Comscore Tracker

5 Sambal Khas Jawa Barat, Pedas Gurihnya Bikin Ketagihan 

Cocok dijadikan pendamping nasi dan lauk pauk

Sambal menjadi salah satu makanan pendamping yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya beragam jenis sambal dengan cita rasa yang khas disetiap daerahnya.

Salah satu Propinsi yang terkenal dengan sambalnya adalah Jawa Barat. Sambal khas Jawa Barat ini begitu lezat dan pedas, serta mempunyai cita rasa yang gurih.

Nah, buat kamu yang penasaran sambal apa saja yang harus dicoba? Yuk, langusng saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Sambal Dadak

5 Sambal Khas Jawa Barat, Pedas Gurihnya Bikin Ketagihan sambal dadak (instagram.com/aqilladerosa)

Di urutan pertama ada sambal dadak yang menjadi salah satu sambal khas dari Jawa Barat yang wajib dicoba. Sambal ini memiliki perpaduan rasa pedas dan segar, yang dihasilkan dari irisan jeruk limau.

Adapun bahan utama untuk membuat sambal dadak yaitu cabai merah keriting, cabai rawit, tomat, terasi, gula merah, dan garam. Sangat cocok buat pendamping nasi putih, nih.

2. Sambal Terasi

5 Sambal Khas Jawa Barat, Pedas Gurihnya Bikin Ketagihan sambal terasi (instagram.com/bunda_naaa)

Sambal terasi memang sangat populer tidak hanya di Jawa Barat. Namun, berbeda dengan sambal terasi khas Jawa Barat yang terlebih dahulu digoreng sebelum disajikan.

Nah, inilah yang membuat rasa dari sambal terasi khas Jawa Barat begitu nikmat dan gurih. Apalagi jika ditambahkan dengan perasan jeruk nipis.

Baca Juga: 5 Sambal Khas Palu Pembangkit Selera Makan, Pernah Coba?

3. Sambal Cibiuk

5 Sambal Khas Jawa Barat, Pedas Gurihnya Bikin Ketagihan sambal cibiuk (instagram.com/lestarinurwalidah)

Selanjutnya ada sambal cibiuk dengan ciri khas warna hijaunya yang ternyata dari tomat hijau. Selain itu, sambal ini juga memiliki tekstur yang agak kasar.

Sambal ini sangat cocok bila dipadukan dengan ayam goreng, ikan goreng, dan nasi putih hangat. Cara membuatnya juga tidak perlu proses memasak, kamu cukup menghaluskan bumbu seperti kencur, daun kemangi, tomat hijau kecil, cabai rawit hijau dan terasi bakar.

4. Sambal Leunca

5 Sambal Khas Jawa Barat, Pedas Gurihnya Bikin Ketagihan sambal leunca (instagram.com/masaktv)

Buah leunca yang terkenal pahit dan sering dijadikan lalapan, ternyata di Jawa Barat dijadikan sambal yang begitu nikmat. Sambal leunca menggunakan bahan seperti cabai merah, bawang merah, terasi, dan leunca sebagai bahan utamanya.

Tak heran jika banyak orang yang menyukai, karena cita rasanya yang khas. Disantap bersama nasi putih hangat pastinya akan jauh lebih nikmat.

5. Sambal Oncom

5 Sambal Khas Jawa Barat, Pedas Gurihnya Bikin Ketagihan sambal oncom (instagram.com/tantinov99)

Nah, yang terakhir adalah sambal oncom yang bikin nggak bisa berhenti makan jika menyantapnya. Sesuai dengan namanya, sambal ini terbuat dari bahan dasar oncom dan cabai.

Bumbu yang dibutuhkan yakni cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kencur dan lengkuas. Kemudian untuk membuatnya adalah dengan menghaluskan semua bahan bumbu, lalu tumis hingga matang dan masukkan oncom yang sudah dihancurkan.

Nah, itulah lima sambal khas Jawa Barat yang wajib kamu cobain kelezatannya. Dijamin bikin makan kamu tambah nikmat, deh. Yuk, langsung saja coba!

Baca Juga: 5 Kreasi Telur dengan Sambal, Pencinta Pedas Pasti Lahap!

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

IG: @gilang_ka24

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya