Comscore Tracker

5 Tempat Makan Legendaris di Solo yang Jadi Langganan Pejabat

Kamu sudah pernah coba?

Selain terkenal dengan budayanya, Kota Solo juga dikenal memiliki banyak lokasi wisata kuliner. Bahkan diantara mereka ada yang menjadi langganan para tokoh di negeri ini! Berikut daftar tempat makan legendaris yang jadi langganan para pejabat Indonesia. 

1. Soto Gading Solo

5 Tempat Makan Legendaris di Solo yang Jadi Langganan Pejabatjitunews.com

Soto Gading Solo berada di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Pasar Kliwon, Surakarta. Tepatnya di sebelah selatan Keraton Kasunanan Surakarta. Warung soto ini begitu sederhana. Namun yang membuat warung soto ini istimewa adalah cita rasa menu soto yang melegenda. Soto dengan kuah sedikit kental dan gurih cocok untuk disantap bersama lauk pauknya.

Soto Gading Solo didirikan sejak tahun 1974 oleh pemiliknya, Siswo Martono. Warung soto ini sudah menjadi langganan para tokoh di negeri ini. Bukan hanya Presiden Jokowi saja, Pak SBY, Bu Megawati Soekarnoputri, bahkan Alm. Gus Dur juga menjadi pelanggan di warung ini ketika berkunjung ke Solo.

Walaupun menjadi langganan para pejabat negara, bagi anda yang berminat mencoba kuliner Soto Gading ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Satu porsi soto bersama teh panas dibanderol dengan harga Rp 7.000 dan Rp 2.500. Untuk harga lauk pauknya berkisar antara Rp 1.000 sampai Rp 5.000. Soto Gading buka setiap hari dari pukul 5.30 sampai 15.30 WIB.

2. Timlo Sastro

5 Tempat Makan Legendaris di Solo yang Jadi Langganan PejabatSatya Winnie

Timlo Sastro terletak di Jalan Kapten Mulyadi No. 8, Jebres, Surakarta. Tepatnya di komplek Pasar Gede bagian Timur. Warung yang didirikan sejak tahun 1952 ini memang melegenda. Warung ini menyajikan menu khas Solo, yaitu timlo. Timlo adalah sejenis sup dengan toping sosis, telur, dan daging. Hidangan ini biasanya disantap bersama nasi.

Timlo Sastro buka setiap hari dari pukul 6.30 sampai 15.30 WIB. Harga satu porsi timlo komplit bersama es teh dibanderol Rp 20.000 dan Rp 3.500.

3. Sate Buntel Bu Bejo

5 Tempat Makan Legendaris di Solo yang Jadi Langganan Pejabatalbertna.com

Sate Buntel Bu Bejo terletak di Lodji Wetan, Surakarta. Di warung ini kita dapat memesan sate buntel dan gulai kambing legendaris khas Bu Bejo. Warung Sate Buntel Bu Bejo ini sudah menjadi langganan keluarga Presiden Jokowi sejak beliau masih menjabat sebagai walikota Solo. Maklum, warung Sate Bu Bejo ini sudah berdiri sejak kurang lebih 40 tahun yang lalu, tentu saja warung ini sangat melegenda. 

Satu porsi sate buntel dibanderol dengan harga Rp 40.000. Lemak yang bercampur dengan sate buntel membuat hidangan ini terasa gurih dan sedap untuk disantap. Sedangkan untuk gulai kambing satu porsinya dibanderol Rp 25.000. Selain menyantap sate buntel dan gulai kambing yang lezat, di warung ini kita juga dihibur oleh pesinden yang menyanyikan lagu daerah diiringi musik keroncong. Sate Buntel Bu Bejo buka setiap hari dari pukul 7.30 sampai 17.00 WIB.

4. Tengkleng Bu Edi

5 Tempat Makan Legendaris di Solo yang Jadi Langganan Pejabattribunnews.com

Warung Tengkleng Bu Edi ini terletak di komplek Pasar Klewer Solo tepatnya di gapura Pasar Klewer dengan tenda warna biru. Tengkleng merupakan hidangan menyerupai gulai dengan kuah sedikit encer dan berisi tulang kambing. Warung tengkleng khas Bu Edi ini didirikan kurang lebih 40 tahun yang lalu. Kini warung Tengkleng Bu Edi dikelola oleh generasi keempat dari keluarga tersebut.

Warung Tengkleng Bu Edi setiap hari mulai pukul 12.30 hingga persediaan habis. Biasanya walaupun saat warung ini belum buka, namun jumlah pengunjung yang mengantri sudah banyak. Keunikan warung tengkleng ini adalah cara penyajiannya dengan menggunakan daun pisang. Selain itu cita rasa khas tengkleng Bu Edi yang tidak berubah selama lebih dari 40 tahun menjadi daya tarik wisatawan. Satu porsi tengkleng khas Bu Edi ini dibanderol mulai dari Rp 25.000.

5. Gladag Langen Bogan (Galabo)

5 Tempat Makan Legendaris di Solo yang Jadi Langganan Pejabatlelly.id

Gladag Langen Bogan (Galabo) merupakan sebuah sentra kuliner yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo tepatnya di depan Pusat Grosir Solo. Kawasan kuliner Galabo ini buka setiap hari dari pukul 17.00 hingga 24.00 WIB. 

Di kawasan kuliner Galabo ini terdapat beraneka macam hidangan kuliner khas Kota Solo dengan harga sangat terjangkau. Selain dapat menyantap hidangan khas Kota Solo, kita juga dapat menikmati fasilitas internet gratis dengan hotspot yang di sediakan oleh Pemerintah Kota Surakarta.

Jadi tunggu apalagi? Ayo wisata kuliner ke Kota Solo!

Akhmad Setyawan Pratama Photo Writer Akhmad Setyawan Pratama

Mulat Sarira Hangrasa Wani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya