Comscore Tracker

8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Barat

Ada yang usianya lebih tua daripada hamburger

Sandwich adalah hidangan yang identik dengan negara-negara barat. Memang, sandwich sangat populer dikonsumsi di sana. Tapi bukan berarti negara-negara timur tidak memiliki sandwich versi mereka sendiri.

Mulai dari Jepang hingga Singapura, inilah delapan jenis sandwich khas negara-negara Asia!

1. Katsu Sando

8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Barattarasmulticulturaltable.com

Makna dari katsu sando sendiri sangatlah sederhana, yaitu sandwich dengan isian katsu. Cara membuat sandwich khas Jepang ini sangat mudah dan praktis. Bahan utamanya adalah roti, katsu, butter dan saus katsu. Bagi yang suka sayur, potongan kubis bisa ditambahkan ke dalamnya.

2. Yakisoba-pan

8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Baratchopstickchronicles.com

Masih dari negeri sakura, nih. Yakisoba pan merupakan perpaduan unik antara roti hotdog dengan isian yakisoba atau mie goreng khas Jepang. Mayones, rumput laut, dan acar jahe ditambahkan sebagai topping untuk menambah cita rasa. Hidangan ini cocok banget buat kamu yang mengaku sebagai pecinta karbohidrat!

3. Vada pav

8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Baratgreatbritishchefs.com

Vada pav bisa dibilang adalah burger khas India. Jajanan ini biasanya dijual di pinggir jalan dan sangat populer di Mumbai. Berbeda dengan burger kebanyakan, patty yang digunakan di vada pav terbuat dari kentang tumbuk yang digoreng. Yang membuat vada pav spesial adalah saus chutney-nya yang segar dan kaya rasa.

4. Bánh mì

8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Baratthefeedfeed.com

Mungkin ini adalah sandwich asal Asia yang paling terkenal di daftar ini. Ketenaran Bánh mì sudah mengglobal. Kamu bisa menjumpai makanan ini di banyak negara. Bánh mì adalah sandwich asal Vietnam yang menggunakan baguette sebagai bahan utamanya. Isi dari sandwich ini adalah daging, mentimun, acar wortel dan lobak, serta daun ketumbar.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Sandwich Sendiri di Rumah Agar Rapi dan Tak Berantakan

5. Roti John

8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Baratlifeofspice.co.uk

Ini nih sandwich asal Asia yang paling digemari masyarakat Indonesia. Ngaku saja, kamu pasti pernah mencicipinya, kan? Selain di Indonesia, roti john juga banyak dijumpai di negara asalnya, yaitu Singapura. Rasanya yang gurih, harganya yang murah, dan isiannya yang mengenyangkan membuat roti ini sangat populer.

6. Khao jee pâté

8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Barathotels.com

Sekilas khao jee pâté terlihat mirip dengan bahn mi. Namun keduanya adalah hidangan berbeda dan berasal dari negara yang berbeda pula. Khao jee pâté merupakan sandwich khas Laos. Sandwich ini diisi dengan daging, pepaya, wortel, bawang merah, daun ketumbar, dan saus cabai khas Laos bernama jeow bong.

7. Rou jia mo

8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Baratxiachufang.com

Konon, rou jia mo adalah sandwich tertua di dunia. Jauh sebelum hamburger atau sandwich disantap di negara-negara Barat, masyarakat Tiongkok telah menikmati hidangan ini. Roti yang digunakan untuk rou jia mo adalah bai ji mo, roti khas Tiongkok. Roti tersebut dibelah dan diisi dengan daging yang dibumbui dengan 20 jenis rempah-rempah.

8. Gua bao

8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Baratgastrosenses.com

Beralih ke Taiwan, negara ini memiliki sandwich khas yang unik. Roti yang digunakan adalah bao, roti kukus berwarna putih yang berbentuk bundar. Gua bao berisi daging, acar suan cai, daun ketumbar, dan taburan kacang.

Itu tadi sandwich-sandwich asal Asia. Meskipun nasi adalah makanan pokok, namun masyarakat Asia ternyata juga menikmati hidangan yang berbahan roti. Kamu bisa menjadikan sandwich-sandwich ini sebagai inspirasi saat membuat olahan roti, supaya nggak bosan!

Baca Juga: 8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya