Comscore Tracker

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!

Ada tomat rasa kurma lho! #LokalIDN

Saat kita berlibur ke suatu daerah pasti rasanya tidak lengkap jika pulang tanpa membawa oleh-oleh. Apalagi jika kamu baru saja mengunjungi Semarang yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki banyak cindera mata khas yang tersohor dan tentunya tidak boleh kamu lewatkan.

Lantas, kira-kira apa saja ya oleh-oleh khas Semarang yang bisa kamu bawa pulang? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Wingko Babat

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!instagram.com/seleramode

Wingko babat merupakan salah satu jenis jajanan khas Semarang yang terbuat dari tepung ketan yang diberi campuran parutan kelapa muda. Rasanya gurih dan legit.

Saat ini wingko babat tersedia dalam berbagai varian rasa seperti cokelat, durian, pisang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wingko babat dapat dibeli di seluruh toko oleh-oleh di Semarang, pasar tradisional, dan para pedagang di pinggir jalan dengan harga Rp35.000 per pack.

2. Bandeng Presto

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!instagram.com/_herlina_ng

Sebagai salah satu kota penghasil ikan laut terbesar di Indonesia ternyata turut mempopulerkan bandeng presto sebagai makanan khas Semarang. Ikan bandeng yang telah diolah ini rasanya gurih dan lezat. Harga bandeng presto dibanderol mulai dari Rp60.000 hingga Rp75.000.

3. Lumpia

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!instagram.com/djohar.corner

Lumpia merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang yang paling populer. Bahkan, kamu dianggap belum ke Semarang jika belum membeli lumpia. Berbeda dengan lumpia dari daerah lain yang isiannya berupa sayuran dan telur, khusus lumpia asli Semarang isiannya menggunakan rebung.

Kamu bisa mendapatkan lumpia di toko oleh-oleh atau pedagang di pinggir jalan dengan harga mulai dari Rp15.000 per porsi.

4. Tahu Bakso

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!instagram.com/gallerymasakann

Sangat digemari oleh wisatawan lokal dan wisatawan dari daerah lain, oleh-oleh khas Semarang kali ini terdiri dari tahu yang di dalamnya diberi isian bakso. Ada dua jenis tahu bakso yang bisa menjadi pilihan, yaitu tahu bakso yang digoreng dan tahu bakso yang direbus. Harganya dibanderol mulai dari Rp15.000.

5. Kue Sarang Madu

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!instagram.com/instasarangmadu

Oleh-oleh khas Semarang kali ini memiliki bentuk yang sama seperti sarang tawon. Dibuat dari tepung beras, santan, dan gula merah. Kue sarang madu banyak dijumpai di desa Welahan. Harganya mulai dari Rp35.000 per plastik.

Baca Juga: 5 Objek Wisata Pantai di Semarang Ini Jarang Diketahui, Eksotis Semua!

6. Tumpi Semarang

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!instagram.com/peyek_murah

Di daerah lain tumpi disebut rempeyek. Bentuknya lebar menyerupai daun dan diberi taburan kacang hijau, teri, ataupun lotho. Rasanya gurih dan lezat. Harganya Rp55.000 per kilogram.

7. Torakur

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!instagram.com/choice_jellymilk

Torakur merupakan salah satu jenis manisan yang terbuat dari tomat dan kurma yang telah dikeringkan selama beberapa hari. Setelah kering, kedua bahan tersebut lalu diolah menjadi manisan yang lezat. Harganya mulai dari Rp17.000-Rp35.000 per kemasan.

8. Tahu Petis

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!instagram.com/akucintamakanansemarang

Sebenarnya tahu petis bisa ditemukan di daerah lain. Hanya saja tahu petis khas Semarang lebih spesial dengan adanya tambahan sayuran. Perpaduan tahu dan petisnya menciptakan rasa yang manis dan gurih. Harganya Rp5.000 per biji.

9. Kue Mochi

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!instagram.com/indosnacks123

Kue mochi memiliki tekstur yang lembut seperti permen karet. Di dalamnya terdapat berbagai isian yang sangat enak mulai dari kacang, wijen, gula merah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harganya Rp48.000 per 6 pcs.

10. Lontong Spekkoek Wiki

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Praktis Dibawa Pulang, Bikin Kalap!instagram.com/yuyun_andy

Lontong Spekkoek memiliki tekstur yang lembut. Kue ini terbuat dari tepung tapioka yang dipadukan dengan berbagai macam selai, seperti cokelat, blueberry, strawberry, keju, dan lain-lain. Harganya Rp20.000 per buah.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Semarang yang praktis untuk dibawa pulang. Sudah memutuskan ingin membeli yang mana?

Baca Juga: 5 Resep Makanan Khas Semarang yang Rasanya Lezat dan Bikin Ngiler!  

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya