Comscore Tracker

5 Kuliner Asinan di Jakarta, Ada yang Lawas sejak Tahun 70an

Harganya terjangkau, kenikmatannya pun gak mengecewakan

Asinan merupakan kuliner khas Betawi berisikan selada, taoge, kubis, sawi, dan bumbu kacang yang sebelumnya telah diberi campuran cuka dan cabai. Selain nikmat dan segar, sajian ini juga bergizi. 

Rasanya pedas asin menyegarkan, biasanya asinan disajikan bersama kacang goreng dan kerupuk mie. Buat kamu yang penasaran ingin mencicipinya juga, inilah sederet tempat berburu asinan yang bisa kamu tuju saat berada di Jakarta.

1. Asinan Kamboja

5 Kuliner Asinan di Jakarta, Ada yang Lawas sejak Tahun 70anAsinan Kamboja (instagram.com/eatandclicks)

Sudah beroperasi sejak tahun 1970an, Asinan Kamboja menjadi salah satu tempat berburu asinan legendaris yang kini dijalankan oleh sang anak dari Alm. H. Mansyur. Pada awalnya, sang pemilik menjajakan asinan betawi dengan cara dipikul dan berkeliling.

Namun, seiring berjalannya waktu, sang pemilik pun membuka lapaknya yang terletak di Jalan Taman Kamboja III, No. 10, Rawamangun. Dikenal menawarkan cita rasa asinan betawi yang gak pernah berubah dari dulu, gak heran, deh, kalau kedai ini selalu ramai pembeli. Jadi, kalau mampir ke sini harus siap-siap ngantri, ya!

Alamat: Jl. Taman Kamboja No.10, RT.8/RW.11, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

Jam operasional: Setiap Hari, 10:00-21:00 WIB

Harga: Mulai Rp17 ribu

2. Asinan Spesial Nyonya Isye

5 Kuliner Asinan di Jakarta, Ada yang Lawas sejak Tahun 70anAsinan Spesial Nyonya Isye (instagram.com/jlina_gotoeat)

Berlokasi tidak jauh dari Asinan Kamboja, kedai Asinan Spesial Nyonya Isye terletak di Jalan Kamboja III No.12 dengan berciri khas bangunan berwarna hijau. Saat berkunjung ke kedai ini, pengunjung akan disuguhkan aneka menu andalan seperti asinan sayur, asinan buah, mie salad, mie juhi, dan lain sebagainya.

Menawarkan cita rasa dikenal nikmat, membuat kedai ini selalu ramai dikunjungi dengan tempat antrean terpisah antara pengunjung umum dan ojek online. Gimana, tertarik buat menjajal asinan dari kedai satu ini? 

Alamat: Jalan Kamboja 3 No.12, RT.5/RW.11, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

Jam operasional: Setiap Hari, 08:00-19:00 WIB

Harga: Mulai Rp19 ribu

3. Asinan Betawi Ibu Yenni

5 Kuliner Asinan di Jakarta, Ada yang Lawas sejak Tahun 70anAsinan Betawi Ibu Yenni (instagram.com/misscarolinebong)

Asinan Betawi Ibu Yenni memiliki beberapa cabang di Jakarta, salah satunya berada di Jalan Lamandau IV No. 18, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Satu porsi asinan betawi di sini berisikan selada, irisan mentimun, taoge, kerupuk mie, kerupuk pink, kacang tanah, tahu, dan kuah. Punya ciri khas kuah asam, terasa menyegarkan dengan isian melimpah. Asinan betawi milik Ibu Yenni worth it banget buat dicobain!

Alamat: Jl. Lamandau IV No.18, RT.10/RW.7, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130

Jam operasional: Setiap Hari, 09:00-20:00 WIB

Harga: Mulai Rp18 ribu

Baca Juga: 5 Tempat Berburu Kuliner Nasi Khas Sunda di Jakarta, Hayu Dahar! 

4. Asinan Ibu Melly

5 Kuliner Asinan di Jakarta, Ada yang Lawas sejak Tahun 70anAsinan Ibu Melly (instagram.com/asinanibumelly)

Memiliki beberapa cabang di Kalibata City Square (Teras Quliner), Pasar Mayestik Citiwalk, dan Ruko Taman Galaxy Bekasi. Unik, Asinan Ibu Melly tidak hanya menawarkan asinan saja tapi ada juga siomay.

Nah, untuk bisa mencicipinya, kamu bisa datang langsung ke tempat maupun order lewat ojek online dengan cukup menggelontorkan kocek sebesar Rp20 ribuan. Murah, kan?

Alamat: Kalibata City Square LG/CL-03, Jalan Kalibata Raya Blok 1, RT.9/RW.4, Rawajati, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750

Jam operasional: Setiap Hari, 09:30-21:30 WIB

Harga: Mulai Rp20 ribu

5. Asinan Betawi Asymuni

5 Kuliner Asinan di Jakarta, Ada yang Lawas sejak Tahun 70anAsinan Betawi Asymuni (instagram.com/ayupuspita0410)

Bertempat di sebuah gang kecil di daerah Pisangan Baru, Jakarta Timur, ada tempat berburu asinan betawi yang cukup populer dan legendaris, nih. Didirikan sejak tahun 1978, dalam satu hari kedai ini mampu menghabiskan sebanyak 2.000 porsi, lho.

Rasanya terkenal nikmat dengan harga terjangkau, yakni Rp13 ribuan saja. Hal inilah yang membuat Asinan Betawi Asymuni selalu ramai diburu pelanggan.

Alamat: Jalan Pisangan Baru Tengah No.31, RW.5, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13110

Jam operasional: Setiap Hari, 05:30-17:00 WIB

Harga: Mulai Rp13 ribu

Kelima rekomendasi tempat berburu asinan di Jakarta ini terkenal menyuguhkan cita rasa lezat dan satu porsi melimpah, harganya pun terjangkau. Jadi, buat kamu yang bingung lagi mencari asinan terenak dan murah, langsung saja, yuk, kunjungi deretan kedai penjual asinan di atas.

Baca Juga: 5 Tempat Berburu Kuliner Khas Betawi di Jakarta, Merapat! 

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya