TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lho

Sehat dan tidak beracun

foodiecitynetwork.com

Kuliner jamur belakangan ini semakin merebak. Enoki populer dengan goreng tepung yang crispy. Berbagai macam keripik jamur juga populer dan menjadi favorit bagi kamu yang doyan nyemil. Berbagai kreasi masakan pun juga bisa diolah dengan menggunakan jamur.

Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jamur. Namun, tidak semua jamur bisa dimakan ya, ada yang beracun juga. Biar gak salah pilih, berikut beberapa jamur yang bisa dikonsumsi.

1. Jamur kancing

medicalnewstoday.com

Jamur kancing merupakan salah satu jamur yang paling populer di dunia nih. Tentunya sangat mudah ditemukan di pasar Indonesia. Dinamakan jamur kancing karena memang bentuknya seperti kancing. Memepunyai warna putih bersih, krem ataupun coklat muda.

2. Jamur merang

jagapati.com

Diberi nama jamur merang karena jamur ini dibudidayakan di sekam padi atau "merang". Jamur ini mempunyai bentuk bulat dan warna cokelat. Jamur merang mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

3. Jamur kuping

faktualnews.co

Jamur kuping mempunyai warna coklat dan tekstur seperti jelly yang unik. Tubuh dari jamur ini berbentuk mangkok atau bahkan menyerupai cuping telinga dengan diameter antara 2-15 cm. Cocok dibikin sup nih,

4. Jamur tiram

popmama.com

Jamur tiram pada umumnya dibudidayakan didaerah tropis. Jamur ini mempunyai warna putih atau krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran yang menyerupai cangkang tiram. Biasa sih dibikin cemilan goreng tepung yang crispy nih.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Olahan Jamur, Cocok untuk Sajian Berbuka Puasamu!

5. Jamur shimeji

tiaragatzu.com

Jamur shimeji merupakan salah satu jamur yang populer di Jepang. Buahnya berdiameter sekitar 1 cm, berwarna krem sedangkan tangkai jamurnya panjang berwarna putih. Sudah pernah mengolah jamur shimeji? Coba dibikin sup atau ditumis.

6. jamur shiitake

hellosehat.com

Jamur shiitake disebut juga dengan jamur hioko. Sangat populer nih di seluruh penjuru Asia maupun dunia. Payung jamurnya berwarna coklat, berbentuk bundar dengan diamter sekitar 5 cm. Disajikan menjadi sup ataupun tumisan pasti lezat.

7. Jamur chanterelle

foodiecitynetwork.com

Jamur chanterelle mempunyai warna yang unik dan khas yaitu kuning atau jingga, dengan payung jamurnya berbentuk menyerupai corong dan bertekstur kenyal. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi.

8. Jamur porcini

gaya.tempo.co

Jamur ini mempunyai payung jamur berwarna krem dengan lebar sekitar 7-30 cm dan batang jamur yang kokoh berwarna putih. Mempunyai tekstur yang tebal dan kenyal, sehingga orang Italia sering mencampurkan jamur ini dalam masakannya.

9. Jamur puffball

food.detik.com

Jamur ini mempunyai bentuk seperti bola. Salah satu spesies jamur ini yaitu Calvatia Gigantea mempunyai diameter sekitar 150 cm dengan berat 20 kg lho. Jamur dengan warna putih ini mempunyai tekstur yang agak kasar dan rasa mirip seperti tahu. Enak ditumis nih.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsi

Verified Writer

Crhisterra Ellen

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya