Comscore Tracker

5 Fakta Dadih, Yogurt Khas Indonesia yang Terbuat dari Susu Kerbau

Rasanya lezat dan punya banyak manfaat untuk kesehatan

Yogurt merupakan produk olahan susu yang difermentasi oleh bakteri probiotik yang baik untuk kesehatan, kebanyakan yogurt yang kita konsumsi biasanya terbuat dari susu sapi. Yogurt disukai banyak orang karena memiliki cita rasa yang segar dengan sedikit rasa asam.

Sudah tahu belum kalau di Indonesia sendiri juga punya olahan yogurt? Yogurt ini disebut dengan nama Dadih, seperti apa sih? Disimak yuk 5 fakta berikut!  

1. Dadih berasal dari Minangkabau Sumatera Barat

5 Fakta Dadih, Yogurt Khas Indonesia yang Terbuat dari Susu Kerbauinstagram.com/gadahaodahad7149

Beraneka ragam olahan makanan khas Indonesia, salah satunya Dadih. Dadih merupakan produk fermentasi susu yang berasal dari Indonesia, di Minangkabau tepatnya. Dalam bahasa Minangkabau Dadih lebih dikenal dengan nama 'Dadiah'. 

Buat kamu yang ingin melancong ke Sumatera Barat, Dadih bisa dimasukkan ke dalam list makanan yang wajib dicoba! 

2. Yang unik dari Dadih adalah terbuat dari susu kerbau

5 Fakta Dadih, Yogurt Khas Indonesia yang Terbuat dari Susu Kerbauayobandung.com

Yang membedakan Dadih dengan produk yogurt kebanyakan adalah susu yang digunakan. Jika yogurt terbuat dari susu sapi yang di fermentasi, kali ini Dadih terbuat dari susu kerbau yang sudah disaring agar susu menjadi bersih  lalu dimasukan kedalam wadah dan ditutup rapat. 

3. Menggunakan wadah dari potongan bambu

5 Fakta Dadih, Yogurt Khas Indonesia yang Terbuat dari Susu Kerbauinstagram.com/chandrapitok

Dadih memiliki keunikan tersendiri dibanding yogurt lainnya, jika kebanyakan yogurt dikemas dengan botol, Dadih dikemas dalam bambu. Setelah susu kerbau selesai disaring, susu tersebut langsung dimasukkan kedalam bambu dan untuk bagian atas biasanya ditutup dengan daun pisang ataupun plastik dan diikat dengan karet. Setelah itu Dadih dibiarkan dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari, kurang lebih selama 2 hari. 

Baca Juga: 7 Resep Kreasi Minuman Berbahan Yoghurt, Bikin Mood Langsung Naik

4. Mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh

5 Fakta Dadih, Yogurt Khas Indonesia yang Terbuat dari Susu Kerbauinstagram.com/gadahaodahad7149

Didalam dadih terkandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan, salah satunya terdapat protein yang cukup banyak. Tak hanya itu, Dadih juga mengandung bakteri baik Lactobacillus casei yang bisa berperan untuk memperbaiki gangguan pencernaan. Dalam beberapa penelitian juga disebutkan bahwa Dadih juga bisa untuk menurunkan kadar kolesterol. 

5. Ampiang Dadiah merupakan salah satu olahan yang populer

5 Fakta Dadih, Yogurt Khas Indonesia yang Terbuat dari Susu Kerbauinstagram.com/kalbusehat

Ampiang Dadiah merupakan makanan yang khas dari Minangkabau, ampiang atau emping sendiri terbuat dari beras ketan yang sudah ditumbuk sehingga bentuknya menjadi pipih. Dadih disajikan bersama gula merah cair, santan, tak lupa juga ditambah serutan es agar lebih nikmat. Duh! bikin lidah jadi bergoyang, nih! 

Itulah 5 fakta tentang Dadih khas Minangkabau, kalau kamu melancong kesini jangan lupa mampir, ya untuk mencicipi olahan nan lezat dan penuh gizi yang satu ini.

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Membuat Black Frozen Yoghurt Kekinian, Sehat dan Segar Banget!

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

Hope you enjoy the article and find some helpful things alongside the reading <3

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya