Comscore Tracker

5 Fungsi Madu Secara Umum untuk Aneka Makanan, Bikin Makin Lezat!

Madu memang memiliki cita rasa manis alami, ya

Madu merupakan cairan berkonsistensi kental yang secara alami berasal dari lebah. Cita rasa manis khas madu memang tak terbantahkan lagi. Eksistensi madu yang cukup umum seakan membuatnya sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat aneka makanan. Namun, apa sih sebenarnya fungsi umum dari madu? Cari tahu dulu, yuk!

1. Pemanis alami

5 Fungsi Madu Secara Umum untuk Aneka Makanan, Bikin Makin Lezat!elementar.com

Semuanya tentu setuju bahwa madu merupakan pemanis alami yang banyak dijadikan bahan campuran pada makanan. Cita rasa madu yang memang manis serasa cocok dikombinasikan untuk hidangan penutup. Tentunya rasa manis khas madu pun lebih sehat dibanding pemanis lain.

2. Memberi konsistensi kental

5 Fungsi Madu Secara Umum untuk Aneka Makanan, Bikin Makin Lezat!parade.com

Madu identik dengan konsistensinya yang kental. Tak heran bila kemudian madu banyak digunakan sebagai penambah konsistensi pada sajian hidangan, termasuk makanan dan minuman. Selain itu, tentunya hidangan pun jadi lebih terasa lezat.

Baca Juga: Resep Bolu Madu Sarang Semut Tanpa Oven, Dijamin Auto Laris Manis!

3. Pemberi warna coklat alami

5 Fungsi Madu Secara Umum untuk Aneka Makanan, Bikin Makin Lezat!livescience.com

Bahan makanan bercita rasa manis ini identik dengan warnanya yang coklat namun juga segar. Warna alami inilah yang kemudian digunakan sebagai campuran bahan untuk membuat sajian menu. Tentu saja warnanya akan tampak lebih menarik dan bercita rasa manis.

4. Bahan untuk marinasi

5 Fungsi Madu Secara Umum untuk Aneka Makanan, Bikin Makin Lezat!cookingwithvinyl.com

Sajian berbahan daging memang biasanya banyak dimarinasi terlebih dahulu sebelum akhirnya diolah. Proses marinasi ini memang menggunakan aneka bumbu dan rempah yang berbeda. Madu menjadi pilihan untuk bahan marinasi agar nantinya meresap ke daging dengan maksimal.

5. Pilihan topping manis

5 Fungsi Madu Secara Umum untuk Aneka Makanan, Bikin Makin Lezat!seriouseats.com

Kata siapa pilihan topping hanya berupa cokelat atau parutan keju saja? Kamu bisa memilih madu sebagai topping pada makanan lezat dan manis. Tuangkan madu sebagai topping manis untuk membuat sajian hidanganmu semakin lezat maksimal.

Tentunya dengan beragam fungsi umum dari madu, semoga dapat memberikan informasi menarik untuk membuatmu semakin mengenal bahan makanan yang satu ini. Mana yang paling sering kamu gunakan fungsinya?

Baca Juga: 5 Menu Lezat Berbahan Madu Segar, Bikin Penasaran!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya