Comscore Tracker

Aslinya Berwarna Putih, 5 Fakta Menarik Kimchi yang Wajib Kamu Tahu

Pecinta makanan Korea sudah pada tahu belum?

Para pecinta hal-hal berbau Korea pasti udah gak asing lagi sama yang namanya kimchi. Merupakan makanan tradisional Korea yang terdiri dari sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas, kimchi jadi salah satu hidangan wajib yang selalu dikonsumsi oleh orang-orang Korea.

Tapi walaupun mungkin kebanyakan orang sudah gak asing lagi sama kimchi, ternyata ada beberapa fakta tentang kimchi yang menarik tapi juga jarang diketahui oleh orang-orang, lho!

Nah, buat kamu yang penasaran, yuk simak apa aja fakta-fakta menarik dari kimchi di bawah ini!

1. Sangat bervariasi, ada lebih dari 100 jenis kimchi di Korea Selatan

Aslinya Berwarna Putih, 5 Fakta Menarik Kimchi yang Wajib Kamu Tahutidbitsmag.com

Waktu mendengar kata kimchi, kira-kira sayuran apa sih yang langsung terbesit di otakmu? Pasti jawabannya gak bakal jauh-jauh dari sawi putih dan lobak putih, kan?

Walaupun kimchi memang identik sama sawi putih dan lobak putih, tahu gak sih ternyata kimchi juga bisa dibuat dari sayuran lain atau bahkan buah-buahan juga, lho!

Karenanya jangan heran kalau di Korea Selatan sendiri diketahui ada kurang lebih 187 jenis atau variasi dari kimchi. Yang membedakan 187 jenis atau variasi kimchi ini sendiri juga beragam, mulai dari bahan utama yang digunakan, bumbu yang dipakai hingga bahkan cara penyajiannya.

Dan meskipun sangat beragam, ada beberapa jenis kimchi yang paling umum dan terkenal yaitu baechu kimchi atau kimchi sawi putih, kkakdugi atau kimchi lobak, dongchimi atau kimchi berkuah serta geotjeori atau kimchi segar. 

Kamu sendiri lebih suka kimchi yang mana nih?

2. Beberapa jenis kimchi juga biasa dihidangkan berdasarkan musim di Korea Selatan

Aslinya Berwarna Putih, 5 Fakta Menarik Kimchi yang Wajib Kamu Tahuseriouseats.com

Merupakan negara dengan empat musim, ternyata ada beberapa jenis kimchi yang lebih sering dikonsumsi pada musim-musim tertentu juga, lho!

Misalnya pada musim semi biasanya pa kimchi atau kimchi daun bawang lebih sering dikonsumsi oleh orang-orang Korea, selanjutnya pada musim panas biasanya yang lebih banyak dikonsumsi adalah yeolmu kimchi atau kimchi bayi lobak muda.

Sementara pada musim gugur biasanya baechu kimchi atau kimchi sawi putih lebih sering dikonsumsi, lalu pada musim dingin biasanya orang-orang Korea lebih suka mengonsumsi kimjang kimchi yaitu kimchi hasil tradisi pembuatan kimchi pada akhir musim gugur.

Kalau bervariasi begini, wajar banget kan kalau orang Korea jadi gak pernah bosan makan kimchi sepanjang tahun?

Baca Juga: 10 Jenis Kimchi yang Populer di Korea Selatan, Gak Cuma Sawi Putih

3. Rata-rata orang Korea Selatan mengonsumsi kimchi hampir 20 kilogram per tahun

Aslinya Berwarna Putih, 5 Fakta Menarik Kimchi yang Wajib Kamu Tahuwhb.or.kr

Buat kamu pecinta drama Korea, pasti sudah tahu banget nih kalau kimchi selalu jadi hidangan andalan bagi orang-orang Korea. Gak peduli mau sarapan, makan siang atau bahkan makan malam, kimchi benar-benar wajib tersedia di atas meja makan bersama dengan makanan-makanan lainnya.

Jadi sama pentingnya seperti nasi, rata-rata orang Korea mengonsumsi 18 kilogram kimchi selama satu tahun, lho! Karenanya di Korea Selatan juga ada yang namanya masa-masa krisis kimchi yang biasa terjadi ketika banyak petani Korea mengalami gagal panen.

Gagal panen ini tentunya berdampak pada kelangkaan bahan-bahan utama pembuatan kimchi yang biasanya memang terdiri dari sayuran. Dan di saat-saat seperti itu, biasanya pemerintah Korea Selatan sampai harus mengimpor sayuran-sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan kimchi dari Cina dengan skala yang sangat besar.

Kebayang kan seberapa pentingnya kimchi bagi orang-orang Korea?

4. Kimchi bisa bertahan kurang lebih 3 tahun setelah dibuat

Aslinya Berwarna Putih, 5 Fakta Menarik Kimchi yang Wajib Kamu Tahulge.co.kr

Membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup lama dan besar, pembuatan kimchi biasanya dilakukan oleh orang-orang Korea secara sekaligus dalam jumlah yang banyak.

Kimchi-kimchi itu lalu disimpan pada sebuah wadah yang biasanya dimasukkan ke dalam kulkas agar bisa tahan lebih lama hingga sampai tiga tahun dengan suhu penyimpanan yang tepat!

Saat ini sendiri sudah banyak banget produk kulkas yang memang dikhususkan sebagai kulkas untuk menyimpan kimchi. Kulkas-kulkas ini sendiri memiliki temperatur berkisar 0-5º celcius yang diyakini menjadi temperatur paling tepat bagi penyimpanan kimchi.

Karenanya, kulkas kimchi pun juga jadi salah satu kebutuhan dapur yang wajib banget dimiliki oleh orang-orang Korea, lho!

5. Bukan merah, kimchi aslinya justru berwarna putih dan gak pedas

Aslinya Berwarna Putih, 5 Fakta Menarik Kimchi yang Wajib Kamu Tahumykoreankitchen.com

Gak bisa dimungkiri, kimchi memang identik sebagai hidangan khas Korea berupa sayuran dengan bumbu berwarna merah yang terasa asam dan pedas. Meski begitu, pada awalnya ternyata kimchi justru berwarna putih dan gak pedas, lho!

Banyak yang bilang, kimchi baru berwarna merah setelah Jepang menginvasi Korea Selatan di abad ke-18. Namun hal ini tidak dapat dibuktikan karena berdasarkan sejarah. Dilansir dari ScienceDirect, kimchi dan variasinya sudah mulai dikenal sejak 1.500 tahun lalu. Hanya saja, tak jelas kapan munculnya variasi kimchi berwarna merah ini.

Namun seiring berjalannya waktu, kimchi dengan pasta cabai warna merah ini mernjadi lebih sering dikonsumsi. Banyak sayuran juga yang dijadikan kimchi dengan pasta cabai warna merah ini.

Nah, itulah lima fakta menarik dari kimchi yang wajib kamu tau. Jadi gimana, nih? Apakah fakta-fakta ini berhasil bikin kamu jadi makin menyukai kimchi?

Baca Juga: 5 Makanan Lezat Hasil Fermentasi Sayur, Gak Cuma Kimchi!

Amira Kartika Photo Verified Writer Amira Kartika

I found writing as one of the best method to help me calming the chaos in my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya