TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tempat Makan Gudeg Paling Lezat di Jogja, Ingin Coba yang Mana Dulu?

Wajib mampir kalau main ke Jogja! #LokalIDN

Gudeg Yu Djum (instagram.com/iknowhowtoeat)

Berbicara mengenai kuliner khas Jogja, pasti gak jauh-jauh dari kata gudeg. Makanan identik dengan cita rasa manis gurih ini memang selalu bikin penikmatnya ketagihan.

Nah, untuk kamu yang kebetulan banget ada kunjungan ke Jogja dan ingin merasakan kelezatan sensasi rasa gudeg. Mungkin kelima tempat makan gudeg ini bisa menjadi pilihan paling tepat buat dikunjungi nih.

Harganya yang ramah di kantong serta porsinya yang melimpah pula, dijamin deh dibuat puas menikmati. Penasaran ada apa saja? Inilah lima tempat makan gudeg yang terkenal memiliki cita rasa unik dan lezat. Wajib mampir saat berada di Jogja!

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum (instagram.com/natashavaan)

Bagi kamu yang sering berkunjung dan makan gudeg di Jogja, pasti sudah gak asing dengan tempat satu ini yang sudah berdiri sejak tahun 1951. Gudeg Yu Djum tentu sudah sangat melegenda di telinga para penikmat gudeg. 

Cita rasa manis dan tekstur kering, itulah menjadi salah satu ciri khas Gudeg Yu Djum. Satu porsi gudeg berisi nangka, telur bebek, dan daging ayam. Kamu pun bakal dibuat ketagihan berkat adanya tambahan areh kental serta sambal krecek.

Alamat: Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131.

Jam operasional: Setiap Hari, 06:00-22:00 WIB.

Harga: Mulai Rp10 ribu per porsi.

Baca Juga: 5 Warung Gudeg di Semarang Ini Gak Kalah dengan Gudeg Jogja, Coba Deh!

2. Gudeg Permata Bu Narti

Gudeg Permata Bu Narti (instagram.com/mahasiswakulineran

Gak perlu khawatir jika kamu menginginkan makan gudeg saat malam hari kala berwisata di Jogja. Karena di sini ada banyak pilihan spot untuk kuliner malam lho. Salah satunya di Gudeg Permata Bu Narti.

Meski beroperasi pada malam hari, namun kamu harus siap mengantre nih demi bisa menikmati seporsi gudeg. Walaupun mengantre, tapi nantinya bakal terbayarkan deh dengan kelezatan gudeg dari perpaduan antara cita rasa manis dan gurih.

Alamat: Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111.

Jam operasional: Senin-Sabtu, 21:00-02:00 WIB.

Harga: Mulai Rp10 ribu per porsi.

3. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon (instagram.com/grabfoodid)

Pilihan tempat makan gudeg paling rekomendasi selanjutnya ada pada Gudeg Pawon. Uniknya tempat makan di sini berada di dapur lho sehingga kamu bisa menikmati dan melihat langsung aktivitas sang pemilik memasak gudeg dengan tungku tradisional. 

Gudeg Pawon menawarkan tekstur gudeg basah berisi sambal krecek, daging ayam, dan telur. Kamu  pun bakal dibikin puas deh berkat cita rasa manis plus gurih yang pekat.

Alamat: Jalan janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164.

Jam operasional: Setiap Hari, 18:00-21:00 WIB.

Harga: Mulai Rp11 ribu per porsi.

4. Gudeg Ceker Seturan SR

Gudeg Ceker Seturan SR (instagram.com/jufie_sucipto)

Sudah biasa jika menikmati seporsi gudeg berisi daging ayam. Namun berbeda dengan tempat makan Gudeg Ceker Seturan SR yang menawarkan satu porsi gudeg berisi ceker ayam.

Tekstur ceker yang lembut dan tekstur nangka berserat mirip daging, cita rasanya pun tidak terlalu manis. Tapi berkat dipadukan areh dan sambal krecek bercita rasa pedas gurih, nikmat banget nih disantap buat kamu yang ingin mencoba sensasi kelezatan gudeg lain dari biasanya.

Alamat: Jl. Affandi No.30, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Jam operasional: Hari Selasa Libur, 10:00-01:00 WIB.

Harga: Mulai Rp8 ribu per porsi.

Baca Juga: Selain Gudeg, 7 Kuliner Yogyakarta Ini Juga Punya Banyak Penggemar! 

Verified Writer

Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya