Comscore Tracker

Gak Perlu ke Korea, Begini Cara Mudah Bikin Tuna Samgak Gimbap

#MasakItuGampang Makanan khas mini market di Korea

Kimbap merupakan salah satu makanan khas Korea yang sering dijadikan bekal makan siang. Cara membuatnya yang simple dan praktis membuat kimbap cocok dengan gaya hidup orang Korea yang pali-pali alias serba cepat. Kamu bisa dengan mudah menemukan kimbap di Korea, mulai dari restoran, vendor kaki lima, hingga mini market.

Samgak kimbap menjadi salah satu jenis kimbap yang populer di negeri KPop ini. Tak seperti kimbap kebanyakan, samgak kimbap punya bentuk unik, yaitu segitiga.

Sekilas makanan ini mirip dengan onigiri yang ada di Jepang. Buat kamu yang suka bawa bekal makan siang, yuk coba bikin kreasi samgak kimbap yang praktis ini.

1. Makanan praktis khas mini market Korea

Gak Perlu ke Korea, Begini Cara Mudah Bikin Tuna Samgak Gimbapinstagram.com/wavesinbluesand

Samgak kimbap menjadi menu andalan yang populer di mini market Korea Selatan. Bentuknya yang simple dan harganya terjangkau membuat banyak orang Korea yang menggemari makanan ini.

Samgak kimbap biasanya menjadi alternatif bagi mereka yang tak punya waktu untuk sarapan atau membuat bekal makan siang. Makanan ini punya pembungkus plastik khusus yang membuat nori yang membungkusnya tetap renyah mesti kimbap tak langsung di makan.

Di mini market Korea, kamu bisa memilih samgak kimbap sesuai dengan keinginan. Mulai dari isi daging bulgogi, kimchi, hingga tuna.

2. Sering muncul dalam drama Korea

Gak Perlu ke Korea, Begini Cara Mudah Bikin Tuna Samgak Gimbaptwitter.com/cheese_it_trap

Kalau kamu penggemar KDrama, pasti sering melihat aktor atau aktris favoritmu menyantap samgak kimbap. Cheese in the Trap menjadi salah satu drama Korea yang menampilkan samgak kimbap dalam ceritanya. Masih ingat dong dengan adegan Hong Seol dan Yoo Jung Sunbae yang menghabiskan waktu makan siang dengan samgak kimbap yang praktis ini?

3. Bahan-bahan membuat tuna kimchi samgak kimbap

Gak Perlu ke Korea, Begini Cara Mudah Bikin Tuna Samgak Gimbaptworedbowls.com

Tak seperti kimbap konvensional yang memerlukan banyak bahan, kamu hanya perlu bahan-bahan sederhana untuk membuat samgak kimbap. Ini beberapa bahan yang harus kamu siapkan:

  • 4 cup nasi
  • 1 kaleng tuna
  • beberapa lembar nori
  • 1 buah bawang putih, cincang halus
  • 1/4 sdt lada hitam bubuk
  • 1 sdm cuka
  • 2 sdt gula
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 cup kimchi
  • 2 sdt gochujang
  • 2 sdt bubuk cabai

4. Cara Membuat Tuna Samgak Kimbap

Gak Perlu ke Korea, Begini Cara Mudah Bikin Tuna Samgak Gimbapflickr.com/irenechristiana

Untuk membuat samgak kimbap juga cukup mudah. Kamu tak perlu repot menggulung kimbap dengan alat khusus. Langkah-langkah membuat tuna samgak kimbap adalah sebagai berikut.

Persiapkan nasi untuk kimbap:

  1. Campurkan cuka dengan gula dan garam. Aduk hingga semua bahan larut;
  2. Tuangkan campuran cuka ke dalam nasi, aduk-aduk, sisihkan.

Cara memasak isian kimbap:

  1. Panaskan minyak goreng di atas teflon, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan 1 kaleng tuna, kimchi, bubuk cabai, dan 1/4 sdt gula;
  2. Tumis selama beberapa menit sambil aduk hingga semua bahan tercampur rata;
  3. Bila ingin rasa yang lebih pedas, bisa tambahkan pasta cabai Korea atau gochujang.

5. Tips membuat samgak kimbap

Gak Perlu ke Korea, Begini Cara Mudah Bikin Tuna Samgak Gimbapprologue.blog.naver.com

Untuk membuat samgak kimbap yang mirip layaknya kimbap mini market, kamu bisa membeli nori khusus samgak kimbap. Nori ini dilengkapi dengan plastik kemasan kimbap yang mirip seperti yang dijual di supermarket Korea. Supaya praktis dan bentuknya segitiga sempurna, kamu juga bisa membeli cetakan khusus kimbap.

Namun, kalau kamu sulit mendapatkan kedua bahan tersebut, kamu masih tetap bisa membuat kimbap sendiri, lho. Kalau sudah menyiapkan nasi dan isiannya, ini langkah-langkah menyusun kimbap yang bisa kamu terapkan di rumah.

  1. Letakkan nasi di atas plastik bening yang sudah diberi sedikit minyak wijen;
  2. Tuangkan isian kimbap di tengah nasi. Tutup kembali dengan menambahkan nasi di atasnya;
  3. Kamu bisa mulai membungkus kimbap hingga isiannya tertutup nasi dengan sempurna. Kemudian bentuk kimbap menjadi segitiga;
  4. Setelah terbentuk, kamu bisa langsung menyelimuti kimbap dengan rumput laut kering. Samgak kimbap siap disantap.

Nah, sekarang kamu gak perlu jauh-jauh ke Korea atau ribet mencari samgak kimbap di mini market khusus Korea. Dengan resep di atas kamu sudah bisa menikmati samgak kimbap khas Korea yang lezat!

Ulfa Luthfia Photo Verified Writer Ulfa Luthfia

music and art enthusiast.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya