Comscore Tracker

5 Bahan Pengganti Mentega, Aman Dikonsumsi dan Anti Lemak Jahat

Cocok nih untuk kamu yang menghindari lemak jenuh

Mentega merupakan salah satu bahan yang berasal dari produk olahan susu. Mentega juga menjadi bahan wajib yang digunakan untuk olahan-olahan kue, bahkan hingga bahan untuk proses menggoreng.

Namun, sayangnya justru mentega terkenal dengan kandungan lemak jenuh dan kalorinya. Biasanya penggunaan mentega sangat dihindari apalagi saat proses diet. 

Untuk kamu yang sedang menghindari mentega, berikut lima bahan yang dapat menggantikan mentega. 

1. Minyak zaitun

5 Bahan Pengganti Mentega, Aman Dikonsumsi dan Anti Lemak JahatUnsplash/jonathan ocampo

Minyak zaitun memang terkenal dengan manfaat sehat yang terkandung di dalamnya. Hal inilah yang juga membuat minyak jenis ini dapat menggantikan posisi mentega untuk dikonsumsi. Sekitar 3/4 cangkir minyak zaitun dapat menggantikan 1 cangkir mentega.

Untuk proses pembuatan kue, minyak zaitun dapat dimanfaatkan dengan catatan untuk kue-kuean bercita rasa gurih. Sementara untuk kue dengan lemak padat, kurang tepat bila digunakan. 

2. Minyak kelapa

5 Bahan Pengganti Mentega, Aman Dikonsumsi dan Anti Lemak JahatUnsplash/Tijana Drndarski

Selain minyak zaitun, jenis minyak lainnya yang dapat menggantikan mentega adalah minyak kelapa. Minyak jenis ini dapat digunakan dengan takaran 1 gram minyak kelapa sama dengan 1 gram mentega. Selain itu, penggunaan minyak kelapa juga dapat membuat olahan semakin lebih lezat.

Olahan kue juga dapat menggunakan bahan pengganti yang satu ini. Namun, pastikan untuk menggunakan minyak kelapa yang telah disaring terlebih dahulu. 

Baca Juga: Mentega, Margarin, Butter, dan Roombutter, Apa Sih Bedanya?

3. Alpukat 

5 Bahan Pengganti Mentega, Aman Dikonsumsi dan Anti Lemak JahatUnsplash/Thought Catalog

Ternyata buah juga dapat digunakan untuk menggantikan mentega sebagai bahan pembuatannya. Alpukat dapat dimanfaatkan sebagai pengganti mentega dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu. Setelah itu, takaran yang tepat adalah 1 gram mentega sama dengan 1 gram alpukat.

Kelebihan lainnya adalah warna alpukat yang hijau dapat menjadi pewarna alami untuk olahanmu. 

4. Saus apel

5 Bahan Pengganti Mentega, Aman Dikonsumsi dan Anti Lemak JahatUnsplash/Phillip Larking

Selain alpukat, saus apel juga dapat kamu manfaatkan sebagai bahan untuk menggantikan mentega. Saus apel yang memiliki tekstur lembut dan rasa manis alami ini dapat memberikan sensasi cita rasa yang menarik untuk olahan yang kamu buat.

Takarannya adalah 1 gram mentega sama dengan 1 gram saus apel. 

5. Yogurt

5 Bahan Pengganti Mentega, Aman Dikonsumsi dan Anti Lemak JahatUnsplash/Sara Cervera

Produk olahan lainnya yang dapat menggantikan posisi mentega adalah yogurt segar. Olahan yogurt ini dapat tak hanya mampu menggantikan mentega, namun cita rasanya dapat menjadi lebih manis sehingga tak memerlukan lagi tambahan gula berlebih. Kandungannya yang sehat dapat dikonsumsi siapa saja. Kamu juga dapat menggunakan takaran 1/2 gram yogurt untuk 1 gram mentega. 

Nah, beberapa bahan pengganti mentega di atas dapat menjadi pilihan terbaik untukmu yang ingin mengganti mentega dengan bahan lainnya. Mana yang paling cocok menurutmu? 

Baca Juga: Resep Roti Mentega ala Rotiboy yang Lembut Banget, Gak Kalah Enak

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya