Comscore Tracker

Jangan Salah, 7 Makanan Ini Ternyata Tidak Cocok untuk Sarapan

Jangan sampai sarapan jadi tidak sehat untuk tubuh

Kita mungkin pernah mendengar bahwa sarapan adalah hidangan terpenting di pagi hari. Namun, hal tersebut sebagian besar ternyata hanya mitos. Beberapa orang merasa lebih baik saat melewatkan sarapan.

Selain itu, makan sarapan yang tidak sehat bisa jauh lebih buruk daripada tidak makan sama sekali. Sarapan sehat mencakup serat, protein, dan lemak sehat yang dapat memberi kita energi dan merasa kenyang.

Sebaliknya, sarapan yang tidak sehat dapat membuat kita merasa lesu, menambah berat badan, dan meningkatkan risiko penyakit kronis. Oleh karena itu, kita harus tahu apa saja makanan yang tidak cocok untuk sarapan.

Berikut IDN Times sajikan beberapa makanan yang tidak cocok untuk sarapan di pagi hari. Apa saja? Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini!

1. Sereal

Jangan Salah, 7 Makanan Ini Ternyata Tidak Cocok untuk Sarapanunsplash.com/@alexandermils

Banyak orang berpikir sarapan sereal adalah pilihan yang bergizi untuk anak-anak dan orang dewasa. Beberapa produk sereal juga menunjukkan bahwa sereal adalah sumber nutrisi yang baik seperti vitamin A dan zat besi.

Pada kenyataannya, sereal ini melalui proses produksi yang terlalu panjang dan hanya mengandung sedikit biji-bijian utuh. Nutrisi di dalam sereal ditambahkan secara tidak alami dengan proses yang disebut fortifikasi.

Sereal kebanyakan mengandung sedikit biji-bijian dan gula olahan (tidak utuh). Gula biasanya item pertama atau kedua dalam daftar bahan. Semakin tinggi dalam daftar, semakin besar jumlahnya.

Bahkan pilihan sereal yang dianggap bergizi seperti granola yang mengandung gandum namun sering kali sarat dengan gula. Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

2. Pancake dan wafel

Jangan Salah, 7 Makanan Ini Ternyata Tidak Cocok untuk Sarapanunsplash.com/@fallonmichaeltx

Pancake dan wafel adalah sarapan yang paling disukai di rumah atau di restoran. Pancake dan wafel terbuat dari tepung, telur, gula, dan susu. Namun, cara memasak pancake dan wafel cukup berbeda.

Meskipun memiliki lebih banyak protein daripada beberapa pilihan sarapan yang lain, tetapi pancake dan wafel menggunakan banyak tepung olahan. Banyak peneliti percaya bahwa biji-bijian olahan seperti tepung gandum berkontribusi terhadap resistensi insulin dan obesitas.

Selain itu, pancake dan wafel biasanya diberi sirup pancake atau sirup jagung fruktosa tinggi. Sirup jagung fruktosa tinggi dapat menyebabkan peradangan yang mendorong resistensi insulin yang dapat menyebabkan pra diabetes atau diabetes tipe 2.

3. Roti panggang dengan margarin

Jangan Salah, 7 Makanan Ini Ternyata Tidak Cocok untuk Sarapanunsplash.com/@pixzolo

Roti panggang yang diberi margarin mungkin merupakan pilihan sarapan yang baik, karena tidak mengandung lemak jenuh atau gula. Namun, roti panggang dengan margarin sebenarnya salah satu sarapan yang tidak sehat karena dua alasan.

Pertama, karena tepung yang diolah dalam roti hanya memberi sedikit nutrisi dan sedikit serat. Roti mengandung karbohidrat olahan yang tinggi dan rendah serat yang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat.

Gula darah yang meningkat menyebabkan cepat merasa lapar sehingga kita akan makan lebih banyak pada saat makan siang. Oleh karena itu, hal ini dapat menyebabkan berat badan menjadi bertambah.

Kedua, kebanyakan margarin mengandung lemak trans, yang merupakan jenis lemak paling tidak sehat. Produsen marganin membuat lemak trans dengan menambahkan hidrogen ke minyak nabati agar tampak lebih seperti lemak jenuh, yang padat pada suhu kamar. Asupan lemak trans yang berlebih dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke dan jantung.

Baca Juga: Resep Rice Cooker Bubur Ayam ala Yummy, Menu Sarapan yang Menyehatkan

4. Muffin

Jangan Salah, 7 Makanan Ini Ternyata Tidak Cocok untuk Sarapanunsplash.com/@minkmingle

Kebanyakan orang memilih sarapan muffin untuk sekadar mengganjal perut di pagi hari. Muffin terbuat dari tepung olahan, minyak sayur, telur, dan gula. Satu-satunya bahan sehat pada Muffin adalah telur. Bahkan terkadang muffin diberi gula tambahan, atau diisi dengan keping cokelat atau buah kering yang menambah kandungan gula dan kalorinya.

5. Jus buah

Jangan Salah, 7 Makanan Ini Ternyata Tidak Cocok untuk Sarapanunsplash.com/@franhotchin

Jus buah adalah salah satu pilihan terburuk untuk sarapan jika kita berusaha menghindari rasa lapar, penambahan berat badan, dan penyakit kronis. Beberapa jus buah di pasaran sebenarnya hanya mengandung buah yang sangat sedikit dan dimaniskan dengan gula atau sirup jagung fruktosa tinggi.

Kadar gula yang tinggi meningkatkan risiko obesitas, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, dan penyakit lainnya. Bahkan jus buah murni mengandung banyak gula. Mengkonsumsi jus buah dalam jumlah besar dapat memiliki efek yang sama pada berat dan kesehatan seperti meminum minuman yang dimaniskan dengan gula.

Minum jus buah menyebabkan gula darah naik dengan cepat karena tidak ada lemak atau serat yang memperlambat penyerapan. Lonjakan insulin yang dihasilkan dan penurunan gula darah dapat membuat kita merasa lelah, gemetar, dan lapar.

6. Granola bar

Jangan Salah, 7 Makanan Ini Ternyata Tidak Cocok untuk Sarapanmyfarmgirl.com

Granola bar mungkin terdengar seperti pilihan sarapan yang enak, tetapi ternyata tidak lebih baik daripada permen. Meskipun oat yang tidak diolah mengandung serat tinggi, tetapi granola bar hanya mengandung satu sampai tiga gram serat. Selain itu, kandungan protein granola bar juga cenderung rendah.

Granola bar mengandung banyak gula tambahan. Bahkan beberapa merek paling populer mengandung kombinasi gula, sirup jagung, dan madu. Sejumlah besar gula ini dapat meningkatkan gula darah, kadar insulin, dan peradangan.

7. Yogurt plain

Jangan Salah, 7 Makanan Ini Ternyata Tidak Cocok untuk Sarapanunsplash.com/@joannakosinska

Semangkuk yogurt plain yang ditaburi dengan buah beri adalah salah satu sarapan yang enak dan sehat. Namun, faktanya banyak yogurt plain yang mengandung lebih banyak gula daripada es krim.

Lemak membantu membuat kita menjadi kenyang karena butuh waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat. Oleh karena itu, yogurt plain disarankan untuk dimakan sesekali saja sebagai camilan.

Itulah beberapa makanan yang ternyata tidak cocok untuk sarapan di pagi hari karena tidak sehat. Semoga membantu kalian dalam memilih menu sarapan ya, guys!

Baca Juga: 7 Negara dengan Menu Sarapan Paling Sehat di Dunia, Indonesia Ada?

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya