Comscore Tracker

5 Kuliner Lombok yang Bisa Dijadikan Menu Makan Siang, Nikmat!

Jangan lupa nikmati saat main ke Lombok #LokalIDN

Jalan-jalan ke Lombok, rasanya masih kurang kalau gak nyobain kulinernya. Apa lagi masuk jam makan siang, kamu bisa menjadikan makanan khas Lombok sebagai menu makan.

Makanan yang dipilih juga harus bikin kenyang dan mengandung gizi yang baik. Memiliki rasa gurih hingga pedas, semua kuliner daerah yang terkenal dengan wisata alamnya ini bikin siapapun jadi terkesan setelah menyicipinya.

Berikut daftar kuliner Lombok yang wajib kamu cicipi saat main ke sana.

1. Nasi balap puyung

5 Kuliner Lombok yang Bisa Dijadikan Menu Makan Siang, Nikmat!ilustrasi nasi balap puyung (instagram.com/gendut_kulineran)

Meskipun identik sebagai menu sarapan, tetapi nasi balap puyung masih bisa dinikmati pada siang hari. Biasanya hidangan ini mudah ditemukan di setiap sudut kota Lombok.

Satu porsi nasi balap puyung terdiri dari nasi dengan lauk seperti suwiran ayam pedas, kedelai goreng, kering kentang, oseng buncis, dan telor. Cita rasa gurih dan pedas nendang inilah yang bikin nafsu makan jadi bertambah.

2. Ayam taliwang

5 Kuliner Lombok yang Bisa Dijadikan Menu Makan Siang, Nikmat!ilustrasi ayam taliwang (instagram.com/gembulfoodie)

Main ke Lombok, rasanya kurang pas kalau gak nyobain ayam taliwang. Kuliner yang terkenal di kalangan wisatawan ini merupakan hidangan ayam bakar yang memiliki bumbu pedas yang mengeleggar.

Biasanya ayam taliwang disajikan dengan plecing kangkung. Nasi hangat juga bisa menjadi pelengkapnya. Jangan sampai skip untuk nyobain kuliner satu ini, ya.

Baca Juga: 6 Sate yang Cuma Bisa Kamu Temukan di Lombok, Pernah Coba?

3. Sate rembiga

5 Kuliner Lombok yang Bisa Dijadikan Menu Makan Siang, Nikmat!ilustrasi sate rembiga (instagram.com/taliwanghhusin)

Sate rembiga merupakan olahan sate yang terbuat dari daging sapi, namun bisa digantikan dengan daging ayam. Beda dari yang lain, sebelum dibakar sate rembiga dimarinasi dengan bumbu khas. Warna akhir setelah masak adalah jingga kemerahan. Sate ini memiliki rasa pedas, manis dan gurih yang bikin lidah orang yang menyantapnya jadi gak mau berhenti makan.

4. Bebalung

5 Kuliner Lombok yang Bisa Dijadikan Menu Makan Siang, Nikmat!ilustrasi bebalung (instagram.com/kulinerdilombok)

Tampilan bebalung mirip dengan sup iga sapi. Namun, hal yang membedakannya adalah bumbu pada bebalung lebih kompleks sehingga menghasilkan cita rasa yang istimewa.

Untuk rasa, bebalung memiliki perpaduan rasa gurih, pedas, dan sedikit asam. Kesegaran yang terdapat pada kuahnya inilah yang membuat bebalung cocok disantap saat siang hari. Bikin segar dan mata jadi melek!

5. Sayur ares

5 Kuliner Lombok yang Bisa Dijadikan Menu Makan Siang, Nikmat!ilustrasi sayur ares (instagram.com/salmaf_17)

Di Lombok, batang pohon pisang bisa dijadikan sayur, namanya sayur ares. Gak sembarangan, batang pohon pisang yang digunakan yakni dari pohon pisang kepok yang diambil bagian paling dalam.

Kuliner legendaris ini dulunya disantap oleh orang Sasak dan biasa dihidangkan dengan nasi hangat. Jarang dijumpai di daerah mana pun, kamu wajib nyobain makanan unik ini.

Gak kalah dengan wisatanya, kuliner Lombok ini memiliki daya tarik yang bikin wisatawan enggan untuk melupakan cita rasanya. Kalau kamu belum ada niatan pergi ke Lombok, kamu bisa mencoba memasak beberapa kuliner untuk dijadikan menu makan siang di rumah, lho.

Baca Juga: 5 Festival Budaya di Lombok yang Bikin Liburan Semakin Berkesan

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Mari berkarya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya