Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kulkasmu Jadi Tidak Dingin, Bisa Rusak Perlahan!

Yuk cari tahu penyebabnya

Memiliki kulkas memang suatu hal biasa karena hampir semua orang telah memilikinya di rumah. Fungsi dari kulkas yang memang untuk menyimpan bahan makanan, membuat alat elektronik ini cukup penting keberadaannya. Namun, apa jadinya bila kulkas di rumah justru kurang dingin? 

Untuk kamu yang penasaran apa saja penyebab dari kulkas yang kurang dingin, berikut lima daftarnya. 

1. Terlalu sering menyimpan makanan panas di dalamnya

5 Alasan Mengapa Kulkasmu Jadi Tidak Dingin, Bisa Rusak Perlahan!nbcnews.com

Apabila kamu baru saja memasak olahan, seperti halnya agar-agar, maka jangan buru-buru meletakannya di dalam kulkas. Hal ini akan membuat kulkas milikmu menjadi lebih mudah rusak dan tidak dingin lagi. Alasannya adalah karena uap panas dari makanan membuat kulkas harus ekstra keras dalam memberikan suhu dingin. 

2. Stop kontak yang bermasalah

5 Alasan Mengapa Kulkasmu Jadi Tidak Dingin, Bisa Rusak Perlahan!thriftyfun.com

Perlu diketahui bahwa stop kontak yang menghubungkan antara listrik dan kulkas memang merupakan salah satu penyebab dari kulkas yang tidak dingin. Kamu perlu mengecek apakah stop kontak tersebut rusak atau tidak. Jika iya, maka segeralah diperbaiki.

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Bunga Es di Freezer Kulkas, Gak Sulit!

3. Terlalu banyak bunga es

5 Alasan Mengapa Kulkasmu Jadi Tidak Dingin, Bisa Rusak Perlahan!makefoodsafe.com

Untuk beberapa kulkas yang memiliki masalah pada freezer-nya, maka biasanya akan sangat mudah terdapat bunga es di dalamnya. Hal ini justru akan membuat kulkas rusak dan tak akan dingin lagi. Jika sudah begitu, maka kamu harus lebih rajin lagi dalam membersihkan kulkas. 

4. Periksa freon

5 Alasan Mengapa Kulkasmu Jadi Tidak Dingin, Bisa Rusak Perlahan!sailmagazine.com

Bagian freon tak boleh kamu lewatkan bila memang kulkas milikmu sudah tak dingin lagi. Biasanya bagian tersebut selalu memiliki suhu yang relatif lebih panas. Apabila justru terasa dingin, maka bisa jadi freonnya sudah habis. 

5. Mengecek kompresor

5 Alasan Mengapa Kulkasmu Jadi Tidak Dingin, Bisa Rusak Perlahan!engineering.stackexchange.com

Kompresor merupakan hal krusial yang terdapat pada kulkas untuk menentukan kualitasnya. Apabila justru kompresor kulkas dinilai mejadi penyebab dari kurang dinginnya kulkas, maka kamu dapat mengeceknya sendiri. Bila dirasa sulit, kamu dapat memanggil tukang servis. 

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kulkas milikmu tak dingin. Berbeda-beda ya penyebabnya! Namun kamu harus waspada agar kulkasmu tetap awet.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Makanan saat Tak Ada Kulkas, Gampang!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya