Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kedai Ketan di Malang Raya, Jajanan Lawas Rasa Modern

Sajian jajanan tradisional yang terus berinovasi #LokalIDN

Jika mendengar kata 'ketan' dan Jawa Timur, pasti akan tertuju ke kedai ketan di Batu, karena sensasi escape yang dirasakan ketika malam-malam makan ketan di sekitar Alun-alun Batu sangat menyenangkan. Namun untuk wilayah Malang Raya, ternyata masih banyak kedai ketan yang legend maupun inovatif untuk dicoba.

Ketan yang merupakan jajanan lawas, saat ini berinovasi menjadi makin lezat dengan cita rasa modern dan topping yang beragam. Berikut rekomendasi lima kedai ketan lezat di Malang Raya.

1. Pos Ketan Legenda 1967

https://www.youtube.com/embed/2Gtxig5Eaes

Salah satu legenda kuliner Malang Raya yang hadir sejak 1967, Pos Ketan Legenda telah menghadirkan banyak cabang di Batu dan Malang yang bahkan sampai merambah ke Surabaya.

Pos Ketan Legenda juga merupakan pelopor ketan dengan berbagai variasi topping seperti susu, durian, maupun meses. Harga ketan disini juga cukup terjangkau mulai dari Rp8 ribu sampai Rp17 ribu.

2. Ketan Lorong

https://www.youtube.com/embed/JUjNhOeVJlM

Lain halnya dengan Pos Ketan Legenda yang merupakan tujuan para pelancong luar kota, Kedai Ketan Lorong merupakan destinasi utama para muda-mudi Batu untuk nongkrong. 

Bertempat di Jl. Munif 5, Ketan Lorong terletak di lorong pertokoan sekitar Alun-alun Batu. Kedai ini merupakan kedai warisan turun temurun dan sekarang dikelola oleh generasi ketiga.

Kedai ketan yang buka 24 jam selama 7 hari ini menyajikan menu utama yaitu ketan bubuk, mulai dari harga Rp5 ribu dan hadir pula ketan dengan varian topping seperti keju, susu, coklat, maupun kicir. 

Baca Juga: 6 Tempat Makan di Malang Ini Bak Restoran dan Kafe Luar Negeri

3. STMJ Bengawan Solo

https://www.youtube.com/embed/161eRM-K8zo

Sudah sepatutnya STMJ mempunyai padanan berupa ketan bubuk. Bertempat di Jl. R. Tumenggung Suryo No.35, Bunulrejo, STMJ Bengawan Solo buka mulai pukul 18:30 sampai pukul 01:00 dini hari.

Walaupun menyajikan menu utama STMJ, namun snack-nya juga tak kalah enak, terutama ketan bubuknya. Ketan bubuk disini dibanderol dengan harga Rp9 ribu saja, dan untuk ketan bubuk dengan topping bermacam-macam dibanderol seharga Rp14 ribu.

4. Ketan Bubuk Kudusan

5 Rekomendasi Kedai Ketan di Malang Raya, Jajanan Lawas Rasa Moderninstagram.com/ketan_bubuk_kudusan/

Kedai ketan yang telah hadir sejak tahun 1970-an, Ketan Bubuk Kudusan merupakan kedai kaki lima yang punya dua cabang, yaitu Jl. Zainul Arifin No.111 dan Jalan Pahlawan Trip, Oro-oro Dowo, tepatnya seberang Gereja Ijen.

Sepiring ketan bubuk original dibanderol dengan harga Rp8 ribu, sedangkan untuk ketan bubuk variasi dengan topping abon, keju, meses, dan kicir dibanderol mulai Rp14 ribu sampai Rp18 ribu.

Ketan Bubuk Kudusan buka mulai pukul 05:00 sampai 10:00, sehingga cocok untuk teman jogging maupun snack.

5. Ketan Susu Pak Yan

https://www.youtube.com/embed/wpTIysaTHKE

Di antara jalan panjang yang menghubungkan Malang dengan Batu, terdapat pula kedai Susu Ketan Pak Yan yang terletak di Jl. Tlogomas Malang.

Cabang pertama ini buka mulai pukul 08:00 sampai 22:00, namun untuk dua cabangnya di Batu, buka selama 24 jam.

Untuk varian ketan susu originalnya dibanderol seharga Rp4 ribu saja, dan ternyata bisa ditambahkan berbagai topping mulai dari meses, kitkat, sampai durian mulai Rp2 ribu sampai Rp8 ribu.

 

Itulah tadi lima rekomendasi kedai ketan lezat di Kota Malang. Meski termasuk jajanan yang sederhana, dengan kreatifitas muda-mudi zaman sekarang, sebuah ketan dan bubuk kedelai bisa dikreasikan dengan berbagai macam topping dan rasanya tetap lezat. Mana varian ketan favorit kalian? Tulis di kolom komentar ya.

Baca Juga: Rasanya Khas, 5 Tempat Makan Berkonsep Tradisional di Malang dan Batu

Akhmad Alfan Rahadi Photo Verified Writer Akhmad Alfan Rahadi

Patience and preserverence Follow me at IG:@alfanrahadi, Twitter:@alfanrahadi and FB :@alfanrahadi. Kindly read also radioastronot.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya