lezat #LokalIDN

Sego berkat merupakan kuliner nasi khas Wonogiri yang semakin populer di era pandemi. Banyak penjual sego berkat menjajakkan nasi yang dibungkus dengan daun jati ini di pinggir jalan. Harganya yang murah serta isian lauk dan sayur komplit dengan rasa yang lezat, membuat sego berkat kian diminati.

Siapa nih yang belum pernah mencoba kuliner populer di Jawa Tengah ini? Simak dulu lima serba-serbi sego berkat atau nasi berkat yang komplit banget isiannya di bawah ini.

1. Sejarah sego berkat

5 Keunikan Sego Berkat, Nasi Komplit Bungkus Daun Jati Khas WonogiriSego berkat (instagram.com/soloterbaru)

Sego berkat atau nasi berkat merupakan hidangan nasi komplit yang dibungkus daun jati. Bisa ditemui saat hajatan terutama di daerah Wonogiri, Pacitan, Solo dan sekitarnya. Kini sego berkat kian populer dan diminati.

Mudah ditemukan, sego berkat banyak dijajakkan di pinggir jalan atau kedai makan. Masyarakat pun antusias menjadikan sego berkat ini sebagai menu sarapan atau makan siang. 

2. Isiannya komplit

5 Keunikan Sego Berkat, Nasi Komplit Bungkus Daun Jati Khas WonogiriSego berkat (instagram.com/gemarkulineran)

Sego berkat terkenal lengkap isiannya. Di dalam sebungkus sego berkat, ada nasi, bakmi, sambal goreng ati, kering tempe, serundeng, dan telur. Ada pula yang menambahkan oseng oseng kacang, tempe tahu bacem dan suwiran ayam. Komplit dan cukup mengenyangkan.

Harga sebungkus sego berkat biasanya dibanderol dari Rp5.000-10.000 saja, tergantung porsi dan isiannya. 

Baca Juga: Nasi Bakar Lezat dari Sisa Nasi, Cek 5 Langkah Membuatnya!

3. Identik dengan daun jati

5 Keunikan Sego Berkat, Nasi Komplit Bungkus Daun Jati Khas WonogiriSego berkat (instagram.com/gudegtresno)

Keunikan sego berkat lainnya adalah daun pembungkusnya yang berasal dari daun jati. Hal ini sudah ada sejak dulu dan dipertahankan hingga sekarang. Di Wonogiri, daun jati sangat mudah ditemukan di sana. Pemilihan daun jati sendiri bukan tanpa alasan. Sego berkat yang dibungkus daun jati muda, terasa lebih nikmat dan mantap saat disantap.

4. Memiliki nama lain nasi angsul -ngsul

5 Keunikan Sego Berkat, Nasi Komplit Bungkus Daun Jati Khas WonogiriSego berkat (instagram.com/jogjafooddestinations)

Sego berkat juga memiliki nama lain yaitu nasi angsul-angsul. Angsul sendiri berasal dari kata "wangsul" yang memiliki arti kembalian.

Saat hajatan usai, para tamu undangan biasanya akan dibawakan sego berkat atau nasi angsul-angsul oleh yang punya kerja. 

5. Kini juga dikemas dengan kemasan yang lebih modern

5 Keunikan Sego Berkat, Nasi Komplit Bungkus Daun Jati Khas WonogiriSego berkat (instagram.com/jo_dith)

Identik dengan bungkus daun jati, namun banyak juga sego berkat yang dibungkus daun pisang. Saat hajatan, sego berkat menggunakan besek dari bambu sebagai wadahnya. Di beberapa daerah ada pula yang menggunakan cething plastik atau wadah dari plastik sebagai tempat. 

Rasanya yang enak dan porsi mengenyangkan, tak heran membuat sego berkat banyak diminati masyarakat. Kamu sudah pernah coba belum? 

Baca Juga: 5 Wisata Pantai Ekstotis di Wonogiri, Asri dan Menenangkan

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya