Comscore Tracker

5 Sajian Es Musim Panas Khas Hong Kong, Nikmat dan Segar!

Cocok juga dinikmati di Indonesia

Hong Kong memiliki suhu yang cukup ekstrim saat musim panas tiba. Hal itu membuat makanan dan minuman dingin cukup diminati di sana.

Hong Kong memiliki berbagai macam sajian yang dapat dinikmati saat musim panas yang siap memberikan sensasi segar. Sajian musim panas tentu identik dengan makanan berjenis es.

Sebagai surganya kuliner, Hong Kong memiliki berbaai jenis olahan es menggiurkan yang siap memanjakan lidah penikmatnya. Berikut 5 diantaranya!

1. Es kacang merah

5 Sajian Es Musim Panas Khas Hong Kong, Nikmat dan Segar!es kacang merah (instagram.com/mega_dingding)

Es kacang merah merupakan salah satu minuman dingin yang cukup populer di Hong Kong. Sajian ini menjadi minuman penutup favorit yang banyak digemari oleh orang Hong Kong, terutama saat musim panas tiba.

Selain kesegarannya yang dapat mengobati dahaga di udara yang panas, minuman ini juga kaya akan kandungan bermanfaat bagi tubuh.

Dalam satu porsi es kacang merah, terdapat kandungan protein, vitamin B, serta zat besi. Es kacang merah juga memiliki isian pelengkap lainnya, seperti potongan buah dan serutan es batu.

2. Mango pomelo sago

5 Sajian Es Musim Panas Khas Hong Kong, Nikmat dan Segar!mango pomelo sago (instagram.com/siftandsimmer)

Mango pomelo sago adalah salah satu dessert Hong Kong yang cukup populer. Di Indonesia, makanan berbahan dasar buah mangga ini bahkan sempat viral dan telah banyak dikreasikan.

Mango pomelo sago terbuat dari bahan utama mangga dan sagu mutiara. Rasanya yang manis dan segar membuat sajian ini memiliki banyak penggemar, apalagi saat musim panas tiba.

Tak hanya menyegarkan, mango pomelo sago menawarkan sensasi creamy yang semakin menambah kenikmatan sejak suapan pertama.

Baca Juga: 5 Ragam Olahan dari Mangga ala Dessert Hong Kong yang Menggugah Selera

3. Ximilu

5 Sajian Es Musim Panas Khas Hong Kong, Nikmat dan Segar!ximilu (instagram.com/bunes_kitchen)

Dalam bahasa Mandarin, ximilu berarti biji selasih. Sekilas, tampilan ximilu mirip dengan es buah yang ada di Indonesia.

Perbedannya, ximilu tidak menggunakan susu dan santan melainkan menggunakan bubuk krim yang didinginkan di dalam kulkas terlebih dahulu.

Ximilu disajikan bersama dengan bahan pelengkap lain, seperti agar-agar, mangga, anggur, melon, semangka, stroberi, leci, dan biji selasih.

4. Es krim dan egg waffle

5 Sajian Es Musim Panas Khas Hong Kong, Nikmat dan Segar!es krim dan egg waffle (instagram.com/kckmfoodie)

Sudah menjadi rahasia umum, jika egg waffle merupakan kudapan manis khas Hong Kong yang cukup populer. Namun bagaimana rasanya jika egg waffle dinikmati bersama dengan olahan eskrim?

Hong Kong memiliki cara yang berbeda untuk menikmati es krim atau egg waffle, yakni dengan cara menggabungkan keduanya. Es krim yang sering digunakan biasanya rasa jahe.

Segarnya es krim berpadu dengan manis dan renyahnya dari egg waffle akan memanjakan lidah para penikmatnya.

5. Fruit parfait

5 Sajian Es Musim Panas Khas Hong Kong, Nikmat dan Segar!fruit parfait (instagram.com/experiencechicchef)

Fruit parfait adalah salah satu menu yang terdiri dari perpaduan potongan buah, jelly, biji-bijian, oatmeal, serta yoghurt. Kemudian perpaduan tersebut dimasukkan ke dalam botol atau gelas.

Fruit parfait biasanya disajikan tanpa dimasak terlebih dahulu karena memang bahannya yang dapat langsung dikonsumsi. Hal inilah yang justru membuat fruit parfait semakin memberikan kesegaran yang alami di tiap gigitannya.

Itu dia lima sajian es khas Hong Kong yang selalu dinikmati saat musim panasa tiba. Mayoritas bahan dasarnya pun mudah didapat di Indonesia. Yuk, coba buat juga di rumah!

Baca Juga: Resep Ximilu Dessert Khas Hong Kong yang Segar, Tanpa Susu dan Santan

Widi April Photo Verified Writer Widi April

instagram.com/widiapriil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya