Comscore Tracker

5 Makanan Khas Sunda Ini Sederhana Tapi Mampu Menggoyang Lidah

Cobain deh kalau gak percaya!

Bukan hanya terkenal dengan budayanya saja, Indonesia memang terkenal juga dengan kuliner-kuliner khas daerahnya yang super lezat. Termasuk kuliner khas Sunda yang sederhana namun dijamin mampu menggoyang lidah para penikmatnya. Yuk kita intip langsung, apa aja sih kuliner khas Sunda yang rasanya enak!

1. Karedok pedas ala Sunda

5 Makanan Khas Sunda Ini Sederhana Tapi Mampu Menggoyang LidahInstagram.com/carikulinersolo

Karedok adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari aneka sayuran mentah seperti terong, kol, kacang panjang, toge, dan juga mentimun yang disiram dengan bumbu kacang pedas. Makanan yang satu ini lezat karena terasa pedas namun tetap segar.

2. Surabi lebih enak dimakan ketika masih hangat

5 Makanan Khas Sunda Ini Sederhana Tapi Mampu Menggoyang LidahInstagram.com/fuji_ava

Surabi adalah makanan yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dibakar menggunakan tungku terbuat dari tanah liat. Makanan khas Sunda ini dulunya hanya ditaburi kelapa parut sebagai topingnya, namun kini topingnya sudah beragam seperti ditaburi keju dan coklat atau bisa juga dicocolkan ke susu kental, madu atau sirup. Suabi lebih enak dimakan pada saat masih hangat atau baru diangkat dari tungku.

Baca Juga: 5 Kuliner Nusantara di Ubud Food Festival Mulai Rp30 Ribuan

3. Uli atau ulen ketan

5 Makanan Khas Sunda Ini Sederhana Tapi Mampu Menggoyang LidahInstagram.com/citra_cooking

Uli ketan adalah makanan sederhana yang terbuat dari beras ketan yang dikukus bersama parutan kelapa dan diberi garam secukupnya. Setelah matang, nasi ketan ditumbuk hingga halus dan menggumpal. Kemudian dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Uli ketan yang sudah jadi bisa digoreng ataupun dibakar. Rasanya gurih dan enak, cocok dimakan sebagai teman teh atau kopi.

4. Nasi liwet khas kumpul-kumpul

5 Makanan Khas Sunda Ini Sederhana Tapi Mampu Menggoyang LidahInstagran.com/frudajoincoffee

Nasi liwet dimasak seperti memasak nasi biasa pada umumnya, bedanya nasi liwet ditambahkan bumbu yang ditumis pada saat memasaknya di rice cooker. Nasi liwet biasanya disajikan dengan sambal, ikan asin, dan goreng tempe. Nasi liwet khas disajikan ketika sedang kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga.

5. Tutut sawah juga tak kalah enak

5 Makanan Khas Sunda Ini Sederhana Tapi Mampu Menggoyang LidahInstagram.com/iinalief

Tutut atau keong sawah biasanya dimasak dengan rempah-rempah khas Sunda dan diberi sedikit kuah. Jangan remehkan makanan yang yang satu ini, meski hanya keong sawah namun rasanya tak kalah enak lho. Tutut juga kaya akan protein. Jadi boleh dicoba!

Nah, tertarik untuk mencicipi salah satunya? Meski terlihat sederhana, kuliner sunda tak kalah lezat dari kuliner lainnya.

Baca Juga: 6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan Turis

Akromah Zonicc Photo Community Writer Akromah Zonicc

Ketika mulut tak sanggup berlisan lagi, segalanya akan tertuang dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You