Comscore Tracker

Butuh Kesegaran? Mari Ngopi di 6 Kafe Kebun Malang Raya Ini

Sebuah oase di tengah kesibukan perkotaan #LokalIDN

Beruntung hidup di kota Malang dengan ruang terbuka hijau berupa kebun-kebun di rumah yang masih memancarkan aura alami yang sejuk dan segar.

Beberapa rumah-rumah dengan kebun-kebun tersebut juga dimanfaatkan sebagai kedai kopi yang siap menjadi oase bagi warga Malang yang lelah dengan kesibukan perkotaan.

Inilah 6 kafe dengan areal kebun yang asri di Malang. Sensasi ngopi di kebun tidak pernah seenak ini.

1. Gartenhaus.Co

https://www.youtube.com/embed/ayeAJT_ZxFo

Gartenhaus.co adalah salah satu kafe dengan kebun yang letaknya tersembunyi di antara gang-gang Jl. Vinolia maupun Jl. Simpang Candi Panggung, tepatnya di Jl. Kenanga Indah No.1, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Tempatnya tidak terlihat jelas dari jalan Kenanga Indah, namun ketika kita memasuki areal Gartenhaus, ternyata mempunyai ruang yang luas yang mampu menampung banyak tempat.

Disana terdapat sebuah kamar kost/homestay, areal cafe, areal kandang luwak/musang dan areak kolam yang ada seekor bebek mandarin.

Untuk harga kopi dan snack, cukup terjangkau yaitu antara Rp13.000,00 sampai Rp20.000,00 saja. 

2. Carik Cenik

https://www.youtube.com/embed/mg8Czp8eigo

Area kafe ini terdiri dari dua lantai. Kebun yang berisi beragam jenis tanaman berada di lantai satu, sedangkan area kafe berada di lantai dua.

Untuk Lantai satu, kita bisa memesan menu seperti wedang cc, pempek, Es TeJo (Teh Ijo), teh rosella, teh legundi, jemblem, ayam betutu, sop ikan gurami, dan ayam geprek yang semuanya berkisar antara Rp10.000,00 sampai Rp20.000,00 saja.

Sedangkan di lantai dua, menunya didominasi oleh kopi, susu dan cokelat yang juga tidak lebih dari Rp20.000,00.

Karena Carik Cenik juga bagian dari tempat budidaya tanaman. Pengunjung juga bisa membeli tanaman dalam pot yang rata-rata seharga Rp30.000,00.

3. Galso Cafe

https://www.youtube.com/embed/bTmyq1H0KrQ

Ingin nongkrong di kafe dengan sensasi piknik di kebun? Jawabnya ada di Galso Cafe, Jl. Raya Arjuno, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Malang Raya. 

Buka dari pukul 11 siang sampai 9 malam, Galso Cafe dibuka dari hari Selasa-Minggu dengan snack, makanan, hingga minumannya dengan harga terjangkau, mulai dari harga Rp10.000,00 sampai Rp20.000,00 saja.

Bekerja sama dengan Wisata Petik Apel Tegal Ndeso, hanya dengan tiket Rp25.000,00 kita bisa memetik sendiri apel langsung dari pohonya, makan apel sepuasnya, serta mendapat welcome drink. 

4. Kebun Domba

Butuh Kesegaran? Mari Ngopi di 6 Kafe Kebun Malang Raya Iniinstagram.com/kebun.domba

Di balik lebatnya semak-semak di Tunggulwulung, tersimpan spot-spot ngopi yang asri, seperti satu cafe bernama Kebun Domba yang terletak di Jl. Simpang Akordeon No.131, Tunggulwulung.

Kebun Domba tergolong baru karena buka sejak 2020 dan hanya buka dari hari Selasa sampai Minggu.

Buka mulai pukul 8 pagi sampai 10 malam, kopi yang ditawarkan pun tidak sampai Rp20.000,00. Di sini kita bisa menikmati secangkir kopi tubruk reguler seharga Rp11.000,00 sampai Ice Americano seharga Rp16.000,00 saja.

Tersedia pula makanan seperti rice bowl, mie, french fries, nasi tewur, dan kebun bucket mulai dari harga Rp11.000,00 sampai Rp24.000,00 saja. 

5. Hamur Dieng

https://www.youtube.com/embed/GxBPba0Rfvc

Hamur Dieng merupakan salah satu cafe dengan konsep garden yang paling awal di Malang.

Buka sejak tahun 2017, cafe yang terletak di Jl. Dieng Atas No.9, Sumberjo, Kalisongo, Kec. Dau, Malang, seakan seperti kabin kayu yang lengkap dengan padang rumput luas, pohon beringin dan pohon pinus di kiri-kanan.

Tak lupa dilengkapi ayunan bagi yang ingin menikmati suasana lebih rileks. Buka dari pukul 12 siang sampai 9 malam, Hamur Dieng menawarkan menu kopi dan latte based seperti affogato, red velvet, coffee milk, chocolate, green tea latte, dan mango milk mulai dari harga Rp17.000,00 sampai Rp23.000,00 saja.

Tersedia pula snack seperti lumpia, pisang goreng, kentang goreng, cinnamon sparkling doughnuts, dan tahu goreng yang juga sekitar Rp17.000,00-an. 

6. Roemah Kantja

https://www.youtube.com/embed/WDdGbpNOgoA

Roemah Kantja merupakan salah satu kafe hidden yang bisa diakses hanya melalui gang-gang menuju Jl. Raya Candi II No.316, Karangbesuki, Kec. Sukun, Kota Malang.

Buka mulai 9 pagi sampai pukul 8 malam, suasana kebun di Roemah Kantja lebih seperti kebun belakang rumah yang diisi tanaman seperti pohon kerai payung, tanaman sulur, kaktus, bahkan pohon kelapa.

Dengan letak yang di tengah-tengah perumahan warga, Roemah Kantja memberikan suasana main ke rumah teman selain suasana kebun.

Harga yang ditawarkan Roemah Kantja juga relatif murah seperti es kopi susu kacang, susu buah liar, susu kelinci sampai kopi mocca, dan kopi longblack yang semuanya Rp24.000,00 saja.

Tersedia pula makanan seperti nasi ayam Rp35.000,00 sampai patty platter seharga Rp40.000,00 saja. 

Itulah 6 kafe dengan areal kebun yang asri di Malang yang membuat kota ini seakan tidak kehabisan tempat untuk escape dari kesibukan kota.

Akhmad Alfan Rahadi Photo Verified Writer Akhmad Alfan Rahadi

Patience and preserverence Follow me at IG:@alfanrahadi, Twitter:@alfanrahadi and FB :@alfanrahadi. Kindly read also radioastronot.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya