Comscore Tracker

5 Bahan Makanan Alternatif Pengganti Nasi, Ada Buah Juga!

Ternyata ada yang non-karbohidrat juga, lho

Sebagai orang Indonesia tentu nasi merupakan makanan pokok yang sering kita konsumsi secara rutin setiap harinya. Tetapi, terkadang banyak orang yang menghindari nasi untuk alasan diet. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui beberapa bahan makanan alternatif yang dapat dikonsumsi untuk menggantikan nasi.

Untuk kamu yang penasaran bahan makanan apa saja yang dapat dikonsumsi untuk menggantikan nasi, berikut lima daftarnya!

1. Kentang

5 Bahan Makanan Alternatif Pengganti Nasi, Ada Buah Juga!goodhousekeeping.com

Bukan rahasia umum bila kentang memang sering dikonsumsi untuk menggantikan peran nasi. Kentang juga merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat sehingga sangat tepat bila dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, kentang juga dapat kamu olah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan mudah diolah.

2. Gandum

5 Bahan Makanan Alternatif Pengganti Nasi, Ada Buah Juga!goodfon.com

Konsumsi gandum di Indonesia mungkin belum terlalu familiar, kecuali apabila telah diolah menjadi roti. Padahal, olahan gandum sudah sangat populer di beberapa negara. Gandum juga biasanya menjadi makanan untuk sarapan pagi. Selain itu, pengolahannya juga sering digunakan untuk bahan pembuatan roti ataupun mie.

Baca Juga: 5 Sisi Buruk Konsumsi Karbohidrat Berlebihan, Bisa Ganggu Fungsi Otak!

3. Singkong

5 Bahan Makanan Alternatif Pengganti Nasi, Ada Buah Juga!ediblenortheastflorida.ediblecommunities.com

Singkong atau jenis umbi-umbian lainnya juga masih umum dikonsumsi masyarakat Indonesia, khususnya bagi yang tinggal di beberapa daerah. Keberadaannya yang mudah ditemukan dan juga tak sulit bila diolah. Membuat singkong atau pun jenis umbi-umbian lainnya sangat populer dikonsumsi untuk menggantikan nasi.

4. Jagung

5 Bahan Makanan Alternatif Pengganti Nasi, Ada Buah Juga!scitechdaily.com

Senada dengan singkong dan umbi-umbian, jagung juga masih sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Biasanya jagung sering diolah dengan cara dibakar atau pun dikukus. Tak heran bila kemudian jagung sering menjadi makanan pengganti nasi yang dapat dikonsumsi.

5. Pisang

5 Bahan Makanan Alternatif Pengganti Nasi, Ada Buah Juga!hsph.harvard.edu

Bila biasanya makanan pengganti nasi merupakan bahan-bahan yang mengandung karbohidrat, maka yang satu ini jelas berbeda. Pisang juga sering dikonsumsi sehari-hari dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, sebut saja seperti topping pancake, kue, jus, atau bahkan dimakan langsung.

Nah, beberapa bahan makanan pengganti nasi di atas dapat menjadi referensi untuk kamu yang sedang diet. Mana bahan makanan alternatif pengganti nasi favoritmu?

Baca Juga: Sumber Protein, Ini 5 Makanan Selain Daging untuk Para Vegetarian 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya