Comscore Tracker

Metode Meal Prep Bisa Hemat Ratusan Juta, Wah Seperti Apa Ya?

Bisa keliling dunia nih

Buat kita yang biasa hidup sendiri, menyiapkan makanan tentu bisa jadi masalah tersendiri. Karena malas dan repot memasak, akhirnya kita lebih memilih buat jajan di luar. Tentu kamu sudah tahu, jajanan di luar tidak terjamin kebersihannya dan lebih boros. Tapi, mau bagaimana lagi?

Berapa banyak 'pengorbanan' untuk jajan?

Metode Meal Prep Bisa Hemat Ratusan Juta, Wah Seperti Apa Ya?pexels.com

Mari kita kesampingkan sejenak soal biaya. Seringkali kita memuaskan hasrat makan dengan jajan, entah itu makanan berat ataupun camilan. Nyatanya ini karena godaan nafsu belaka. Kita jadi memilih jajanan yang menggoda selera, padahal gak tahu asal-usulnya.

Misalnya, cilok dengan saus merah yang dijual di pinggir jalan. Walau gak semua penjual licik, tetapi kebanyakan memang tak menjamin kebersihan dan kandungan gizinya.

Bicara soal pengeluaran, gak diragukan lagi kalau jajan itu gak terasa, tapi ternyata memakan banyak biaya. Kita ambil contoh, dengan uang Rp 100 ribu.

Sekali makan sederhana di warteg minimal mengeluarkan biaya Rp 15 ribu. Itu hanya cukup untuk makan 6-7 kali atau 2-3 hari. Padahal, jika dialokasikan untuk belanja dan memasak sendiri, bisa digunakan selama seminggu lho. Bonus makan lauk ayam pula.

Meal prep, jawaban untuk kamu yang pengin hidup lebih sehat dan hemat.

Metode Meal Prep Bisa Hemat Ratusan Juta, Wah Seperti Apa Ya?pexels.com

Faktanya, jajan itu lebih boros dan tak terjamin kebersihannya. Banyak orang beralih menjalani gaya hidup meal prep atau meal preparation. Seperti namanya, meal prep adalah metode mempersiapkan makanan untuk sepekan.

Seorang blogger bernama Twelvi, menuliskan di blognya soal pengalaman bagaimana menjalani meal prep yang membuatnya bisa menabung Rp150 juta untuk traveling.

Kisahnya ini viral dan membuat banyak orang mencoba melakukan metode yang sama. Harapannya juga mendapatkan manfaat yang sama. Selain berhemat, apa yang kita makan jadi lebih sehat. 

Baca Juga: 5 Cara Menabung Rp 500 Ribu per Bulan Hanya Dari Uang Jajan

Menyimpan makanan di kulkas buat berhari-hari, aman gak?

Metode Meal Prep Bisa Hemat Ratusan Juta, Wah Seperti Apa Ya?flickr.com

Untuk menjalani gaya hidup ini, kita wajib punya kulkas dan freezer. Makanan yang telah dimasak akan disimpan di kulkas atau freezer, untuk dihangatkan kembali. 

Banyak orang yang berpikir ini sama saja dengan frozen food, padahal berbeda. Frozen food yang kita beli di pasaran sudah ditambahkan bahan pengawet buatan atau garam yang sangat banyak.

Sedangkan, Meal prep yang kita simpan dalam kulkas dan freezer hanya untuk memperpanjang masa tahannya saja, tanpa menambahkan pengawet apa pun. 

Cara agar makanan tetap awet di kulkas adalah keluarkan dan buka hanya saat kamu ingin menyantapnya. Untuk itulah, meal prep menerapkan metode membagi-bagi makanan dalam porsi sekali makan. Tujuannya agar makanan tetap fresh, tidak terkontaminasi udara. 

Selain itu, tips jitunya adalah jangan simpan makanan di kulkas dalam kondisi masih panas. Tunggu dingin seperti suhu ruangan. Ini akan membuat uap air makanan keluar, sehingga makanan tak lembab dan tak cepat rusak.

Gak perlu khawatir kandungan gizinya akan rusak. Sebab, makanan yang dibekukan secara tepat akan terjaga kualitasnya. Tapi, ada beberapa makanan tertentu, seperti telur rebus dan tahu, yang justru akan rusak ketika dibekukan.

Ingin memulai meal prep, bagaimana caranya?

Metode Meal Prep Bisa Hemat Ratusan Juta, Wah Seperti Apa Ya?pexels.com
  1. Rencanakan menu selama seminggu. Kamu bisa membuat daftarnya secara rinci. Sehingga, bisa memperhitungkan belanja apa saja di awal pekan. 
  2. Luangkan waktu selama beberapa jam di awal pekan untuk memasak dan mempersiapkan makanan. Mungkin terdengar melelahkan. Tapi, kamu gak akan kerepotan dan apa yang kamu makan lebih teratur selama sepekan.
  3. Jangan memaksakan diri membuat meal prep sekaligus. Cobalah melatih diri dengan membuat meal prep hanya untuk sarapan. Minggu berikutnya, untuk sarapan dan makan siang. Begitu seterusnya, sampai kamu mendapat ritme dan kemampuan mengatur waktu memasak dan mempersiapkan meal prep.
  4. Belajar memasak dengan menu-menu yang sederhana tetapi berimbang gizinya. 

Di luar negeri, mereka yg menjalani meal prep biasanya memanaskan makanan dengan microwave. Tapi kalau kamu gak punya, bisa menggunakan kukusan kok. 

So, tertarik kamu melakukan meal prep demi tujuan yang lebih besar?

Baca Juga: Terungkap, 7 Cara Makan yang Dianggap Benar Ini Ternyata Salah Besar!

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya