Comscore Tracker

Awas! Keseringan Konsumsi 5 Bahan Makanan Ini Bisa Bikin Bau Badan

Sesekali boleh, tapi jangan terlalu sering ya

Bau badan umumnya timbul oleh keringat yang bercampur dengan bakteri yang aktif berkembang biak dan melekat pada tubuh kamu selama berjam-jam. Bakteri itulah yang menguraikan keringat hingga menghasilkan bau yang kurang sedap.

Selain itu, bau badan juga bisa timbul dari hormon dan makanan yang kamu konsumsi. Oleh sebab itu, selain menjaga kebersihan tubuh, kamu juga harus pandai dalam memilih makanan yang dikonsumsi agar tidak menimbulkan bau badan yang dapat mengganggu orang-orang yang berada di sekitarmu.

Nah, kira-kira bahan makanan apa yang bisa bikin bau badan?

1. Bawang-bawangan.

Awas! Keseringan Konsumsi 5 Bahan Makanan Ini Bisa Bikin Bau Badanliputan9.com

Bawang-bawangan seperti contohnya bawang merah dan bawang putih, mengandung senyawa belerang yang menjadikannya mempunyai bau yang sangat tajam dan kurang sedap. Selain dimakan, jika kamu memegang bawang-bawangan, tanpa sadar pasti tanganmu pun jika dicium akan menimbulkan bau yang tak sedap dan sulit dihilangkan.

Namun meskipun begitu, bawang-bawangan adalah bahan makanan pokok untuk menu makan sehari-hari yang membuat makanan lebih nikmat. Tetap penting untuk kamu jadikan sebagai penyedap rasa dalam makanan, asal kamu tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

2. Daging merah.

Awas! Keseringan Konsumsi 5 Bahan Makanan Ini Bisa Bikin Bau Badangymjunkies.com

Daging merah merupakan makanan yang dikenal sangat enak dan juga dipenuhi banyak nutrisi yang menyehatkan. Namun beberapa orang juga berpendapat bahwa memang daging merah kaya akan kolesterol yang tinggi.

Selain kolesterol, daging merah biasanya selalu menyisakan residu karena sulit dicerna. Residu adalah sejenis ampas atau kotoran yang tertinggal setelah makanan di cerna. Nah, residu ini akan dilepaskan bersama keringat sehingga akan bercampur dengan bakteri di kulit yang akhirnya menyebabkan tubuh kamu berbau tidak sedap.

3. Ikan.

Awas! Keseringan Konsumsi 5 Bahan Makanan Ini Bisa Bikin Bau Badanbayfishntrips.com.au

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ikan mempunyai bau amis. Bau amis ini ditimbulkan oleh senyawa kolin yang terdapat dalam ikan. Bila kamu memakannya, senyawa inipun akan menimbulkan bau amis di dalam tubuhmu.

Meskipun begitu, ikan adalah salah satu makanan yang sangat penting untuk tubuh. Ikan kaya akan nutrisi dan bisa membuat kemampuan otak meningkat. Jadi, di balik kelemahannya yang bisa menyebabkan bau badan, ternyata ikan mempunyai sisi positif juga. Jadi, hanya tinggal kamu yang perlu mengatur kadar konsumsinya.

4. Sayuran cruciferous.

Awas! Keseringan Konsumsi 5 Bahan Makanan Ini Bisa Bikin Bau Badancarapemesananganodermapluscapsuleblog.wordpress.com

Sayuran yang termasuk dalam cruciferous adalah kembang kol, brokoli, dan juga lobak. Sayuran ini mempunyai belerang yang cukup tinggi, dimana senyawa belerang ini seperti yang sudah di sebutkan tadi, mampu membuat bau tubuh kurang enak. Belerang merupakan senyawa alamiah yang memang mempunyai bau tidak sedap.

Sayuran ini bisa menyehatkan tubuh kamu, tetapi jika kamu tidak ingin badanmu menjadi kurang enak dicium, sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

5. Junk food.

Awas! Keseringan Konsumsi 5 Bahan Makanan Ini Bisa Bikin Bau Badangreatist.com

Junk food adalah makanan cepat saji yang mempunyai bahan-bahan yang sudah melalui berbagai macam proses pengolahan, sehingga menjadikannya sebagai makanan tidak sehat dan tinggi kolesterol.

Selain tidak menyehatkan, junk food ternyata bisa menimbulkan bau yang tidak enak dalam tubuh karena makanan ini sulit untuk di cerna. Namun pada kenyataannya, junk food sudah menjadi makanan favorit bagi sebagian orang.

Nah, bagi kamu yang belum terlalu menggemari junk food, sebaiknya kamu berpikir dua kali untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You