Comscore Tracker

5 Olahan Tahu dari Berbagai Negara yang Bikin Makan Tambah Lahap 

Sajian gurih yang nikmat, nih

Tahu merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan ini terbuat dari endapan perasan biji kedelai.

Sebenarnya tahu berasal dari China dan sudah ada sejak 2.200 tahun lalu. Kemudian mulai menyebar ke berbagai negara karena diperkenalkan oleh para perantau dari China. Selanjutnya setiap negara mulai mengembangkan tahu yang disesuaikan dengan lidah masyarakatnya.

Tak heran, jika akhirnya banyak ditemukan berbagai macam olahan tahu yang lezat di banyak negara. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Tofuyo (Jepang)

5 Olahan Tahu dari Berbagai Negara yang Bikin Makan Tambah Lahap tofuyo khas Jepang (instagram.com/dr.may.lam)

Tofuyo merupakan olahan tahu yang berasal dari salah satu daerah di Jepang bernama Okinawa. Untuk membuat tofuyo tahu harus difementasikan terlebih dahulu dengan beras koji dan awamori yang merupakan minuman tradisional dari Okinawa.

Proses fermentasi tersebut menghasilkan tahu dengan tekstur dan rasa yang mirip seperti keju dengan aroma kuat dan menyengat yang berasal dari minuman awamori.

Tofuyo dapat dengan mudah ditemukan di restoran yang menyediakan makanan khas Okinawa. Biasanya makanan ini disajikan dalam porsi kecil sebagai pendamping minuman beralkohol.

2. Tofu paratha (India)

5 Olahan Tahu dari Berbagai Negara yang Bikin Makan Tambah Lahap Tofu paratha, India (instagram.com/sowmyaakumalla)

Kamu yang suka dengan makanan khas India pasti sudah tidak asing lagi dengan roti paratha. Selain menggunakan tepung gandum sebagai bahan dasarnya, ternyata makanan ini juga bisa dibuat dari tahu yang diberi nama tofu paratha.

Cara membuat tofu paratha tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mencampurkan tepung gandum dengan remahan tahu hingga menjadi adonan roti. Setelah masak, kamu dapat menambahkan berbagai macam topping yang disesuaikan dengan selera.

Baca Juga: 5 Kreasi Dubu ala Kuliner Korea, Mau yang Berkuah atau dengan Saus?

3. Dubu jorim (Korea)

5 Olahan Tahu dari Berbagai Negara yang Bikin Makan Tambah Lahap dubu jorim khas Korea (instagram.com/plantbasedartist)

Di Korea, tahu disebut sebagai dubu. Sebenarnya negara ini memiliki banyak olahan tahu dengan beragam bumbu rempah-rempah pedas, tapi yang paling populer adalah dubu jorim.

Sebagai gambaran, makanan ini memiliki tampilan mirip seperti tahu balado. Bedanya proses pengolahan dubu jorim lebih unik, yaitu tahu dimasak bersamaan dengan bumbu hingga kuahnya mengental dan bentuknya menyerupai pasta yang pedas.

Dubu jorim dapat dimakan langsung sebagai camilan atau dijadikan sebagai lauk dengan nasi putih supaya lebih mengenyangkan.

4. Stinky tofu (Taiwan)

5 Olahan Tahu dari Berbagai Negara yang Bikin Makan Tambah Lahap stinky tofu khas Taiwan (instagram.com/tpe.foodgasm)

Stinky tofu atau chou dou fu merupakan makanan khas Taiwan yang sangat terkenal. Sebelum diolah menjadi stinky tofu, tahu ini harus melalui proses fermentasi yang lebih lama dari tahu pada umumnya. Hal tersebut menjadikan tahu memiliki bau yang kurang sedap.

Ada beberapa cara pengolahan stinky tofu, yaitu dengan cara digoreng, direbus, atau dikukus. Kamu tak perlu khawatir soal aromanya, sebab jika diolah dengan tepat, maka aroma tak sedap dari tahu akan berkurang dan berganti dengan aroma yang unik.

Untuk menutupi aroma tidak sedap yang begitu kuat tersebut, biasanya stinky tofu disantap dengan saus cabai atau saus tiram. Makanan ini dapat dengan mudah kamu temukan di pasar malam atau di tepi jalan di Taiwan.

5. Tahu gejrot (Indonesia)

5 Olahan Tahu dari Berbagai Negara yang Bikin Makan Tambah Lahap tahu gejrot khas Indonesia (instagram.com/aboutcirebonfood)

Tak mau kalah dengan negara lain, Indonesia juga memiliki camilan tahu yang lezat, namanya tahu gejrot yang berasal dari daerah Cirebon. Makanan ini terdiri dari tahu yang sebelumnya sudah digoreng lalu dipotong kecil-kecil. Selanjutnya tahu gejrot disiram dengan kuah yang khas.

Bumbu-bumbu yang digunakan untuk melengkapi tahu gejrot agar rasanya semakin nikmat terdiri dari bawang merah, bawang putih, gula aren, cabai, kecap manis, dan cuka.

Siapa sangka jika ternyata banyak olahan tahu yang bisa kamu temukan di berbagai negara dengan cita rasa khasnya masing-masing. Kalau kamu sendiri, lebih suka olahan tahu yang mana dari kelima makanan di atas?

Baca Juga: 5 Kreasi Hidangan Jepang Menggunakan Tofu, Mudah dan Menggugah Selera 

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya