Comscore Tracker

Bukannya Berenergi, 7 Menu Sarapan Ini Justru Menyebabkan Kantuk Lho!

Sebaiknya dihindari kalau aktivitasmu padat

Bagi sebagian besar orang, sarapan merupakan kegiatan wajib sebelum memulai aktivitas. Sarapan tentunya bertujuan untuk mengisi energi agar tubuh kuat menjalani kegiatan di hari tersebut. Karenanya, banyak orang memilih sarapan dengan menu yang kaya gizi dan sehat.

Namun, ada beberapa menu yang perlu diperhatikan dan sebaiknya dihindari ketika sarapan karena justru menyedot energi dan menimbulkan kantuk. Apa saja makanan-makanan tersebut? Simak berikut ini!

1. Roti bagel

Bukannya Berenergi, 7 Menu Sarapan Ini Justru Menyebabkan Kantuk Lho!newyorkbakeryco.com

Roti bagel merupakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Satu bagel bahkan memiliki takaran karbohidrat setara empat potong roti biasa.

Karbohidrat mungkin sumber energi terbaik, namun tidak dengan empty-carbs atau karbohidrat kosong pada bagel yang kekurangan serat dan protein. Dua nutrisi tersebut memiliki peran memperlambat proses pencernaan karbohidrat sehingga tubuh menyimpan energi lebih lama.

Roti bagel bukanlah menu yang pas untuk sarapan. Makanan satu ini akan membuatmu mengantuk dan lesu. Sebab energi dari karbohidrat cepat dicerna oleh tubuh.

2. Flavored yogurt

Bukannya Berenergi, 7 Menu Sarapan Ini Justru Menyebabkan Kantuk Lho!coleofduty.com

Yogurt dengan rasa-rasa yang mengandung sirup dan gula bukanlah menu yang pas jika kamu ingin tubuh terisi energi. Lain dengan greek yogurt yang kaya probiotik, flavored yogurt justru berpotensi membuatmu lesu.

Kadungan gula dan sirup jagung fruktosa tinggi memang memberi lonjakan energi di awal. Namun, makanan manis dapat memicu penurunan sel-sel orexin yang biasa membuat orang bersemangat dan terjaga. Inilah mengapa konsumsi yogurt justru bisa membuat seseorang mengantuk di pagi hari.

3. Pancake

Bukannya Berenergi, 7 Menu Sarapan Ini Justru Menyebabkan Kantuk Lho!chefsteps.com

Sama seperti bagel, beberapa pancake adalah menu makanan yang penuh karbohidrat tanpa mengandung serat dan protein, membuat energi yang masuk menjadi sia-sia. Karena tubuh akan mengolah karbohidrat menjadi glukosa, terlalu sering mengonsumsi panekuk dengan sirup nggak aman bagi kamu yang menjaga berat badan nih!

Baca Juga: 10 Kebiasaan saat Sarapan yang Justru Salah Fatal, Bahaya untuk Tubuh 

4. Jus buah kemasan

Bukannya Berenergi, 7 Menu Sarapan Ini Justru Menyebabkan Kantuk Lho!foodnavigator-asia.com

Terlihat kaya vitamin karena merupakan produk buah-buahan, jus kemasan juga bukan menu yang tepat untuk diminum setelah sarapan. Jus buah kemasan penuh dengan kandungan sirup jagung fruktosa tinggi, gula, perasa buatan, serta pewarna. Dalam 230 ml jus jeruk misalnya, diperkirakan terdapat 26 gram karbohidrat setara dengan 6 cube gula lho! 

Kalau suka meminum jus, lebih baik membuatnya sendiri dari buah asli. Walau sedikit ribet, yang penting nutrisinya terjamin ya?

5. Turkey bacon

Bukannya Berenergi, 7 Menu Sarapan Ini Justru Menyebabkan Kantuk Lho!mashed.com

Turkey bacon menggunakan daging kalkun sebagai pengganti daging babi. Meskipun makanan ini lebih rendah kalori, namun bacon sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan karena natriumnya yang tinggi.

Garam dan lemak berlebihan yang berada di satu piring bacon, dapat menyebabkan kantuk setelah memakannya. Kamu pasti nggak mau loyo di jam 9 pagi kan?

6. Sereal

Bukannya Berenergi, 7 Menu Sarapan Ini Justru Menyebabkan Kantuk Lho!eatthis.com

Jika kamu merasa tumbang dan kehilangan energi sebelum siang hari, bisa jadi menu sarapan satu ini yang menjadi penyebabnya. Jika pernah meluangkan waktu untuk melihat apa saja kandungan dalam sereal, kamu tentu mengetahui bahwa sebagian besar adalah sirup jagung fruktosa tinggi, gula, dan jagung. Kombinasi ketiganya dapat menghisap karbohidrat yang kaya energi.

7. Sandwich daging

Bukannya Berenergi, 7 Menu Sarapan Ini Justru Menyebabkan Kantuk Lho!eatthis.com

Daging merah adalah makanan yang mengandung banyak zat besi, karenanya sangat baik dalam meningkatkan energi. Sayang, menu yang dibuat dengan sosis atau daging sapi cenderung berminyak.

Ditambah lagi, ketika mengonsumsi daging dalam bentuk sandwich misalnya, protein dan lemak sulit untuk dicerna. Ini membuat tubuh bekerja ekstra, dan akhirnya energi justru terkuras untuk proses pencernaan tersebut.

Nah, itulah 7 menu makanan yang dapat menyebabkan kantuk. Kalau aktivitasmu padat dan berat, sebaiknya dihindari makanan di atas saat sarapan ya! 

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Paling Cocok Diolah Menjadi Menu Balado, Pedas!

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya