Comscore Tracker

5 Fakta Panna Cotta, Dessert Lembut yang Lumer di Mulut!

Dessert asal Italia yang gak pernah gagal bikin ketagihan!

Para pecinta makanan manis pasti sudah akrab banget deh sama dessert lembut bernama panna cotta. Makanan khas Italia ini paling pas dijadikan menu pencuci mulut karena rasa manisnya gak terlalu berlebihan. Meskipun sering ditemui di restoran mahal tapi panna cotta bisa kita buat sendiri lho di rumah. 

Sebelum kamu mencoba membuatnya sendiri simak yuk penjelasan lengkap tentang 5 fakta menarik panna cotta berikut ini!

1. Lahir dari kawasan barat laut Italia

5 Fakta Panna Cotta, Dessert Lembut yang Lumer di Mulut!mummypages.ie

Panna Cotta bukan tercipta dari wilayah Amerika atau Prancis yang populer dengan berbagai jenis hidangan penutupnya. Dessert cantik ini berasal dari Piedmont, sebuah daerah di barat laut Italia. 

2. Sekilas memiliki kemiripan dengan dessert sejenisnya

5 Fakta Panna Cotta, Dessert Lembut yang Lumer di Mulut!finecooking.com

Dari penampilannya kita mungkin akan menilai bahwa panna cotta ini tak berbeda dengan custard, flan atau crème brûlée. Namun sesungguhnya mereka merupakan jenis yang sangat berbeda. Panna cotta dibuat tanpa menggunakan kuning telur dan punya konsistensi yang sangat lembut.

3. Kesederhanaan arti nama panna cotta

5 Fakta Panna Cotta, Dessert Lembut yang Lumer di Mulut!mykitchenstories.com.au

Dalam bahasa Italia panna cotta memiliki arti cooked cream. Nama itu berasal memang karena dessert ini diolah dari krim segar yang diberi gelatin yang berperan dalam membuat tekstur lembutnya. Di Italia sendiri panna cotta umumnya disajikan dalam keadaan dingin dengan saus karamel. 

Baca Juga: VIDEO: Resep Simple Strawberry Panna Cotta ala Yummy

4. Panna cotta sangat mudah dibuat di rumah

5 Fakta Panna Cotta, Dessert Lembut yang Lumer di Mulut!garlicandzest.com

Nah, kalau kamu pengen mencicipi panna cotta tapi gak mau keluar rumah demi mengehmat budget, coba buat panna cotta sendiri di rumah aja guys! Dessert ini mudah banget lho buat diracik sendiri. Kamu membutuhkan krim kental, susu segar, gula dan gelatin. Gelatin yang kamu gunakan bisa berbentuk lembaran ataupun gelatin bubuk.

Sebelum dimasak gelatin yang masih berbentuk lembaran bisa kamu rendam dulu dalam air, lalu panaskan susu segar, krim kental dan gula. Setelah gelatin lunak masukan ke dalam adonan yang dipanaskan. Aduk sebentar hingga semua tercampur rata lalu angkat. Cetak di wadah dan simpan di lemari es hingga padat lalu sajikan dengan topping sesuai selera kalian.

5. Panna cotta bisa dikreasikan dengan varian rasa gurih

5 Fakta Panna Cotta, Dessert Lembut yang Lumer di Mulut!taste.com

Siapa bilang panna cotta hanya cocok bagi kamu para pecinta manis? Meskipun bernama dessert namun panna cotta juga bisa diciptakan dengan lain versi, yaitu variasi rasa gurih. Kamu hanya perlu menghilangkan komposisi gula agar panna cotta terasa netral. Panna cotta gurih bisa disajikan bersama salad, bacon, atau dikreasikan bersama puree sayur yang dicampur dalam adonan panna cotaa sebelum dicetak.

Itu tadi fakta-fakta menarik dari si imut nan lembut panna cotta.  Kamu bisa mencobanya nih kalau bosan dengan agar atau puding yang biasa. Panna cotta akan terasa lebih enak dan bikin ketagihan!

Baca Juga: Panna Cotta, Si Manis dari Italia untuk Buka Puasa

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya