Comscore Tracker

5 Kuliner Latvia yang Disajikan dalam Keadaan Dingin, Rasanya Istimewa

Unik sekaligus autentik 

Latvia merupakan salah satu negara yang masih asri di Eropa. Buat kamu yang butuh ketenangan diri, wajib banget singgah di negara ini.

Gak cuma wisatanya yang memanjakan mata, kuliner khas Latvia juga memiliki berbagai rasa dengan ragam makanan khasnya yang unik. Nah, berikut 5 rekomendasi kuliner khas Latvia yang harus disajikan dalam keadaan dingin. Apa saja?

1. Aukstā zupa

5 Kuliner Latvia yang Disajikan dalam Keadaan Dingin, Rasanya Istimewaaukstā zupa (instagram.com/veronika_levsa_love_to_cook)

Aukstā zupa merupakan sup dingin khas Latvia yang berwarna pink tua. Warna tersebut diperoleh dari olahan buah bit.

Gak hanya itu saja, timun, telur rebus, sosis, dan susu juga menjadi bahan yang gak boleh dilewatkan. Gak cuma disajikan dalam keadaan dingin, beberapa potong roti hitam bisa dijadikan sebagai pelengkap, lho.

2. Siļķe kažokā

5 Kuliner Latvia yang Disajikan dalam Keadaan Dingin, Rasanya Istimewasiļķe kažokā (instagram.com/ievas_virtuve)

Terbilang cukup unik, siļķe kažokā merupakan salad khas Latvia yang terbuat dari olahan ikan herring. Daging ikan akan ditumpuk dengan sayuran rebus, telur, dan aneka krim.

Sebelum menyantapnya, siļķe kažokā akan disimpan dalam lemari es selama semalaman. Tekstur lembutnya akan menjadi semakin sempurna apabila ditemani dengan segelas vodka.

Baca Juga: 5 Sup Khas Latvia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!

3. Aukstā gaļa

5 Kuliner Latvia yang Disajikan dalam Keadaan Dingin, Rasanya Istimewaaukstā gaļa (instagram.com/piegalda)

Nah, kalau menu yag satu ini biasa disantap saat sarapan. Menu tersebut bernama aukstā gala. Hidangan ini merupakan agar-agar yang berisi olahan daging babi. Namun, bisa juga digantikan dengan memakai daging sapi dan ayam.

Aukstā gala telah menjadi sajian utama selama Natal, lho. Rasanya yang unik menjadi ciri khas yang membuat hidangan ini sangat populer.

4. Rupjmaizes kārtojums

5 Kuliner Latvia yang Disajikan dalam Keadaan Dingin, Rasanya Istimewarupjmaizes kārtojums (instagram.com/recepsukolekcionars)

Mirip dengan dessert box, rupjmaizes kārtojums selalu menjadi makanan penutup yang penting bagi masyarakat Latvia. Biasanya hidangan ini akan disajikan dalam gelas dengan menempatkan roti gandum hitam pada barisan pertama.

Setelah potongan roti disusun, lapisi dengan krim kocok dan varian selai sesuai dengan selera. Supaya memiliki rasa segar, kamu bisa juga menambahkan buah ceri ataupun anggur.

5. Maizes zupa

5 Kuliner Latvia yang Disajikan dalam Keadaan Dingin, Rasanya Istimewamaizes zupa (instagram.com/eliinakrisjane)

Maizes zupa dijadikan sebagai makanan penutup khas Latvia. Cara membuatnya, kamu hanya menyiapkan roti gandum hitam basah dicampur dengan rempah-rempah pilihan, gula, serta buah-buahan kering.

Tak lupa, di atasnya juga diberi krim kocok yang creamy. Sebelum dinikmati, maizes zupa disimpan dalam lemari pendingin.

Gimana, kuliner khas Latvia yang disajikan dalam keadaan dingin seperti di atas tadi menggugah selera, kan? Kelima hidangan di atas bisa jadi referensi kulinermu kala berkunjung ke sana.

Baca Juga: 5 Kue Asli Latvia dengan Cita Rasa Paling Autentik, Memanjakan Lidah!

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Mari berkarya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya